Home / Info Diabetes / Apa Sih Sebenarnya Perbedaan Diabetes 1, 2 & 3?

Apa Sih Sebenarnya Perbedaan Diabetes 1, 2 & 3?

Diaconabet.Com | Diabetes adalah kelainan kesehatan yang disebabkan oleh tidak berfungsinya metabolism tubuh dengan baik dan menurunnya kerja ginjal sehingga menyebabkan tingginya gula dalam darah.

Penyakit diabetes terjadi karena kegagalan fungsi tubuh. Namun demikian, penyebab sebenarnya dari penyakit ini adalah karena banyak hal.

Masyarakat Indonesia umumnya tidak terlalu peduli dengan penyakit diabetes sampai mereka terserang penyakit berbahaya ini. Diabetes, disebut juga dengan kencing manis, biasanya dianggap sebagai masalah kesehatan yang biasa dan dapat diobati dengan ramuan-ramuan tradisional. Hal ini menjadikan penyakit diabetes sering diabaikan dan tidak mendapatkan pengobatan yang semestinya.

Adapun penyebab diabetes tipe 1, diabetes tipe 1 gejala, dan diabetes tipe 1 pada anak. Selain itu, masyarakat pada umumnya tidak mengerti tentang gejala dan pengobatan yang tepat mengenai diabetes. Obat Herbal Diabetes Tipe 1 dan 2 penting bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan benar mengenai penyakit diabetes.

Bahkan, banyak di antara pasien diabetes tidak memahami apa yang disebut dengan diabetes kering. Umumnya, masyarakat menerima mentah-mentah pengertian diabetes kering yang tidak jelas sumbernya dan terkadang salah. Untuk itu, masyarakat perlu mengenal diabetes kering dan pencegahannya secara alami.Penyakit diabetes terbagi menjadi beberapa tipe yang menunjukkan gejala dan penyebab yang berbeda-beda.

1.      Diabetes Tipe 1

 

Diabetes tipe ini biasanya diderita oleh pasien berusia di bawah 30 tahun. Riset mencatat bahwa pasien untuk diabetes tipe 1 ini adalah remaja dan anak-anak. Diabetes tipe 1 ini adalah penyakit diabetes yang terjadi karena kelainan insulin tubuh.

Diabetes tipe 1 disebut juga dengan diabetes tergantung insulin. Penyakit ini menyerang tubuh pasien yang tidak bisa memproduksi cukup insulin. Insulin bahkan tidak dapat diproduksi sama sekali pada beberapa kondisi pasien.

Hal ini menyebabkan pasien tidak dapat mencerna glukosa dalam darah. Dengan demikian, pasien akan membutuhkan suntikan insulin secara berkala untuk mempertahankan kondisi kadar gula dalam darah pada tingkat normal atau baik. Penyebab diabetes tipe 1 antara lain:

  1. Rendahnya produksi insulin atau kegagalan tubuh memproduksi isulin karena faktor infeksi. Infeksi menyerang kekebalan tubuh anak-anak sehingga insulin tidak dapat diproduksi secara normal.
  2. Serangan virus juga dapat mengakibatkan kegagala tubuh memproduksi insulin.
  3. Kekurangan gizi juga dapat menghancurkan sel penghasil insulin di dalam pancreas yang selanjutnya dapat mengakibatkan tingginya gula dalam darah.

Daun Yakon, Seperti apakah daun itu, serta apa saja manfaatnya?

2.      Diabetes Tipe 2

Diabetes kering ada pada kategori diabetes tipe 2. Penyakit diabetes tipe 2 ini adalah penyakit diabetes yang umum terjadi pada masyarakat. Umumnya, penderita diabetes tipe 2 adalah pasien dengan usia di atas 30 tahun.

Penderita diabetes tipe dua tidak disebut tegantung dengan insulin karena tubuh pasien tetap dapat memproduksi insulin. Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh membentuk sistem kekebalan yang menyebabkan tubuh tidak dapat mencerna gula di dalam darah. Penyebab diabetes tipe 2 antara lain:

  1. Penyakit diabetes tipe 2 ini sering terjadi karena gaya hidup yang buruk.
  2. Pasien terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat dan lemak tinggi.
  3. Pasien dengan diabetes tipe 2 umumnya terserang karena kebiasaan merokok dan stress yang diyakini berperan menyebabkan penyakit diabetes tipe 2.

Dalam diabetes tipe 2, biasanya muncul istilah diabetes kering. Diabetes kering adalah keadaan penyakit diabetes yang masih berada pada fase awal. Pasien dari penyakit diabetes kering umumnya belum berusia lanjut dan memiliki kadar gula yang belum terlalu tinggi. Sedangkan diabetes basah adalah kondisi diabetes 2 yang berada pada fase lanjut. Penyebabnya adalah tingginya kadar gula dalam darah yang umumnya berada jauh di atas kadar gula pada pasien diabetes kering.

3.      Diabetes Tipe 3

Mind Map: Type III Diabetes Diabetes tipe 3 disebut dengan diabetes gestasional. Penyakit ini umumnya terjadi selama kehamilan. Ketika hamil, tubuh sering tidak dapat memproduksi hormone dengan stabil.

Hormon insulin bisa diproduksi melebihi kadar normal dan dapat pula bersifat resisten terhadap insulin. Hal ini mengakibatkan terjadinya penumpukan gula dalam darah yang memicu penyakit diabetes.

Ketiga tipe diabetes di atas menunjukkan pada kita bahwa penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai macam sebab, mulai dari makanan, kebiasaan dan gaya hidup yang buruk, hingga ketidakstabilan hormon dalam tubuh akibat sebuah kondisi tertentu. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dengan mengatur pola hidup dan makan yang sehat akan menjadi solusi terbaik untuk mencegah timbulnya penyakit ini sejak dini.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

diabetes mellitus

Ternyata Banyak Begadang Menimbulkan Diabetes!

Diaconabet.Com || Apakah Anda memiliki kebiasaan begadang? Kata penyanyi dangdut Rhoma Irama dalam salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *