Home / Seputar Ginjal / Bahayanya Gagal Ginjal..!!! Mari Kita ketahui Penyebab Dan Solusi Penyakit Gagal Ginjal

Bahayanya Gagal Ginjal..!!! Mari Kita ketahui Penyebab Dan Solusi Penyakit Gagal Ginjal

Kerusakan ginjal dapat mengganggu sistem sekresi sehingga keberadaan ginjal perlu dijaga agar fungsinya maksimum. nah Penyakit Gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja terutama Penyakit gagal ginjal lebih sering dialamai mereka yang berusia dewasa, Mari Kita Ketahui Penyebab dan solusi Penyakit gagal ginjal..!!

Penyakit Gagal Ginjal : Jenis Penyakit yang dimana fungsi Organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine,ini adalah yang di maksud dengan Gagal Ginjal. Ginjal adalah salah satu Organ Tubuh pemberian Tuhan yang maha esa yang harus selalu kita syukuri, ginjal sangat berperan dalam proses urinaria tubuh. Kerusakan ginjal dapat mengganggu sistem sekresi sehingga keberadaan ginjal perlu dijaga agar fungsinya maksimum. nah Penyakit Gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja terutama Penyakit gagal ginjal lebih sering dialamai mereka yang berusia dewasa, terlebih pada kaum lanjut usia.

5 Manfaat Ginjal

1. Menyaring Darah
Konsumsi makanan yang kita makan setiap hari sebagai penghasil energi setelah melalui proses pencernaan pastilah akan menghasilkan banyak zat sisa dan limbah serta racun atau toksin. Zat-zat tersebutlah yang akan dikeluarkan oleh ginjal karena jika tidak maka akan sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Nefron adalah salah satu bagian ginjal yang menjalankan fungsi ini. Apabila seseorang tidak memiliki ginjal, maka orang tersebut akan mati karena tubuhnya teracuni oleh kotoran yang dihasilkan oleh tubuh manusia itu sendiri. Untuk melakukan hal tersebut, ginjal harus menyaring sekitar 200 liter darah dan menghasilkan 2 liter zat-zat sisa dan air per harinya. Jadi, bisa disimpulkan bahwa Anda buang air kecil sebanyak kurang lebih 2 liter per harinya.
2. Mempertahankan keseimbangan Kadar Asam dan Basa
Ginjal berfungsi untuk mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa dari cairan tubuh dengan cara mengeluarkan kelebihan asam/basa melalui urine.
3. Mengekskresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh
Ginjal akan mengekskresikan (mengeluarkan) zat-zat yang merugikan bagi tubuh seperti urea, asam urat, amoniak, creatinin, garam anorganik, bakteri, dan juga obat-obatan. Jika zat tersebut tidak dikeluarkan maka akan menjadi racun yang dapat membahayakan kesehatan di dalam tubuh.
4. Memproses Ulang Zat
Ginjal akan mengembalikan kembali zat yang masih berguna bagi tubuh kembali menuju darah. Zat tersebut berupa glukosa, garam, air, dan asam amino. Proses pengembalian zat yang masih berguna ke dalam darah disebut reabsorpsi.
5. Mengatur Volume Cairan dalam Darah
Ginjal dapat mengontrol jumlah cairan darah yang dipertahnkan agar tetap seimbang didalam tubuh. Tanpa adanya control dari ginjal maka tubuh akan menjadi kering karena kekurangan cairan darah atau sebaliknya, tubuh tenggelam karena kebanjiran cairan didalam tubuh yang menumpuk tidak terbuang.

FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA GAGAL GINJAL

Terjadinya penyakit gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang diderita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak kerusakan ginjal diantaranya:

Penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension)
Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus)
Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/striktur)
Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik
Menderita penyakit kanker (cancer)
Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease)
Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis.

GEJALA-GEJALA GAGAL GINJAL

Bengkak pada mata

Nyeri pinggang hebat (kolik)

Kencing sakit

Demam

Kencing sedikit

Kencing merah/darah

Sering kencing
Lemas

Nafsu makan kurang

Mual/muntah

Bengkak

Kencing berkurang

Gatal

Sesak napas

Pucat/anemi

Berikut 4 Hal Sederhana Yang Bisa Anda lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Sehinggah Terhindar Dari Penyakit Gagal ginjal

1. Hindari konsumsi alkohol
Jauhkan diri anda dari minuman beralkohol karena minuman tersebut akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan ginjal anda. Alkohol akan meningkatkan tekanan darah dalam tubuh yang pada akhirnya akan berujung pada gangguan kesehatan ginjal.

2. Mengatur pola makan menjadi lebih sehat
Mengatur pola makan yang lebih sehat adalah salah satu cara yang baik untuk merawat dan menjaga kesehatan ginjal anda. Pilih makanan-makanan yang sehat seperti buah dan sayuran, daging putih tanpa lemak, ikan, dan jauhi makanan olahan serta kurangi konsumsi garam berlebih. Selain itu, menjaga sistem pencernaan agar selalu sehat juga akan memberikan dampak positif pada kesehatan ginjal anda. Untuk itu konsumsilah makanan probiotik dan makanan yang mengandung tinggi serat seperti sayur bayam.

3. Berhenti merokok
Sama seperti alkohol, sebaiknya anda jauh-jauh dari rokok. Apabila anda perokok, sebaiknya berhenti merokok segera mungkin sebelum ginjal anda bermasalah. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin pada rokok bukan hanya menyebabkan gangguan kesehatan pada paru-paru saja, melainkan juga pada ginjal.

4. Minum air putih yang cukup
Jaga tubuh anda untuk tetap terhidrasi dengan memenuhi kebutuhan akan cairan setiap harinya. Anda dianjurkan untuk minum air putih yang cukup sebanyak 6 hingga 8 gelas setiap harinya. Hal ini sangat baik dalam merawat dan menjaga kesehatan ginjal selain juga untuk menjaga kesehatan kulit.

Itulah beberapa tips sederhana untuk menjaga kesehatan ginjal. Jika ginjal sehat, maka tubuh anda secara keseluruhan pun juga akan sehat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Untuk mengobati penyakit gagal ginjal kami Juga Menyarankan kepada anda untuk mengonsumsi kapsul sarang semut yang sudah di extracx dengan tecnologi yang canggi nsehingga tercipta produk yang unggul dalam kualitasnya, sarang semut adalah tumbuhan herbal dari papua yang memiliki banyak sekali manfaat kesehatan terutama dalam hal penyakit berat seperti penyakit gagal ginjal, anda bisa rutin mengonsumsi kapsul sarang semut dan lihat hasil dal waktu satu bulan, banyak orang mengatakan mereka sembuh dengan kapsul sarang semut yang terbuat dari bahan pilihan terbaik, segera konsumsi mulai sekarang, sayangi diri anda dengan beralih ke obat-obatan herbal sehingga secara tidak langsung anda memperpanjang kehidupan anda, (Let’s Tray Here)

 

 

Comment

comments

About yaser yasir

Check Also

gejala1

Obat Herbal Untuk Penyakit Gagal Ginjal

Dalam dunia kedokteran obat herbal penyakit gagal ginjal masuk nominasi/pilihan ke dua, dikenal berbagai macam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *