Home / Seputar Asam Urat / 6 Pantangan Makanan yang Belum Diketahui Penderita Asam Urat!

6 Pantangan Makanan yang Belum Diketahui Penderita Asam Urat!

Apa Itu Asam Urat?

Hiperurisemia atau kelebihan asam urat adalah gangguan dari metabolisme zat purin yang memicu meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Asam urat merupakan produk akhir purin eksogen yang terbentuk dari bahan makanan maupun purin endogen yang terbentuk dari pecahnya protein atau nukleotida dalam tubuh. Kelebihan asam urat dapat dijadikan sebagai indikasi gangguan metabolisme tubuh. Bagi penderita asam urat, tidak usah kaget apabila dokter mendiagnosa anda menderita penyakit asam urat, karena kelebihan asam urat ini bisa saja asimptomatik atau tanpa gejala.

Apabila dilihat bentuk asam urat secara mikroskopis maka akan terlihat berupa kristal yang memiliki ujung runcing dan tajam seperti jarum. Penumpukan asam urat pada persendian inilah yang kemudian menjadi penyebab terjadinya inflamasi atau peradangan dan kemudian menjadi serangan gout atau nyeri yang hebat. Penumpukan asam urat ini berbahaya bagi tubuh dan tidak dapat dianggap remeh, apabila penanganannya tidak sesuai atau terlambat maka dapat membuat kerusakan pada sendi dan jaringan lunak serta dapat menyebabkan batu ginjal atau dalam istilah medisnya adalah nephrolithiasis urat.

Asam urat juga memiliki nilai normal dalam tubuh yang dibedakan berdasarkan usia dan jenis kelamin. Sebelum pubertas, kadar asam urat pada laki-laki dan perempuan rata-rata 3,5mg/dL, setelah pubertas, kadar asam urat laki-laki dapat meningkat secara bertahap dan mencapai kadar 5,2 mg/dL, sedangkan pada perempuan cenderung tetap rendah karena memiliki hormone esterogen yang dapat berfungsi untuk mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh. Peningkatan kadar asam urat perempuan seringkali tercatat pada waktu memasuki masa menopause. Pada saat tersebut kadar asam urat wanita dapat mencapai 4,7 mg/dL. .Untuk kadar asam urat normal, bagi laki-laki 7,0 mg/dL dan bagi perempuan 6,0 mg/dL.

Apabila kadar asam urat ini berada di atas normal dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan gout atau artritis pirai, namun tidak semua hiperurisemia akan menimbulkan kelainan patologi berupa gout. Gout atau artritis pirai adalah penyakit yang disebabkan oleh deposisi kristal monosodium urat pada sendi atau jaringan lunak.

Sebuah studi yang pernah dilakukan menyatakan bahwa kadar asam urat ini dipengaruhi oleh umur, kreatinin serum, nitrogen urea darah, jenis kelamin, tekanan darah, berat badan dan alkohol. Gout merupakan penyakit radang sendi yang lebih dominan pada laki-laki dewasa daripada perempuan. Seperti dinyatakan pada banyak studi yang lama, bahwa laki-laki remaja jarang yang menderita asam urat dan hal ini juga terjadi pada wanita sebelum menopause.

Faktor Penyebab Asam Urat Tinggi

Penyebab asam urat yang tinggi akibat dari faktor menurunnya pembuangan di ginjal, hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya adalah penderita sedang mengonsumsi suatu obat yang efeksampingnya dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Contohnya adalah obat Tuberculosis dan beberapa obat hipertensi. Beratnya olahraga yang dilakukan sehingga menyebabkan menumpuknya asam laktat di dalam otot yang kemudian dimetabolisme atau dipecah menjadi asam urat. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan juga karena bebrapa penyakit seperti hipertensi, gagal ginjal dan hipertiroid.

Salah satu yang menjadi penyebab dari suatu penyakit tentu saja adalah apa yang dikonsumsi sehari-hari. Anda adalah apa yang anda makan, sehigga apabila anda memakan banyak makanan yang mengandung kadar purin tinggi maka jangan kaget bila tidak lama kemudian anda merasakan nyeri pada persendian. Maka dari itu bagi penderita penyakit asam urat maupun yang memiliki kadar asam urat tinggi pada waktu tertentu, sebaiknya melakukan diet ketat pada apa saja yang dimakan. Tujuan dari diet adalah untuk mengurangi asupan makanan yang menyebabkan pembentukan asam urat dan juga untuk menormalkan berat badan. Hal ini penting karena ternyata kelebihan berat badan juga menjadi salah satu faktor terbentuknya asam urat dalam tubuh dalam jumlah besar.

Untuk penderita asam urat maka harus benar-benar menjaga apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang dikonsumsi harus yang rendah purin dengan kadar maksimal antara 120-150 mg sehari. Pada orang normal, konsumsi dari purin diperbolehkan mencapai 1000 mg per hari. Mengkonsumsi hidrat arang yang tinggi yaitu makanan-makanan yang mengandung karbohidrat. Hal ini karena karbohidrat akan membantu pengeluaran dari asam urat melalui urin yang memiliki lebih basa. Konsumsi lemak dikurangi karena dalam penelitian dinyatakan bahwa lemak dapat menghambat pengeluaran dari asam urat. Hal ini disebabkan karena dalam tubuh kandungan lemak yang tinggi akan memicu terjadinya suasana asidosis di mana tubuh akan memiliki pH lebih asam sehingga begitupun dengan urin. Selain itu gizi yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya harus seimbang antara kalori, protein, mineral dan vitamin.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Sudah dijelaskan di atas bahwa makanan adalah pemeran utama mengapa tubuh memiliki kadar asam urat yang tinggi terutama pada usia dewasa. Oleh karenanya perlu dijaga pola makannya dan menghindari beberapa makanan berikut.

 

Jeroan


Bagi penderita asam urat, mulai saat ini anda wajib untuk menghapus keinginan memakan jeroan. Larangan ini karena kandungan purin pada jeroan seperti hati, usus dan organ lainnya adalah yang tertinggi diantara makanan lain.

Seafood


Batasi konsumsi seafood karena makanan laut adalah makanan yang kaya akan kandungan purin. Dan yang menjadi pantangan utama bagi penderita asam urat adalah kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, makarel, tiram, udang, lobster, atau kepiting.

Daging


Meskipun kandungan purin dalam daging ini tidak sebanyak yang ada dalam makanan lainnya namun anda juga tetap wajib untuk membatasi jumlah konsumsinya. Anda masih dapat mengonsumsi makanan ini namun harus tanpa lemak dan paling banyak 170 gram setiap harinya.

Sayuran


Selain hewan, penyebab dari meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh adalah sayuran. Tidak semua jenis sayuran, hanya beberapa yang memiliki kadar purin yang tinggi, seperti bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, jamur. Namun ada juga penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi purin yang berasal dari tumbuhan ini tidak menimbulkan masalah bagi penderita asam urat. Meski begitu dokter biasanya tetap memberi saran untuk membatasi konsumsi sayuran tersebut.

Alkohol


Minuman alkohol memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga dapat meningkat kadar asam urat dalam tubuh. Alkohol selain memiliki kandungan purin yang tinggi juga dapat menimbulkan dehidrasi sehingga akan memicu datangnya rasa nyeri pada penderita asam urat.

Gula


Meskipun kandungan purinnya tidak setinggi bahan makanan lainnya, penderita asam urat tetap disarankan untuk membatasi mengonsumsi gula. Kebanyakan konsumsi gula akan sebabkan obesitas yang akan perburuk gejala rematik atau asam urat yang diderita.

Bagi penderita asam urat tidak perlu khawatir karena saat ini asam urat dapat disembuhkan dengan berbagai pengobatan baik secara kimia maupun obat tradisional. Obat alami asam urat dari tumbuhan juga dapat anda jumpai pada banyak jenis tanaman yang ada di sekitar rumah anda seperti binahong, kumis kucing, lemon, buah mengkudu, daun sirsak, daun salam, dan sebagainya. Apabila anda berniat untuk menggunakan pegobatan tradisional, tidak ada salahnya anda untuk mencoba obat asam urat alami yang ada di obat-online.com. prosesnya mudah, pasti sampai ke tangan anda, dan kesembuhan juga akan berangsur pulih seiring rutin mengkonsumsi obat tradisonal.

Comment

comments

About faizal

Check Also

Sarang Semut Sang Penyembuh Asam Urat

Bagi penderita seringkali merasakan nyeri pada persendian, baik kaki maupun tangan. Nyeri yang dirasakan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *