Home / Seputar Asam Urat / Apa Kata Dokter Tentang Penyakit Asam Urat?

Apa Kata Dokter Tentang Penyakit Asam Urat?

Obat-online.com | Apa kata dokter tentang penyakit asam urat? Asam urat adalah penyakit yang populer di masyarkat dan sering menyerang lansia. Namun demikian, masyarakat sering kurang mendapat informasi tentang penyakit asam urat  ini. Selain itu, masyarakat lebih sering mengenal penyakit asam urat melalui keterangan yang menyebar di masyarakat. Keterangan atau penjelasan non medis dari suatu penyakit dapat menyesatkan. Begitu pula dengan penyakit asam urat. Seringkali, masyarakat hanya mendapatkan keterangan tradisional atau awam mengenai penyakit ini. Hal tersebut sering menjadi penyebab dari pengobatan yang salah. Oleh karena itu, penting sekali bagi masyarakat untuk menyimak apa kata dokter tentang penyakit asam urat.

Benarkah Asam Urat hanya Menyerang Orang Lanjut Usia?

Banyak pendapat awam menyebut bahwa sakit asam urat adalah penyakit yang hanya akan menyerang orang-orang dengan usia lanjut. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena dengan gaya hidup yang salah dan dengan konsumsi makanan berlemak secara terus menerus, asam urat juga dapat menyerang pasien dengan usia muda. Selain itu, banyak juga yang menyebutkan bahwa asam urat akan terjadi seiring dengan pengeroposan tulang yang dialami pasien. Hal ini juga tidak sepenuhnya benar karena yang menyebabkan sakit pada penderita asam urat adalah karena penumpukan zat puring pada daerah sendi dan bukan pengeroposan tulang pada umumnya. Di samping itu, ada beberapa kesalahan dalam hal menghindari penyebab asam urat. Contohnya, masyarakat sering hanya menghindari daging atau makanan berlemak untuk menghindari asam urat. Banyak yang tidak tahu bahwa beberapa jenis sayuran juga berbahaya karena mengandung banyak zat purin. Untuk mengatasi masalah asam urat dengan baik, masyarakat penting sekali untuk menyimak informasi yang benar. Informasi dari dokter tentang asam urat dapat menjadi acuan yang dapat dipercaya dan dapat mengatasi asam urat dengan benar.

Asam urat adalah penyakit inflamasi di daerah persendian akibat Kristal-kristal zat purin yang masuk ke tubuh pasien melalui makanan. Untuk itu, dokter menyarankan pasien untuk menghindari makanan yang mengandung zat purin dalam jumlah besar.

Berikut adalah saran kesehatan untuk mengatasi asam urat

  1. Pasien asam urat harus mengkonsumsi makanan yang mengandung potassium tinggi. Makanan yang mengandung potassium tinggi antara lain kentang, yogurt, dan pisang.
  2. Vitamin C juga harus banyak dikonsumsi pasien asam urat. Vitamin C yang paling baik adalah yang berasal dari buah-buahan seperti jeruk, pepaya, dan strawberry.
  3. Pasien harus mengkonsumsi makanan yang bergizi termasuk buah dan sayuran. Buah dan sayur yang dapat mengobati asam urat antara lain buah naga, belimbing wuluh, jahe, dan labu kuning. Selain itu, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat juga sangat baik untuk dikonsumsi pasien asam urat.
  4.  Untuk asupan karbohidrat, pasien harus banyak mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, roti, singkong, dan ubi. Namun demikian, asupan nasi putih tidak boleh juga terlalu banyak karena dapat menyebabkan naiknya kada gula dalam darah.
  5. Untuk menghindari pembengkakan, pasien harus mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana yang terkandung dalam gula, permen, gulali, dan sirup. Hampir semua jenis makanan manis harus dihindari asam urat.
  6. Agar asam urat tidak kambuh, pasien harus juga mengurangi jam kerja. Faktor kelelahan disebut sebagai pemicu asam urat.
  7. Olah raga teratur juga sangat dibutuhkan untuk menghindari asam urat. Obesitas atau kegemukan membuat asam urat cepat naik dan sulit sekali untuk turun. Oleh karena itu, pasien harus memperbanyak olah raga untuk menghindari asam urat berlebihan pada tubuh.
  8. Penting juga untuk mempertahankan berat badan tubuh di angka ideal. Konsumsi kalori harus disesuaikan dengan energy yang dibutuhkan.

Jika pasien telah melihat ada tanda atau gejala asam urat muncul, kebiasaan baik dan tips di atas dapat segera diterapkan untuk menghindari kondisi yang lebih parah. Untuk mengetahui keadaan asam urat secara akurat, pasien bisa langsung melakukan cek di tempat pelayanaan medis terdekat. Selain di rumah sakit, saat ini masyarakat telah dapat mengunjungi apotik yang menyediakan fasilitas cek asam urat untuk memerikasa kadar asam urat di dalam tubuh. Tes semacam ini dapat langsung memberikan keterangan kadar asam urat beserta pengobatan yang diperlukan dan juga makanan apa saja yang harus segera dihindari. Untuk hasil yang lebih pasti, pasien perlu segera periksa untuk mengetahui informasi yang benar. Kadar asam urat normal pada pria berkisar antara 3,5 hingga 7 mg/dl. Sedangkan kadar asam urat normal pada wanita adalah 2,6 – 6 mg/dl.

Penting agar masyarakat tidak mengkonsumsi obat tanpa melakukan cek terlebih dahulu. Seringkali, pasien langsung mengkonsumi aspirin ketika mereka merasa nyeri menyerang seluruh tubuh. Hal tersebut bisa menjadi salah karena pasien asam urat tidak diperbolehkan meminum obat yang mengandung aspirin.

Selain itu, pasien juga harus memeriksakan kondisinya lebih jauh agar segera dapat melakukan pengobatan. Asam urat harus segera ditangani pengobatan medis dan juga herbal untuk menghindari penyakit komplikasi yang dapat menyertai asam urat. Pasien asam urat dapat menderita penyakit lain seperti hipertensi, diabetes, dan ginjal jika tidak segera melakukan proses pengobatan. Dokter akan memberikan diagnose yang tepat dan obat yang tepat pula untuk pasien asam urat.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

asam-urat

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak …