Home / Herbal Diabetes / Benarkah Obat Herbal Efektif untuk Pengobatan Diabetes?

Benarkah Obat Herbal Efektif untuk Pengobatan Diabetes?

Diabetes dan Pola Hidup Kurang Sehat

Diaconabet.com || Penyebab Diabetes Turunan seperti yang kita ketahui penyakit diabetes atau kencing manis adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan dalam proses metabolisme dalam tubuh.

Penyakit ini menyebabkan tingginya kadar gula dalam tubuh sehingga mengganggu kerja insulin dalam tubuh. Pada banyak kasus, para penderita tidak menyadari munculnya penyakit ini, sehingga seringkali terlambat dilakukan penanganan. Diabetes ada beragam bentuknya seperti kencing manis kering, kencing manis jenis 2, dan kencing manis tahap 1.

Beberapa penyebab yang sering disepelekan merupakan kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang dianggap remeh. Diantaranya:

–          Kebiasaan minum teh

Sudah umum jika setiap pagi masyarakat terbiasa dengan membuka hari dengan membuat minuman hangat pendamping sarapan. Teh manis adalah salah satu minuman favorit yang secara tidak disadari menjadi salah satu penyumbang terbesar penyebab munculnya diabetes yang tidak disadari. Sebagai pengganti, Anda bisa menggantikannya dengan air putih hangat atau teh tawar.

–          Kebiasaan makan camilan

Camilan tak bisa lepas dari salah satu asupan makanan masyarakat Indonesia. Baik camilan-camilan kemasan yang dijual di toko ataupun gorengan yang sudah menjadi camilan wajib tiap pagi dan sore adalah salah satu penyebab tingginya kadar glukosa dalam darah. Untuk menggantikannya, Anda bisa mengonsumsi buah segar.

–          Begadang

Kurangnya waktu istirahat bagi tubuh bisa juga mejadi pemicu munculnya diabetes. Jika tubuh tidak beristirahat secara cukup selama tiga hari beruturut-turut maka akan menyebabkan gangguan proses glukosa dalam tubuh dan ini akan menyebabkan diabetes.

–          Kurangnya aktivitas fisik

Menurut WHO, kasus diabetes di negara-negara Asia akan meningkat sebanyak 90% dalam kurun waktu 20 tahun kedepan dikarenakan meningkatnya tingkat penggunaan kendaraan bermotor dan rendahnya aktivitas fisik masyarakatnya. Sehingga sangat penting untuk Anda untuk meningkatkan aktivitas fisik.

–          Stress

Saat mengalami stress tubuh secara otomatis menghasilkan hormon epinephine dan kortisol yang berfungs untuk meningkatkan kadar gula dalam tubuh untuk menyuplai kebutuhan energi yang meningkat. Akan tetapi, jika stress tak juga diatasi dan berlarut-larut, maka dipastikan gula darah akan naik dan berakhir pada diabetes.

Perbedaan obat herbal dan obat kimia

Ada banyak obat diabetes yang bisa Anda temukan di apotek-apotek setempat. Harga dan khasiat juga berbeda. Ada yang terbuat dari bahan alami atau obat herbal juga yang terbuat dari obat kimia yang pastinya sudah dicampur dengan berbagai bahan-bahan buatan. Namun, manakah obat yang terbaik untuk pengobatan diabetes. Berikut perbedaan obat herbal dan obat kimia:

Obat kimia

  • terbuat dari berbagai macam campuran bahan kimia
  • bersifat menyembuhkan penyakit tertentu dan hanya menghilangkan gejalanya saja
  • reaksi penyembuhan yang cepat namun jika dikonsumsi dalam waktu lama akan menimbulkan efek negatif pada organ tubuh yang lain
  • reaksi kimia yang ditimbulkan bisa menimbulkan efek samping seperti iritasi lambung, hati, ginjal, dll.

Obat herbal

  • terbuat dari bahan alami tanpa campuran kimia
  • tidak hanya menyembuhkan penyakit tertentu tapi juga memberi efek positif pada organ-organ di sekitarnya
  • bersifat mencegah, mengobati, dan menyembuhkan hingga ke akarnya
  • reaksi lambat tapi bersifat konstruktif
  • tidak menimbulkan efek samping jika dikonsumsi dalam waktu yang lama

Efektifitas obat herbal untuk diabetes

Nah, Anda kini sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis obat. Dalam kasus berbagai macam penyakit, obat herbal terbukti lebih aman dan efektif untuk penyembuhan.

Selain itu karena efek yang diberikan tak hanya memperngaruhi gejala penyakit tertentu, maka obat herbal dianggap sangat baik untuk menyembuhkan sekaligus menjaga kualitas kesehatan tubuh dalam waktu yang lama.

Kita ambil contoh, obat herbal sarang semut. Sarang semut merupakan obat herbal yang mengandung flavonoid yang terbukti sangat efektif untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, obat asli Papua ini juga mengandung kandungan multimineral yang bisa melancarkan peredaran darah. Hasilnya, tak hanya kadar gula yang turun dalam darah, obat herbal ini juga bisa menyembuhkan gangguan asam urat atau kolesterol tinggi dalam tubuh.

Kesimpulannya, obat herbal tak hanya efektif menyembuhkan satu jenis penyakit, tetapi juga bisa memberikan dampak positif pada organ tubuh lainnya. Dan ini juga berlaku pada penyembuhan penyakit diabetes dengan obat herbal.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

diabetes mellitus

Ternyata Banyak Begadang Menimbulkan Diabetes!

Diaconabet.Com || Apakah Anda memiliki kebiasaan begadang? Kata penyanyi dangdut Rhoma Irama dalam salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *