Home / > Lain-lain / Awas, Bahaya Mengkonsumsi Es Balok

Awas, Bahaya Mengkonsumsi Es Balok

Obat-Online.com – Nikmat sekali memang ketika cuaca panas sekali dihidangkan segelas es yang segar, tetapi tahukan anda bahwa es balok sangatlah berbahaya untuk kesehatan kita. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi minuman anda sehari-hari jangan sampai es yang anda minum menggunakan es balok.

Tahun ini cemaran mikrobiologi pada panganan jajanan anak sekolah masih terbilang tinggi. “Cemaran bahan tambahan ilegal menurun, tapi cemaran mikrobiologi masih tinggi,” ujar Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya Roy Sparringa, ditulis Selasa (1/10/2013).

Pada umumnya es balok diproduksi menggunakan air yang tidak layak konsumsi, bahaya mengkonsumsi es balok secara terus menerus akan mengakibatkan permasalahan di area pencernaan. “Es-es yang dipakai itu bukan suplai untuk makanan, bakteri yang ada pada es batu bisa mengancam kesehatan seseorang” kata Roy.

Menurut Survei Pengawasan Jajanan Anak Sekolah di tahun 2013 menunjukkan terjadi penurunan bahan tambahan pangan berlebih dari 5.668 sampel sekolah yang diteliti.

Penurunan terjadi dari 24 persen pada 2012, menjadi 17 persen di 2013. Namun untuk cemaran mikroba menunjukan peningkatan dari 66 persen di tahun lalu menjadi 76 persen saat ini.

“80 persen hasil kajian menunjukkan es tidak memenuhi syarat,” ujar Roy.

Roy mengaku pernah melihat langsung, penggunaan es batu diobok-obok tapi masih digunakan sebagai makanan. “Ini yang belum banyak disadari masyarakat, misalnya es balokan yang ada di bawah terus dipotong dan dicampurkan ke minuman, itu bayangkan berapa banyak bakterinya” ujarnya.

Bakteri pada es balokan ditemukan sama dengan yang ada pada tinja yaitu E-Coli, tidak hanya itu ada juga kapang dan kamir serta bakteri salmonela.

Menurut BPOM perihal es batu balokan ini bukanlah hal sepele, ini perlu pengawasan khusus. “Masyarakat sepertinya menganggap ini hal kecil tetapi ini bisa berbahaya untuk yang mengonsumsinya,” papar DR. Roy, oleh karena itu perlu adanya mawas diri terhadap makanan atau minuman yang tidak layak konsumsi, Badan Pengawas Makanan hanya bisa menghimbau masyarakat untuk tidak makan dan minum sembarangan karena akan membahayakan kesehatan. – Dikutip dari liputan6.com

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

daun sirsak

Daun Sirsak Dapat Mencegah 12 Macam Kanker, Benarkah.??

Obat-online.com : Sejak 25 tahun yang lalu, daun pohon Peruvian Graviola atau yang akrab disebut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *