Home / Seputar Alergi / Apa Itu (Rinitis), Berikut Adalah Tips Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Rinitis

Apa Itu (Rinitis), Berikut Adalah Tips Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Rinitis

Tips Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Rinitis

Sekilas Tentang Penyakit (Rinitis) Atau Juga Bisa Di sebut Bersin Dan Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Rinitis

Cara Mengatasi Penyakit Rinitis : Apakah anda sering bersin-bersin dan pilek?

Bisa jadi anda menderita penyakit Rinitis Alergi dan bagaimana cara mengatasi penyakit rinitis, Mari kita telaah lebih lanjut mengenai rinitis alergi. Rinitis alergi adalah suatu peradangan hidung yang disebabkan oleh reaksi alergi.

Penyakit Rinitis obat herbalReaksi alergi ini dapat dicetuskan oleh berbagai hal tergantung dari tiap individu.

Beberapa contoh pencetus alergi yang sering yaitu debu, serbuk bunga, bulu hewan, kecoa, makanan tertentu, dan lain-lain. Cara untuk mengetahui status alergi penderita adalah dengan melakukan prick test, yaitu dengan memasukan zat-zat (alergen) ke kulit dan setelah itu dilihat bagaimana reaksi tubuh terhadap zat tersebut.

Rinitis alergi merupakan penyakit yang sangat sering ditemukan dan berkaitan erat dengan faktor genetik atau keturunan alergi. Penyakit ini biasanya muncul pertama kali pada usia anak-anak, remaja, dan dewasa muda.

Penderita rinitis alergi umumnya mengeluh sering bersin dan pilek yang disertai dengan cairan ingus bening dan encer, sehingga sering menyebabkan gangguan fungsi penciuman.

Penderita juga mengalami rasa gatal pada hidung, oleh karena itu penderita sering menggosok-gosok hidungnya dan menimbulkan garis horizontal yang disebut nasal crease. Selain mengenai hidung, rinitis alergi juga dapat menyebabkan mata merah dan berair, kehitaman di sekitar mata (allergic shiners), kelemahan, dan mengantuk.

Rinitis alergi dapat menimbulkan beberapa komplikasi, yaitu sinusitis dan otitis media. Menurut beberapa penelitian, rinitis alergi juga mampu mempengaruhi kemampuan belajar anak dan menyebabkan gangguan tidur. Selain itu, penderita juga dapat saja mengalami penyakit alergi lain.

Tatalaksana penyakit rinitis alergi yang paling utama adalah dengan menghindari faktor pencetusnya, oleh karena itu perlu dilakukan prick test untuk mengetahui status alergi penderita dengan melakukan prick test

Yaitu dengan memasukan zat-zat (alergen) ke kulit dan setelah itu dilihat bagaimana reaksi tubuh terhadap zat tersebut. Sedangkan untuk pengobatannya, dapat diberikan obat antihistamin, decongestant, atau steroid tergantung dari hasil pemeriksaan dokter.

Ada pula terapi paling canggih yaitu dengan immunotherapy untuk desensitisasi terhadap alergen. Rencana operasi dapat pula dianjurkan dokter apabila terdapat komplikasi atau penyakit penyerta lain seperti polip hidung dan kelainan anatomis hidung lain.

Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Rinitis

Bersin dapat dicetuskan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah udara dingin dan debu. Udara dingin dan debu merangsang persarafan di daerah hidung sehingga memicu bersin, dan memang dapat sampai terjadi berkali-kali/berulang-ulang berturutan saat bersin.

Bersin-bersin karena alergi dalam dunia medis disebut dengan rhinitis alergi.

Penderita rhinitis alergi bersin bila terkena cuaca dingin, terkena debu, atau terkena aroma-aroma tertentu. Sekali episode bersin bisa berkali-kali hingga >5x, disertai dengan keluhan gatal, dan keluar ingus yang bening dan encer.

Jika rangsangan reaksi alergi tidak terlalu kuat maka tidak sampai menimbulkan refleks bersin dan yang dirasakan hanya hidung gatal atau seperti mau bersin, tapi belum bersin.

Satu-satunya cara mengatasi penyakit rinitis adalah dengan menghindari hal-hal yang dapat membuat bersin yaitu udara dingin dan debu.

Pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari udara dingin (kenakanlah pakaian yang tebal atau jaket pada saat cuaca dingin, menghindari mandi dengan iar yang terlalu dingin atau mandi pada saat cuaca dingin)

Menghindari debu (rajin membersihkan kamar, ganti sprei 1x seminggu, mengganti kasur kapuk menjadi busa, menghindari boneka) dan menghindari binatang peliharaan.

Cara Mengatasi Penyakit Rinitis Dengan Melakukan hal berikut

  1. Taruh jari telunjuk di hidung bagian kiri, dan jempol di hidung bagian kanan (seperti mau nutup hidung kalau kebauan). Note: kalo di yoga sih diajarinnya pake jari manis dan jempol, tapi buat saya sih pake telunjuk lebih gampang dan sama aja.
  2. Pencet hidung sebelah kiri dengan jari telunjuk sampai lubangnya tertutup
  3. Tarik nafas dari lubang hidung sebelah kanan dalam-dalam selama 3 hitungan (kira-kira 3 detik).
  4. TANPA menghembuskan nafas terlebih dahulu, dan TANPA membuka lubang hidung sebelah kiri, TUTUP pencet hidung sebelah kanan dengan jari jempol sampai lubangnya tertutup.
  5. Tahan nafas selama 9 hitungan (kira-kira 9 detik).
  6. TANPA membuka lubang hidung sebelah kanan, BUKA lubang hidung sebelah kiri.
  7. Hembuskan nafas selama 6 hitungan (kira-kira 6 detik).
  8. Lanjutkan dengan menarik nafas dalam-dalam selama 3 hitungan dari lubang hidung sebelah kiri.
  9. Tutup kedua lubang hidung, tahan nafas selama 9 hitungan.
  10. Dengan lubang hidung sebelah kiri tetap tertutup, buka lubang hidung sebelah kanan, dan hembuskan nafas dalam 6 hitungan.
  11. Lanjutkan dengan menarik nafas dalam-dalam selama 3 hitungan dari lubang hidung sebelah kanan.

Menurut keterangan di atas bahwa bersin-bersin atau juga di sebut penyakit rinitis tidaklah berbahaya

Namun kalau tidak segera di atasi dengan segera maka akan menimbulkan bahaya, anda juga bisa menggunakan obat herbal sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit rinitis, cara mengatasi penyakit rinitis dengan banyak mengonsumsi obat herbal juga sangat di anjurkan, mengapa demikian,

Herbal adalah tumbuhan alami yang mampu memberikan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidah sering terkena penyakit, kami menyarankan kepada anda yang sering menderita bersin-bersin untuk mengonsumsi herbal sarang semut sebagai obatnya.

cara mengatasi penyakit rinitisSarang semut adalah tumbuhan yang banyak sekali memiliki zat yang memang sangat bagus dalam kesehatan tubuh kita seperti Flavonoid yang ada dalam herbal sarang semut ini,

dalam tubuh manusia berfungsi sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk pencegahan kanker. Manfaat flavonoid antara lain adalah untuk melindungi struktur sel,

meningkatkan efektivitas vitamin C, antinflamasi, mencegah keropos tulang, dan sebagai antibiotik. Penelitian-penelitian mutakhir telah mengungkap bahwa flavonoid tidak saja berguna untuk pencegahan, tetapi juga untuk pengobatan kanker.

Dan sebagai antivirus, fungsi flavonoid telah banyak dipublikasikan, termasuk untuk melemahkan virus HIV/AIDS dan virus herpes dan rinithis, untuk melakukan penolongan pertama pada penyakit rintis ini sarang semut bisa melakukannya dengan sempurna dikarenakan kandungan multi-mineral yang ada pada sarang semut serta antivirus yang hebat dan hebatnya lagi sarang semut bisa memberikan sistem kekebalan tubuh yang kuat sehingga penyakit rinitis tidak datang dengan mudah lagi.

Saat ini kami memiliki produk unggulan sarang semut, yaitu Dawa Tea. Produk ini adalah produk yang berbahan baku 100% sarang semut yang sudah puluhan ribu dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, dan Alhamdulillah hasilnya banyak yang positif bahkan untuk penyakit rinithis ini.

teh herbal sarang semut dawa'

 

Comment

comments

About yaser yasir

Check Also

Obat Herbal Untuk Penyakit Alergi

Obat Herbal Untuk Penyakit Alergi

Obat Herbal Untuk Penyakit Alergi – Penyakit alergi seringkali terdengar di telinga ini. Seolah penyakit …