Home / Seputar Asam Urat / Asam Urat Tinggi: Solusi Mengatasi Nyeri Radang Sendi

Asam Urat Tinggi: Solusi Mengatasi Nyeri Radang Sendi

Obat-online.com | Penyakit asam urat memang bukan penyakit yang mematikan. Namun gejala penyakit yang muncul akibat kelebihan endapan asam urat ini seringkali tidak disadari penderitanya, dibiarkan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tanpa pemeriksaan atau penanganan medis, sehingga menyebabkan komplikasi serius seperti batu ginjal dan darah tinggi. Itulah kenapa penyakit asam urat tampaknyalebih banyak terdeteksi pada penderita yang telah berusia lanjut.

Bagaimana Asam Urat Menimbulkan Rasa Nyeri?

Endapan kristal asam urat akan menumpuk di bagian persendian, umumnya pada bagian tangan (jemari atau pergelangan tangan), lutut, pergelangan kaki, serta jari kaki seperti ibu jari. Karena kristal tersebut berbentuk seperti jarum-jarum, maka penderita merasakan nyeri pada bagian tubuh yang meradang, berwarna kemerahan, dan bengkak akibat tumpukan kristal asam urat.

Nyeri pada persendian ini seringkali dianggap sebagai keseleo ringan karena bisa hilang dengan sendirinya, dalam beberapa jam atau dua sampai tujuh hari. Namun di saat itulah anda perlu waspada, karena bila kristal asam urat yang menumpuk semakin banyak, rasa nyeri yang ditimbulkan juga makin parah dan dalam jangka panjang beresiko menyebar ke persendian lainnya.

Penanganan PertamapadaNyeri Asam Urat

Ketika mulai merasakan nyeri pada persendian, anda bisa mengurangi sensasi nyeri yang ditimbulkan dengan cara yang sederhana. Cukup kompres bagian yang terserang nyeri atau bengkak dengan es batu. Anda juga sebaiknya mengistirahatkan kaki atau tangan yang mengalami nyeri sendi sampai serangan nyerinya berkurang atau hilang.

Bolehkah mengonsumsi obat pereda nyeri? Jika nyeri masih terasa, ada baiknya anda segera berkonsultasi dengan tenaga medis atau dokter. Tidak semua obat anti nyeri bisa anda konsumsi tanpa nasehat dokter karena beberapa obat memiliki efek samping yang bisa jadi memperburuk radang sendi atau mengganggu organ tubuh lainnya, terutama jika kadar asam urat anda sudah terdeteksi mendekati angka yang patut diwaspadai. Kadar asam urat dikatakan tinggi jika jumlahnya mencapai lebih dari 7 mg/dL pada pria, dan lebih dari 6 mg/dL pada wanita. Jumlah ini bisa anda ketahui dari hasil tes urin atau tes darah.

Serangan Nyeri Lanjutan Asam Urat, Apa Solusinya?

Yang penting dilakukan ketika jumlah kadar asam urat mulai mengkhawatirkan adalah mengontrol berat badan anda. Berat badan berlebih dapat memicu terjadinya serangan nyeri lanjutan pada persendian. Tak usah ragu untuk melakukan tes darah atau tes urin agar anda bisa sesegera mungkin menjaga kadar asam urat tetap normal. Tes tersebut bukan hanya ditujukan untuk orang-orang usia lanjut, melainkan juga anda yang berumur di bawah 40 tahun.

Solusi selanjutnya adalah mengubah pola makan anda. Sekali lagi, pemicu kadar asam urat tinggi adalah kelebihan purin yang terkandung dalam jenis makanan atau minuman tertentu (makanan laut, lemak, daging serta jeroan, dan minuman beralkohol). Karena itulah anda wajib mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar purin rendah atau setidaknya sedang, seperti buah-buahan, bayam, daun singkong, daun pepaya, keju, kol, susu, dan roti.

Jenis obat yang (biasanya) diberikan dokter adalah pereda nyeri radang sendi dan obat untuk menurunkan jumlah kadar asam urat. Nah, selain mengikuti resep dokter, anda bisa mengurangi nyeri dan mengendalikan kadar asam urat dengan beberapa resep khusus berikut:

  • Cuka sari apel:

Kandungan asam malat pada minuman ini mampu meluruhkan kristal asam urat agar terbuang melalui urin. Campurkan satu sendok teh cuka sari apel pada segelas air. Minum larutan ini dua sampai tiga kali dalam sehari.

  • Jus lemon:

Vitamin C yang terkandung dalam lemon membantu menetralkan kelebihan asam pada tubuh penderita asam urat tinggi. Minumlah segelas jus lemon atau campuran air hangat dengan perasan lemon pada pagi hari sebelum makan selama beberapa minggu.

  • Buah ceri dan stroberi:

Meski imut, ternyata buah ceri dan stroberi mengandung senyawa tertentu yang berperan menurunkan kelebihan kadar asam urat sekaligus mengurangi radang sendi. Secara rutin selama sekitar empat minggu, anda bisa mengkonsumsi secangkir buah ceri atau stroberi. Kalau anda tidak suka, ganti dengan konsumsi tomat atau buah lain yang kaya kandungan vitamin C.

 

Umumnya, dokter atau praktisi kesehatan menyarankan penderita kadar asam urat tinggi untuk mengatur menu yang dikonsumsi setiap hari sembari menjalani pengobatan. Apa saja menu sarapan, makan siang dan makan malam bagi penderita asam urat?

Anda disarankan untuk memulai hari dengan sarapan roti gandum (tanpa mentega atau margarin) atau sereal dengan susu rendah lemak.Tambahkan buah-buahan segar yang mengandung vitamin C atau jus buah (dari buah segar asli).

Saat makan siang, anda bisa mengkonsumsi nasi dengan sayur-sayuran seperti sup, bayam, atau wortel. Hindari (atau setidaknya kurangi pelan-pelan) konsumsi ikan, daging, dan ayam. Anda tetap harus menyertakan buah, misalnya apel, jeruk, ceri, atau stroberi, serta segelas susu rendah lemak.

Untuk  makan malam, menu yang dianjurkan adalah kentang, sayuran, atau salad sayur dengan tomat dan dressing rendah lemak. Buah melon dan segelas teh bisa menjadi penutup menu makan malam anda. Perbanyak pula asupan cairan untuk tubuh anda setiap hari.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

asam-urat

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak …