Home / Seputar Asam Urat / Asam Urat Dengan Kolesterol; Apa Bedanya?

Asam Urat Dengan Kolesterol; Apa Bedanya?

Obat-online.com | Asam urat dan kolesterol adalah dua penyakit yang sangat umum di tengah perbincangan masyarakat. Dua penyakit ini juga sudah dikenal sebagai penyakit yang timbul akibat pola makan yang kurang sehat. Tetapi, masih sedikit orang yang mengetahui perbedaannya.

Berikut adalah perbedaan penyakit asam urat dan kolesterol beserta penyebab, pengobatan, dan pencegahannya:

Perbedaan Penyakit Asam Urat dan Kolesterol

  1. Asam Urat

Penyakit asam urat adalah penyakit yang ditimbulkan oleh tingginya kadar purin dalam darah. Kadar purin dalam darah yang tinggi  menyebabkan penumpukan purin di persendian yang mengakibatkan rasa ngilu dan sakit. Pada kondisi normal, purin akan dikeluarkan oleh ginjal dan dibuang bersama dengan urin. Namun dalam kadar yang terlalu tinggi, kerja ginjal akan terganggu dan purin akan menumpuk di beberapa bagian pembuluh darah. Inilah yang menyebabkan timbulnya penyakit asam urat.

Gejala:

  • Ngilu dan rasa sakit di persendian khususnya ketika malam dan pagi hari
  • Sering kesemutan
  • Peradangan pada persendian bagi yang sudah memasuki tahap lanjut
  1. Kolesterol

Sementara penyakit kolesterol adalah penyakit yang timbul karena tingginya kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol yang 80% nya merupakan produk dari organ hati dan 20% nya produk dari makanan yang diserap tubuh, sebenarnya adalah zat yang baik dalam metabolisme tubuh. Akan tetapi dalam jumlah yang tinggi atau berlebihan, kolesterol bisa menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya seperti jantung koroner dan stroke.

Ada dua jenis kolesterol dalam darah: kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol baik berfungsi untuk melindungi pembuluh darah arteri pada jantung dari serangan stroke atau jantung koroner, sedangkan kolesterol jahat akan mengendap di pembuluh arteri dan memicu gangguan pada jantung yang berakibat stroke atau jantung koroner.

Gejala:

  • Benjolan merah pada tubuh
  • Rasa ngilu atau sakit di persendian
  • Sering kesemutan
  • Migrain

Akan tetapi untuk memastikan apakah kadar kolesterol tinggi perlu diadakan pemeriksaan di laboratorium. Jadi, jika anda mengalami beberapa gejala di atas, sebaiknya Anda segera ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih tepat. Sehingga bisa diambil langkah selanjutnya yang tepat.

Penyebab Penyakit Asam Urat dan Kolesterol

Pada umumnya, penyebab asam urat dan kolesterol berasal dari makanan. Penyakit asam urat dipicu oleh makanan-makanan yang mengandung purin tinggi seperti daging merah, kacang-kacangan, durian, gorengan, dan lain-lain. Sementara penyakit kolesterol dipicu oleh makanan dengan kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi seperti makanan-makanan mengandung santan, makanan berminyak, makanan cepat saji, dll.

Sementara itu, ada juga makanan yang bisa memicu timbulnya kedua penyakit tersebut secara bersamaan seperti; jeroan, daging sapi, kepiting, kerang dll.

Nah, karena pemicu munculnya kedua penyakit ini adalah makanan, maka pencegahan terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi dan tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Pengobatan Penyakit Asam Urat dan Kolesterol

Karena pada umumnya dipicu oleh makanan, maka cara pengobatan kedua penyakit ini adalah dengan diet sehat—yakni dengan menghindari makanan-makanan yang mengandung kolesterol dan purin yang tinggi serta menggantikannya dengan makanan-makanan yang sehat.

Makanan yang mengandung purin tinggi:

  • Seafood
  • Kacang-kacangan
  • Daging merah
  • Daging putih
  • durian
  • dll

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi:

  • Kuning telur
  • Kepiting
  • Cumi-cumi
  • Otak sapi
  • Telur puyuh

Selain itu, disamping menghindari makanan-makanan yang bisa memicu semakin tingginya kadar asam urat dan kolesterol dalam darah, Anda juga bisa mengonsumsi ramuan herbal yang bisa membantu menjaga kestabilan kadar asam urat dan kolesterol dalam darah.

Ada banyak ragam raman dan obat herbal yang dijual sebagai suplemen kesehatan yang mencegah timbulnya penyakit-penyakit tertentu atau untuk mengobati. Asalkan alami dan tidak memiliki campuran kimia, obat-obat ini memiliki sangat sedikit resiko efek samping bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Bahkan, obat herbal memiliki kelebihan lain yaitu bisa menyehatkan organ-organ lain yang ada disekitar organ yang sedang disembuhkan.

Pencegahan Penyakit Asam Urat dan Kolesterol

Sebelum penyakit-penyakit tersebut menghinggapi tubuh Anda, ada baiknya Anda melakukan tindakan pencegahan. Bagaimana caranya?

  • Pencegahan penyakit Asam Urat

Hindari makanan-makanan dengan kandungan purin tinggi. Setidaknya, kurangi dan atur jumlah konsumsinya, makanlah makanan yang sehat dan seimbang, hindari rokok dan alkohol, istirahat yang cukup, minum air putih yang banyak, dan yang tidak kalah pentingnya adalah lakukan olahraga secara teratur.

  • Pencegahan penyakit Kolesterol

Hindari makanan-makanan berlemak tinggi, hindari stress, istirahat yang cukup, menjaga berat badan ideal, dan juga berolahraga yang teratur.

Setelah mengetahui pengertian, gejala, pengobatan, dan pencegahan penyakit asam urat dan kolesterol, kini kita seharusnya semakin bijaksana dalam menyikapi hidup. Hidup sehat dan seimbang dengan menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat akan membawa dampak yang sangat baik dikemudian hari.

Berbagai macam penyakit yang muncul belakangan ini sebagian besar merupakan penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan manusia itu sendiri. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan tubuh dan pikiran agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya tersebut.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

asam-urat

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak …