Home / Seputar Asam Urat / Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak orang menganggap bahwa ini adalah zat berbahaya yang harus dihindari. Sebenarnya bila mempelajari lebih jauh, zat purin tidak seberbahaya yang dibayangkan –bahkan agar bisa hidup sehat, tubuh kita membutuhkan asupan senyawa kimia ini. Lalu apa sebenarnya zat purin, dan mengapa dikaitkan dengan penyakit asam urat? Bila memang dibutuhkan oleh tubuh, bagaimana bisa disebut berbahaya? Dan yang terpenting, seberapa besar dampaknya untuk asam urat? Berbahayakah? Berikut ini adalah penjelasannya.

Tentang Zat Purin

Ditilik dari ilmu kimia, zat purin adalah senyawa kimia yang mengandung struktur cincin ganda, dan terdiri dari cincin bersisi enam, yang kemudian melebur menjadi senyawa bercincin enam (dalam ilmu kimia senyawa ini berbentuk pentagon). Masing-masing cincin zat purin terdiri dari dua atom nitrogen, dimana atom nitrogen ini berada dalam posisi yang sama dengan semua zat purin. Secara awam, ini adalah senyawa kimia yang menjadi dasar semua kehidupan, sebuah zat yang memberi kita energi. Ilmuwan menganggap bahwa senyawa ini mirip dengan pyrimidine, yang membentuk darah dan gen dalam tubuh manusia. Karena berperan sebagai pembentuk DNA, yang membuat setiap manusia memiliki karakteristik dan keunikan yang berbeda, zat purin merupakan salah satu zat penting bagi manusia.

Zat purin juga merupakan senyawa yang ditemukan di banyak jenis makanan –bahkan, hampir semua makanan yang umumnya dikonsumsi. Dari buah-buahan, sayuran, ikan, hingga sumber karbohidrat pun mengandung banyak purin. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin membantu dalam pembentukan sel-sel baru dalam tubuh. Maka dari itu, biasanya anak-anak dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung purin atau protein tinggi. Oleh karena itu, bila anda sebelumnya takut mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin (walaupun tidak menderita asam urat), sebaiknya hilangkan rasa takut anda. Justru bila anda kekurangan purin, perkembangan dan metabolisme tubuh kemungkinan bisa terganggu.

Hubungan Zat Purin dengan Asam Urat Bahayanya Bagi Penderita Asam Urat

Zat purin memang tidak berbahaya, tapi bagi anda yang menderita asam urat, zat ini harus dihindari. Bila tidak berbahaya bagi tubuh, lalu mengapa harus dihindari oleh penderita asam urat? Pada dasarnya ada dua kemungkinan mengapa zat purin bisa menimbulkan asam urat: pertama, karena sistem metabolisme tubuh yang terganggu, dan kedua, karena asupan makanan yang mengandung zat purin tinggi (yang membuat kinerja ginjal tidak maksimal untuk mengolah senyawa ini).

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh pengkristalan zat purin dalam tubuh, dan ini bisa terjadi apabila metabolisme tubuh mengalami gangguan –tepatnya metabolisme kerja ginjal. Saat ginjal mengalami gangguan dan tidak mampu mengolah zat purin dalam darah, organ ini lalu ‘mengembalikan’ purin dalam darah. Zat purin kemudian mengendap pada persendian, lalu mengkristal –inilah yang disebut asam urat.

Selain itu, asam urat juga bisa terjadi apabila seseorang mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat purin tinggi. Memproses purin dalam jumlah yang tinggi, kinerja ginjal akan menjadi kurang maksimal –sehinggga purin yang tidak terproses akan mengendap pada persendian dan mengkristal.

Walaupun dibutuhkan oleh tubuh, bagi anda penderita asam urat, zat purin bisa menjadi senyawa yang berbahaya. Kenapa? Karena gejala yang ditimbulkan akibat pengkristalan atau endapan zat purin pada persendian beragam, dari bengkak hingga kelumpuhan.

Gejala awal yang ditimbulkan akibat asam urat tahap awal diantaranya adalah rasa nyeri dan linu pada persendian, yang disertai bengkak dan panas. Pada gejala yang sudah parah, asam urat bisa menimbulkan bengkak yang lebih besar bahkan kelumpuhan atau stroke.

Bila anda menderita asam urat tahap awal, dan memaksakan diri untuk mengkonsumsi makanan tinggi purin (seafood, misalnya), maka anda bisa terserang asam urat secara tiba-tiba. Atau keesokan harinya. Gejala yang kemungkinan dialami antara lain adalah sulit menggerakan beberapa persendian, seperti pergelangan tangan dan jari-jari tangan.

Bila seseorang yang sedang atau pernah menderita asam urat tetap memaksakan diri untuk mengkonsumsi makanan tinggi purin, zat ini bisa menyebabkan level asam urat yang tinggi, yang bisa berakibat kelumpuhan.

Karena itulah, zat purin bisa sangat berbahaya bagi mereka yang pernah atau sedang menderita asam urat.

Tips Agar Zat Purin Tidak Lagi Berbahaya (750)

Seberbahaya apapun, sebenarnya dampak kesehatan yang ditimbulkan zat purin dan asam urat bisa dihindari. Salah satunya adalah dengan menjaga asupan makanan dan minuman anda sehari-hari, dan mengkonsumsi makanan/minuman sehat. Seperti kebanyakan penyakit berbahaya lain, kunci dari pengendalian dan kesembuhan asam urat adalah pada asupan makanan. Berikut ini adalah tips singkat agar zat purin tidak lagi berbahaya bagi anda.

Pertama, hindari mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi purin secara berlebihan. Makanan yang tinggi purin antara lain adalah makanan laut dan daging merah. Sedangkan minuman yang tinggi purin seperti minuman beralkohol dan soda, sebaiknya dihindari sama sekali.

Kedua, minumlah air putih minimal 2.5 liter perhari. Air putih bisa menetralisir beberapa senyawa kimia dalam tubuh, dan membantu kinerja ginjal dalam memproses zat purin.

Ketiga, sempatkan diri untuk berolahraga minimal dua kali seminggu –ini juga akan membantu anda melatih otot dan tulang agar tidak mudah terserang nyeri dan linu.

Dengan menerapkan tips diatas, niscaya asam urat dan zat purin tidak lagi menakutkan dan berbahaya bagi anda.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

refleksi_1

Asam Urat Dengan Kolesterol; Apa Bedanya?

Obat-online.com | Asam urat dan kolesterol adalah dua penyakit yang sangat umum di tengah perbincangan …