Home / Seputar Asam Urat / Asam Urat : Cegah Sekarang atau Obati Nanti?

Asam Urat : Cegah Sekarang atau Obati Nanti?

Bagaimana Penyakit Asam Urat Bermula?

Obat-online.com | Asam urat sebenarnya merupakan kristal-kristal asam yang terbentuk dari hasil akhir metabolisme purin di dalam tubuh.

Kalau anda baru mengenal istilah purin, purin adalah zat alami yang ditemukan di semua sel-sel tubuh, minuman, serta makanan yang berasal dari hewan.

Kristal asam urat dari metabolism purin tersebut berperan sebagai antioksidan serta melindungi lapisan pembuluh darah.Kemudian asam urat akan tersebar dalam darah menuju ginjal, dan selanjutnya terbuang lewat urin.

Disebut penyakit asam urat (Arthritis gout) ketika kristal-kristal asam ini mengendap sehingga kadar asam urat dalam darah berada di atas ambang normal. Pada pria, kadar asam urat normalnya adalah sekitar 3,5 sampai 7 mg/dL, sedangkan pada wanita berkisar antara 2,6 sampai 6 mg/dL.

Untuk mengetahui tinggi rendahnya jumlah kadar asam urat, anda perlu melakukan tes darah atau tes urin. Pemeriksaan darah dan urin ini sekaligus untuk memantau pengendapan asam urat dalam darah serta mendeteksi kemungkinan penyakit penyerta asam urat tinggi, contohnya batu ginjal.

Tingginya kadar asam urat ini bisa disebabkan oleh kelebihan purin. Minuman beralkohol dan makanan seperti ikan sardin, emping, atau jeroan misalnya hati, menyumbangkan kandungan purin berlebih.

Padahal, tubuh normal umumnya hanya membutuhkan 15% tambahan purin karena tubuh bisa menyediakan purin sendiri. Namun selain purin, seseorang yang kelebihan berat badan, memiliki kelainan pada ginjal yang menyebabkan turunnya ekskresi, mengkonsumsi obat tertentu, serta riwayat melakukan transplantasi organ, juga bisa berakibat pada pengendapan kristal asam dalam darah.

Jangan Sepelekan Gejala Asam Urat

Hampir sama seperti beberapa penyakit (yang dianggap sebagai) warisan lainnya, contohnya diabetes melitus, seseorang yang anggota keluarganya menderita asam urat kemungkinan juga akan menunjukkan gejala-gejala kadar asam urat tinggi.

Namun penting diketahui bahwa sebetulnya bukan penyakit itu sendiri yang diturunkan secara genetik, melainkan pola makan dan gaya hidup calon penderita yang meniru pola penderita.

Selain terdeteksi melalui hasil tes darah dan tes urin, gejala kadar asam urat tinggi cukup mudah dikenali. Umumnya gejala dini asam urat bisa dilihat dari jari kaki (terutama sendi ibu jari), tumit, pergelangan kaki dan tangan, lutut, atau siku. Akan terjadi pembengkakan pada bagian tubuh tersebutdisertai rasa nyeri seperti terbakar.

Gejala seperti ini biasanya akan hilang tanpa pengobatan dalam waktu kurang dari dua minggu, tetapi akan muncul lagi dalam hitungan bulan atau bahkan tahun, dengan rasa nyeri yang lebih sakit dan lebih sering.

Kebanyakan penderita tidak menyadari atau bahkan tidak pernah mengalami gejala dini tersebut sehingga jarang melakukan pemeriksaan (darah atau urin) untuk mendeteksi kadar asam uratnya.

Meskipun tidak lagi terjadi nyeri dan bengkak pada kaki atau tangan, kurangnya aktivitas fisik dan konsumsi makanan mengandung purin yang berlebihan dalam jangka waktu panjang akanmemperburuk gejala dini asam urat. Bagian tubuh yang terserang nyeri akan meluas dan rasa sakit yang ditimbulkan menjadi semakin serius.

Bagaimana Asam Urat Melumpuhkan Penderitanya?

Kadar asam urat akan semakin tinggi karena endapan kristalnya yang makin mengeras. Proses metabolisme untuk mengendalikan kadar asam urat dalam darah tidak lagi bekerja dengan baik.

Jika bagian tubuh yang meradang dan terserang nyeri makin meluas, akan tampak benjolan-benjolan keras dimana di dalamnya terdapat endapan kristal asam urat yang telah mengeras.

Benjolan ini kemudian merusak sendi dan tulang, sehingga pada banyak kasus, penderita asam urat akan mengalami kelumpuhan atau cacat.

Selain itu, tingginya kadar asam urat dalam darah bisa juga menyerang organ tubuh lainnya dan menimbulkan komplikasi. Penyakit yang biasanya timbul akibat pengendapan kristal asam yang terlalu tinggi dalam darah adalah batu ginjal dan kerusakan fungsi ginjal.

Jadi, terutama ketika anda telah mengalami gejala dini asam urat tinggi, sebaiknya segera lakukan tes urin dan tes darah untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Semakin dini terdeteksi, semakin kecil dosis obat yang dokter berikan. Biasanya dokter akan memberi obat untuk meredakan rasa nyeri serta obat untuk menurunkan jumlah kadar asam urat.

Obat tersebut diberikan dengan dosis yang berbeda untuk setiap penderita. Perawatan dan obat-obatan bagi penderita asam urat umumnya diberikan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Nah, tentunya anda enggan bukan bergelut dengan penanganan medis yang tak kunjung usai?

Kendalikan Jumlah Kadar Asam Urat

Satu-satunya kunci untuk mencegah kadar asam urat berlebih adalah dengan mengendalikan jumlahnya agar tidak mengkristal atau mengendap dalam darah.

Bagaimana caranya? Mulai dari sekarang, cobalah mengubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat seperti memperbanyak aktivitas fisik serta menjaga berat badan dan pola makan tetap seimbang. Hindari pula mengkonsumsi terlalu banyak makanan-makanan dari hewan karena kandungan purinnya sangat tinggi.

Sejumlah penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa konsumsi 134 gram fruktosa dalam sehari atau makan buah cherrysetiap hari (tentunya juga tidak berlebihan) mampu menurunkan resiko asam urat. Buah mini bewarna merah tersebut dikatakan mengandung senyawa anti asam urat atau dapat mencegah terjadinya pengendapan kristal asam dalam darah.

UratGout

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

asam-urat

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak …