Home / Seputar Asam Urat / Cara Diet Sehat Mengontrol Kadar Asam Urat

Cara Diet Sehat Mengontrol Kadar Asam Urat

Obat-online.com | Cara diet sehat untuk mengotrol kadar asam urat adalah salah satu cara terbaik untuk terhindar dari dampak kesehatan penyakit ini. Asam urat pada dasarnya terjadi karena penumpukan dan pengkristalan zat purin pada persendian –akibat yang ditimbulkan penyakit ini beragam, dari pembengkakan hingga kelumpuhan atau stroke. Beberapa orang menganggap penyakit ini menakutkan, bukan saja karena akibat yang ditimbulkan tapi juga karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja, dari yang muda hingga orang tua.  Beruntung bagi para penderita, terutama yang tingkat asam uratnya tidak terlalu tinggi, karena dengan cara diet sehat mengontrol kadar asam urat mereka tidak harus khawatir dengan penyakit ini. Diet sehat untuk mengontrol kadar asam urat tidak hanya berhubungan dengan makanan, tetapi juga gaya hidup –berikut ini adalah makanan, minuman, dan gaya hidup yang harus anda terapkan untuk diet sehat agar kadar asam urat anda tidak naik, dan bahkan turun.

Makanan Untuk Mengontrol Kadar Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang berhubungan erat dengan asupan makanan, oleh karena itu cara diet sehat terbaik untuk mengontrol kadar asam urat adalah dengan memperhatikan asupan makanan anda. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya anda konsumsi agar kadar asam urat anda tidak naik.

Yang pertama adalah dari jenis buah-buahan. Semua jenis buah pada dasarnya mengandung kadar purin, sehingga anda harus selektif dalam mengkonsumsi buah. Buah apel, yang mengandung asam malat, bisa membantu dalam menetralkan asam urat. Buah ceri juga bisa membantu mengurangi kadar asam urat karena buah ini mengandung anti-inflamasi yang bernama antosianin. Buah ceri juga bisa mencegah peradangan dan rasa nyeri pada persendian. Buah yang kaya akan vitamin C seperti jambu, tomat, dan kiwi juga wajib dikonsumsi. Pisang juga termasuk dalam golongan buah yang bisa menurunkan kadar koleseterol. Untuk mengkonsumsi buah-buahan ini, bisa secara langsung tanpa diolah atau diolah menjadi jus buah.

Yang kedua adalah dari jenis sayuran. Memang kebanyakan sayuran mengandung zat purin yang tinggi, tapi ada beberapa jenis sayuran yang malah bisa mengontrol dan bahkan mengurangi kadar purin. Wortel dan tomat adalah jenis sayuran yang bisa mengurangi kadar asam urat karena kandungan antioksidan yang tinggi.

Makanan berserat merupakan makanan wajib bagi anda yang sedang melakukan diet sehat untuk mengontrol kadar asam urat. Terutama bila kadar asam urat anda tinggi, ganti nasi dengan oatmeal sebagai asupan karbohidrat anda. Apabila ingin sedikit variasi, cobalah variasi sajian oatmeal lain seperti pancake oatmeal atau brownies oatmeal. Makanan berserat seperti oatmeal dan gandum memiliki kemampuan menyerap kelebihan asam urat dalam tubuh, dan mengeluarkan secara normal melalui ginjal.

Yang terakhir adalah jenis makanan laut. Walaupun hampir semua makanan laut mengandung zat purin yang sangat tinggi, masih ada sedikit makanan laut yang bisa membantu mengontrol asam urat. Salah satunya adalah ikan salmon.

Yang terpenting dari diet makanan untuk mengurangi kadar asam urat adalah jangan pernah makan secara berlebihan –ini karena hampir semua makanan yang kita konsumsi mengandung purin. Yang membedakan adalah kadar purin yang dikandung makanan tersebut.

Minuman Untuk Mengontrol Kadar Asam Urat

Selain makanan, ada beberapa jenis minuman yang bisa membantu anda mengontrol dan mengurangi kadar asam urat.

Air putih adalah minuman terbaik yang membantu mengontrol dan mengurangi kadar asam urat. Minum air putih minimal 3 liter perhari sangat membantu ginjal untuk memproses asam urat, sehingga tidak mengendap pada persendian.

Cuka apel juga membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah karena kandungan asam malat didalamnya. Campurkan tiga sendok makan cuka apel ke dalam satu gelas air, lalu minum –minum larutan cuka apel ini setidaknya dua kali sehari.

Bila anda penyuka susu murni, pastikan anda mengkonsumsi susu rendah lemak (skim) karena kandungan purinnya yang jauh lebih rendah dibandingkan susu full cream.

Teh hijau, karena mengandung antioksidan yang tinggi, juga bisa membantu mengontrol dan mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Bukan termasuk dalam golongan minuman, tapi minyak zaitun juga merupakan salah satu cairan yang bisa membantu mengurangi asam urat. Ketika memasak, gantikan minyak kelapa sawit dengan minyak zaitun.

Olahraga Sebagai Pelengkap Diet Sehat Mengontrol Kadar Asam Urat

Untuk mengurangi asam urat, caranya tidak hanya dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, tapi juga dengan melakukan olahraga rutin. Minimal setiap dua minggu sekali anda harus berolahraga untuk tetap fit dan menjaga kekuatan sendi-sendi anda. Tidak harus olahraga berat, cukup dengan jogging atau lari-lari kecil di sekitar rumah. Selain jogging, bersepeda juga adalah olahraga yang disarankan bagi penderita asam urat.

Bila sulit bagi anda meluangkan waktu untuk berolahraga, sebaiknya meluangkan waktu di hari minggu untuk lari pagi. Selain jogging, lari pagi, dan bersepeda, yoga juga adalah jenis olahraga yang bisa membantu anda mengontrol kadar asam urat. Yang terpenting dari cara diet sehat diatas adalah dengan melakukannya dengan konsisten setiap hari, sehingga anda tidak akan pernah menderita asam urat.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

asam-urat

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak …