Home / Info Diabetes / Apa ciri-ciri diabetes tipe 1?

Apa ciri-ciri diabetes tipe 1?

Diaconabet.Com – Obat Herbal Diabetes Tipe 1 | Ada beberapa penyakit berbahaya yang bisa muncul dalam tubuh karena keturunan. Penyakit-penyakit ini terkadang terlambat dideteksi karena tidak adanya gejala yang signifikan yang nampak dalam tubuh. Akibatnya, banyak para penderita penyakit keturunan ini terlambat mengidentifikasinya dan berakibat sangat fatal. Salah satunya adalah penyakit diabetes tipe 1Diabetes Tipe 1 merupakan penyakit diabetes yang diakibatkan oleh faktor keturunan. Jika kita memiliki keturunan dengan penyakit diabetes, maka kita kita memiliki kemungkinan sebesar sepuluh hingga lima belas persen terkena penyakit ini juga. Oleh karena itu, pengetahuan mengetahui gejala atau ciri penyakit ini perlu kita miliki. Diabetes mellitus type 1, kita perlu mengetahui apa itu diabetes type 1 symptoms dan diabetes type 1 treatment.

Ciri-ciri diabetes tipe 1

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengetahui apakah Anda memiliki kemungkinan penyakit diabetes tipe 1 ini adalah dengan mengetahui riwayat kesehatan keluarga. Jika ada keluarga Anda yang menderita penyakit ini, maka Anda memiliki 10-15% kemungkinan juga mengalami penyakit ini.

  1. Tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan hormon insulin

Penderita diabetes tipe 1 tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan hormon insulin. Inilah yang menyebabkan kemampuan untuk mengatur kadar gula dalam tubuh benar-benar tidak bekerja. Untuk ciri yang satu ini hanya bisa diketahui dengan pengecekan laboratorium.

  1. Mudah lelah

Salah satu ciri yang bisa diketahui adalah rasa lelah yang sangat sering datang. Penderita diabetes pada umumnya termasuk penderita diabetes tipe 1 memiliki kecenderungan mudah lelah padahal aktivitas yang dilakukan tidak begitu berat.

  1. Sering buang air kecil

Ciri yang nampak selanjutnya adalah frekuensi buang air kecil yang sering. Jika biasanya Anda tidak mengalaminya dan tiba-tiba Anda menjadi lebih sering buang air kecil, maka Ada baiknya Anda segera pergi ke dokter.

  1. Cepat merasa haus dan lapar

Penyerapan glukosa yang tidak maksimal dalam darah menyebabkan tubuh mengambil energi dari lemak tubuh, ini yang menyebabkan penderita diabetes mudah lapar dan haus.

  1. Sering kesemutan

Penderita diabetes juga sering mengalami kesemutan.

  1. Luka sulit sembuh

Jika terjadi luka pada tubuh penderita, maka luka tersebut akan sulit sembuh dan memakan waktu penyembuhan yang cukup lama. Bahkan pada penderita diabetes akut, luka bisa menyebabkan pembusukan jaringan tubuh yang bisa berujung pada amputasi atau pemotongan bagian tubuh untuk mencegah penyebaran kerusakan jaringan tubuh dan infeksi.

Pengobatan diabetes tipe 1

 

Penyakit diabetes tipe 1 satu sangat sulit dicegah. Jika salah satu ciri di atas ada pada diri Anda, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan untuk hasil yang lebih pasti. Kemudian, langkah yang selanjutnya dilakukan jika Anda positif terkena diabetes adalah:

  1. Pemberian insulin

Pemberian insulin otomatis sangat perlu dilakukan untuk mengembalikan kerja hormon insulin alami dalam tubuh yang berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah. Bagi para penderita diabetes, pemberian insulin dilakukan secara teratur dalam rangka menyembuhkan dan menekan tingkat gula darah dalam tubuh.

  1. Perbaikan pola makan

Diet sehat adalah hal penting kedua yang harus dilakukan. Penderita diabetes tipe 1 harus benar-benar memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Makanan dengan rasa manis dan tingkat gula tinggi sangat dilarang, khususnya bagi mereka yang telah masuk dalam tahap akut.

Selain itu, merokok dan konsumsi alkohol juga tidak diperbolehkan karena dua kebiasaan tersebut menjadi pemicu meningkatnya kadar gula dalam tubuh.

  1. Perbaikan pola hidup

Begadang, jumlah pekerjaan yang berlebihan yang mengacu pada stress juga sangat besar pengaruhnya pada peningkatan kadar gula dalam tubuh. Oleh karena itu, kebiasaan tidak sehat ini juga harus dikurangi.

Olahraga secara teratur juga sangat diperlukan untuk melancarkan peredaran dalam tubuh dan memperbaiki proses metabolisme dalam tubuh. Olahraga ringan seperti jalan kaki minimal 30 menit sehari bisa menjadi solusi untuk mereka yang tak terbiasa olah raga. Jika sangat sibuk, olahraga ringan seperti ini bisa disiasati ketika Anda berangkat ke kantor atau pulang kantor di sore hari.

Kesimpulannya, tak perlu berputus asa ketika Anda ternyata mempunyai penyakit turunan yang cukup berbahaya. Dengan menjaga pola hidup dan makan yang sehat Anda bisa mengurangi resiko negatif yang ditimbulkan oleh penyakit diabetes ini.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

diabetes mellitus

Ternyata Banyak Begadang Menimbulkan Diabetes!

Diaconabet.Com || Apakah Anda memiliki kebiasaan begadang? Kata penyanyi dangdut Rhoma Irama dalam salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *