Home / Penyebab Diabetes / Bagaimana Proses Diabetes Menyerang Manusia?

Bagaimana Proses Diabetes Menyerang Manusia?

Diaconabet.Com – Penyakit diabetes mellitus sering menjadi masalah kesehatan masyarakat dengan gaya hidup tidak sehat. Umumnya, penderita tidak tahu bahwa mereka menderita diabetes sebelum muncul gangguan kesehatan dan komplikasi akibat kadar gula yang tinggi.

Masyarakat biasanya tidak akan peduli dengan kondisi tubuh mereka dan hanya melakukan pengobatan setelah diabetes mellitus mencapai fase akut atau lanjut. Seharusnya, tindakan pencegahanlah yang lebih penting dalam penanganan diabetes mellitus.

Bahkan, sebelum menjalani pengobatan, pasien diabetes harus mengetahui penyebab dari Diabetes Mellitus untuk meningkatkan fungsi pengobatan dan memberikan pengertian lanjutan. Berikut adalah ringkasa dari penyebab penyakit Diabetes Mellitus yang sering menyerang masyarakat dengan usia di atas 30 tahun. penyebab diabetes melitus, kita harus mengetahui gejala penyakit diabetes melitus dan memahami penyebab diabetes melitus.

Faktor Genetik

Penyakit diabetes terbagi menjadi tiga tipe. Tipe 1 adalah diabetes yang terjadi karena kelainan organ yang tidak bisa menghasilkan insulin dalam jumlah normal. Sedangkan Diabetes tipe 2 adalah jenis penyakit diabetes yang disebabkan karena kegagalan tubuh mencerna gula sehingga terjadi peningkatan kadar gula dalam darah. Diabetes tipe 3 memiliki gejala mirip dengan diabetes tipe tapi terjadi hanya pada kondisi kehamilan dengan perubahan hormonal yang tidak stabil.

Dengan penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa diabetes tipe 1 terjadi karena genetic sedangkan diabetes tipe 2 terjadi karena beberapa faktor di luar genetic. Namun demikian, hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Banyak pasien tidak tahu bahwa Diabetes Mellitus atau diabetes tipe 2 juga dapat muncul dengan faktor genetik. Di antara penderita diabetes mellitus, sebagian besar memiliki anggota keluarga yang juga menderita penyakit yang sama. Selain itu, pasien diabetes mellitus biasanya juga merupakan anggota keluarga dari pasien dengan keluhan kesehatan yang berhubungan dengan diabetes. Penyakit yang terkait antara lain; kolesterol tinggi, hipertensi, dan obesitas.

Keturunan pasien diabetes mellitus akan mempunyai resiko lima kali lebih tinggi untuk terserang penyakit yang sama. Faktor genetik merupakan faktor yang sulit dikendalikan. Akan tetapi, masyarakat tetap dapat mengendalikan faktor lingkungan untuk menghindari diabetes mellitus.

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan berhubungan erat dengan kebiasaan dan pola hidup. Seperti kita ketahui, pola hidup tidak sehat adalah pemicu segala jenis penyakit. Pola hidup yang salah adalah dasar dari semua gangguan kesehatan.

Dengan pola hidup yang tidak sehat, kesehatan dapat menurun karena fungsi organ akan terganggu dan kerusakan tubuh akan segera terjadi. Pola hidup yang buruk biasanya dimulai dari pola makan yang tidak terjaga.

Pola makan terdiri dari dua macam; jenis makanan yang dikonsumsi dan kualitas makan yang dipilih. Selain itu, makan secara berlebihan juga dapat memberikan dampak negatif untuk kesehatan. Oleh karena itu, untuk menghindari diabetes mellitus, faktor pertama yang harus diperhatikan adalah pola makan.

Makanan berlemah dan berkalori tinggi harus dihindari. Selain itu, masyarakat harus menerapkan jam makan yang baik dan menghindari makan secara berlebihan untuk menghindari kenaikan berat badan yang terlalu tinggi.

Di samping itu, diabetes mellitus juga dapat dicegah dengan penerapan pola hidup yang baik. Olah raga teratur, tidur dengan waktu yang cukup, dan menghindari stress adalah beberapa hal yang harus diterapkan untuk mengatur pola hidup agar terhindar dari diabetes mellitus. Selain itu, olah raga teratur juga dapat menjadi faktor penting untuk menghindari Diabetes Mellitus. Yang paling penting, penggunaan rokok harus dihentikan untuk menjauhi Diabetes Mellitus.

Faktor Psikologi

Selain faktor genetik dan faktor lingkungan, masyarakat juga harus memperhatikan faktor psikologi. Seperti telah disinggung di atas, faktor stress juga dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes.

Untuk itu, penting sekali bagi masyarakat untuk menghindari kelelahan yang diakibatkan terlalu keras bekerja. Pola hidup tidak teratur yang memberikan efek buruk pada kejiwaan juga harus dihindari.

Selain itu, masyarakat perlu untuk meningkatkan kesadaran hidup dengan ringan tanpa memikirkan beban hidup secara berlebihan. Peningkatan nilai-nilai spiritual juga dipercaya dapat membantu mengurangi resiko berbagai macam penyakit termasuk Diabetes Mellitus.

Ketiga hal tersebut adalah beberapa faktor yang dapat diterapkan untuk mencegah Diabetes Mellitus. Jika keseluruhan faktor diperhatikan dengan baik, kesehatan akan dapat terpelihara dan masyarakat tidak perlu khawatir dengan ancaman Diabetes Mellitus.

 

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

diabetes mellitus

Benarkah Diabetes Melitus Merupakan Penyakit Warisan?

 Sudah Kenalkah Anda dengan Diabetes Melitus? Diaconabet.Com || Diabetes, atau kencing manis (meskipun belum ada yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *