Home / Seputar Asam Urat / Bahaya Penyakit Asam Urat

Bahaya Penyakit Asam Urat

Bahaya Penyakit Asam Urat – Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lainnya karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan.

Penyakit asam urat kebanyakan diderita oleh pria di atas 40 tahun dan wanita yang telah menopause. Penderita asam urat biasanya juga memiliki keluhan lain seperti tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, jantung, diabetes dan aterosklerosis. Separuh dari penderita asam urat adalah orang yang kegemukan. Bila dibiarkan, penyakit asam urat bisa berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.

bahaya asam urat

Pada keadaan normal, kadar asam urat di dalam darah pada pria tidak boleh melebihi 7 mg/dL dan pada wanita 6 mg/dL. Peninggian kadar asam urat dalam darah menunjukkan adanya ketidakseimbangan antara produksi asam urat yang berasal dari makanan/minuman yang dikonsumsi  dengan pengeluarannya melalui ginjal, yang kemungkinan disebabkan karena produksi asam urat yang berlebihan ataupun pengeluarannya dari tubuh melalui ginjal yang terlalu sedikit maupun kombinasi keduanya.

Diperkirakan sekitar 10 % dari penderita dengan kadar asam urat darah yang tinggi (hiperurikemia) mengalami pembantukan asam urat yang berlebihan dengan akibat pengeluaran asam urat melalui air seni melebihi 800 mg/hari.

Bahaya Asam Urat Pada Ginjal

Penderita hiperurikemia mempunyai risiko menderita batu asam urat di dalam perjalanan penyakitnya. Kurangnya pengeluaran asam urat melalui air seni bukan saja meningkatkan pembentukan batu asam urat di ginjal tetapi juga batu kalsium oksalat.

Menurut seorang ahli yang bernama Emmerson bahwa terbentuknya kedua jenis batu tersebut secara bersamaan dapat disebabkan karena asam urat merupakan inti untuk terbentuknya batu kalsium oksalat.

Pembentukan batu asam urat ini juga dipengaruhi oleh bertambahnya keasaman air seni dan tingginya kadar asam urat di dalam air seni, sedangkan disisi lain bahwa adanya zat sitrat dan glikosaminoglikan dapat menghambat pembentukan batu tersebut. Selain daripada kadar asam urat yang tinggi di dalam urine, faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi pembentukan batu asam urat berupa volume air seni yang lebih sedikit.

Adanya batu asam urat menyebabkan peninggian tekanan di dalam ginjal dan penekanan pembuluh-pembuluh darah yang menyebabkan bertambah tebalnya dinding pembuluh darah dan berkurangnya aliran darah ke ginjal dengan akibat kerusakan pada ginjal.

Bahaya Asam Urat Pada Jantung

Hiperurikemia mempunyai hubungan yang jelas dengan angka kematian yang disebabkan berbagai macam penyakit jantung dan pembuluh darah. Pada pasien dengan hiperurikemia dan hipertensi terdapat meningkatnya risiko 3-5 kali timbulnya penyakit jantung koroner dan strok dibandingkan dengan yang hanya menderita hipertensi.

Hiperurikemia juga berhubungan dengan sindroma metabolik (sindroma X) atau resistensi insulin, yaitu kumpulan kelainan-kelainan dengan kadar insulin yang meningkat di dalam darah, hipertensi, kadar trigliserida darah yang meningkat dan kadar lemak ‘baik’ (HDL-cholesterol) yang rendah yang semuanya sering menyebabkan penyakit jantung koroner.

Dengan diet yang rendah asam urat (dikenal sebagai diet rendah purin) yang ketat dalam jangka waktu lama dan kombinasi dengan alupurinol serta kontrol berobat secara teratur akan dapat mempertahankan kadar asam urat darah dalam batas normal.

(dr.Pirma Siburian Sp PD)

Herbal Sarang Semut Penumpas Asam Urat

obat herbal asam uratObat herbal banyak digunakan menjadi solusi untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Karena dirasa aman dan tanpa efek samping. Salah satu cara menurunkan asam urat tinggi adalah dengan mengkonsumsi obat herbal yang banyak mengandung anti oksiddan. Sarang semut sangat kaya akan kandungan anti oksidan. Kandungan flavonoidnya merupakan anti oksidan alami yang terbentik secara kimia  murni di alam. Lebih dari 50 % dari kandungan sarang semut mengandung flavonoid. Telah banyak peneliti yang menguji kandungan dari sarang semut ini. salah satunya adalah Dr. Ahkam Subroto, “Sarang Semut menjadi incaran orang. Herbal asal Papua ini diyakini mampu menggempur berbagai macam penyakit.” (Majalah GATRA edisi 26 Juli 2006)

herbal dawa' sarang semut

Hal yang bisa membuat asam urat kembali normal adalah karena adanya zat di dalam sarang semut yang mampu menghambat aktivitas laju enzim Xanthine Oxidase, dengan adanya penghambatan enzim Xanthine Oxidase ini sendi-sendi akan menjadi normal tanpa adanya pengkristalan zat purin yang merupakan penyebab rasa nyeri sendi pada asam urat.

Penggunaan herbal sarang semut ini sangat dianjurkan, karena selain efektif meredakan nyeri asam urat, herbal sarang semut juga aman dari efek samping, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya secara jangka panjang atau pendek. Dan keunggulannya lagi dari herbal sarang semut ini adalah tidak adanya zat adiktif yang dapat menyebabkan ketergantungan, jadi jika anda sudah merasa lebih sehat setelah meminum sarang semut ini, dan anda tidak mengkonsumsi sarang semut lagi bukan menjadi persoalan, selagi anda menjaga pola makan yang sehat maka asam urat anda akan tetap normal.

Sarang Semut Herbal Asam Urat Lebih Aman Dan Efektif Dari Pada Obat Kimia

Sarang Semut DAWA'Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa sarang semut memiliki kandungan yang serupa dengan allopurinol yang saat ini dijadikan bahan obat kimia untuk mengobati asam urat.

Namun obat kimia allopurinol ini memiliki sisi negatif yaitu bisa meningkatkan kadar kreatin yang bisa berakibat pada perusakan organ ginjal, namun berbeda dengan herbal sarang semut, sarang semut malah mampu melindungi fungsi ginjal agar berkerja secara maksimal, sehingga asam urat yang berlebih bisa dikeluarkan melalui urin yang mana tugas mengeluarkan urin ini berkaitan erat dengan fungsi ginjal.

Selain itu, penderita asam urat seringkali merasakan nyeri pada sendi-sendi, nyeri sendi ini kebanyakan disebabkan oleh peredaran darah yang tidak lancar seperti adanya penyempitan pembuluh darah atau darah terlalu kental, nah dalam hal ini sarang semut memiliki zat multi mineral yang mampu memperlancar peredaran darah, sehingga nyeri-nyeri sendi bisa diatasi dengan herbal satu ini.

Dawa’ Tea adalah herbal sarang semut yang sudah dikemas dengan bentuk teh celup yang lebih praktis dan efektif untuk mengobati asam urat. Melalui obat herbal ini, penyembuhan asam urat akan semakin cepat terasa karena proses pengobatan dapat dilakukan secara efektif dan tepat pada sasaran.

Dengan mengetahui kandungan dan khasiat Sarang Semut pada produk Dawa Tea, Anda tidak perlu meragukan Dawa’ Tea sebagai obat asam urat yang dapat dipercaya.

DAPATKAN HARGA SPECIAL KHUSUS UNTUK ANDA HARI INI, UNTUK MELIHAT HARGA KLIK GAMBAR DI BAWAH INI : 

harga obat herbal asam urat

 

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

asam-urat

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak …