Home / > Lain-lain / Sarang Semut / Cara Mengatasi Asam Urat Pada Kaki

Cara Mengatasi Asam Urat Pada Kaki

Pengertian Asam Urat

Asam urat adalah asam berbentuk kristal yang merupakan produk akhir dari metabolisme atau pemecahan purin yaitu turunan dari nucleoprotein. Purin adalah salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. Secara alamiah purin terdapat dalam tubuh dan dijumpai pada makanan dari sel hidup yaitu makanan dari tumbuhan (sayur bayam, kacang-kacangan) maupun dari hewan (jeroan, daging, ikan sarden). Setiap orang pasti memiliki kandungan zat asam urat dalam tubuh karena pada setiap metabolisme normal dihasilkan asam urat. Selain itu minum alkohol juga dapat meningkatkan kadar purin dalam tubuh.

Senyawa asam urat memiliki sifat sukar larut dan mudah mengendap jika kadarnya meningkat beberapa milligram saja. Asam urat dieksreksi atau dikeluarkan dari tubuh melalui ginjal dan saluran cerna. Kadar asam urat seseorang tergantung usia dan jenis kelamin.

Asam urat juga memiliki nilai normal dalam tubuh yang dibedakan berdasarkan usia dan jenis kelamin. Sebelum pubertas, kadar asam urat pada laki-laki dan perempuan rata-rata 3,5mg/dL, setelah pubertas, kadar asam urat laki-laki dapat meningkat secara bertahap dan mencapai kadar 5,2 mg/dL, sedangkan pada perempuan cenderung tetap rendah karena memiliki hormone esterogen yang dapat berfungsi untuk mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh. Peningkatan kadar asam urat perempuan seringkali tercatat pada waktu memasuki masa menapause. Pada saat tersebut kadar asam urat wanita dapat mencapai 4,7 mg/dL. .Untuk kadar asam urat normal, bagi laki-laki 7,0 mg/dL dan bagi perempuan 6,0 mg/dL.

Apabila kadar asam urat ini berada di atas normal dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan gout atau artritis pirai, namun tidak semua hiperurisemia akan menimbulkan kelainan patologi berupa gout. Gout atau artritis pirai adalah penyakit yang disebabkan oleh deposisi kristal monosodium urat pada sendi atau jaringan lunak.

Sebuah studi yang pernah dilakukan menyatakan bahwa kadar asam urat ini dipengaruhi oleh umur, kreatinin serum, nitrogen urea darah, jenis kelamin, tekanan darah, berat badan dan alkohol. Gout merupakan penyakit radang sendi yang lebih dominan pada laki-laki dewasa daripada perempuan. Seperti dinyatakan pada banyak studi yang lama, bahwa laki-laki remaja jarang yang menderita asam urat dan hal ini juga terjadi pada wanita sebelum menopause.

Bahaya Asam Urat Jika Tak Diobati

Bagi penderita seringkali merasakan nyeri pada persendian, baik kaki maupun tangan. Nyeri yang dirasakan oleh orang yang menderita asam urat tentu akan mengganggu aktivitasnya. Gangguan aktivitas akan memengaruhi dari kualitas hidup orang tersebut sehingga perlu untuk disembuhkan. Selain itu apabila tidak segera diobati dan dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang, penimbunan asam urat akan menyebabkan berbagai macam komplikasi yang dapat membahayakan tubuh, contoh adalah sebagai berikut :

 

Tophi/tofus


Menumpuknya asam urat dalam jangka waktu yang lama menyebabkan pengendapan asam urat yang kemudian menimbulkan benjolan kecil yang disebut dengan Tophi atau Tofus. Benjolan tersebut yang memiliki warna kekuningan atau keputihan biasanya muncul di bagian siku, lengan, ibu jari kaki dan tangan, telinga, tumit, lutut dan sepanjang punggung pergelangan kaki.
Meskipun tidak begitu terasa nyeri, namun tophi dapat menjadi peradangan dan menjadi bengkak saat datang serangan asam urat. Selain itu tophi biasanya juga mengeluarkan cairan yang kental seperti pasta gigi. Tentu hal ini akan sangat mengganggu dari aktivitas sehari-hari.

 

Kerusakan Sendi


Sendi juga dapat mengalami kerusakan apabila terjadi pengendapan asam urat dalam jangka waktu lama. Masalah ini terjadi saat kadar asam urat melewati nilai normal sehingga sudah tidak dapat dikontrol dan menyebabkan sendi kaku serta sulit digerakkan. Biasanya kerusakan sendi terjadi setelah munculnya tophi. Karena sudah masuk stadium lanjutan maka perlu dilakukan operasi untuk pengobatannya.

 

Batu Ginjal


Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang berfungsi sebagai saluran eksresi atau pembuangan zat-zat yang sudah tidak berguna bagi tubuh salah satunya adalah asam urat. Karena asam urat tidak mudah larut dengan cairan tubuh maka penumpukan asam urat di ginjal dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi batu asam urat. Bila dibiarkan hal ini dapat mengganggu kinerja dari ginjal itu sendiri dan dapat menyebabkan komplikasi lainnya yang lebih serius.

 

Penyakit Jantung


Kadar asam urat yang melebihi nilai normal akan menyerang lapisan terdalam dari pembuluh darah yang bernama endotel. Apabila endotel telah mengalami kegagalan fungsi maka akan menyebabkan penyakit jantung coroner.

 

Stroke


Tingginya kadar asam urat juga dapat menyebabkan aliran darah dalam tubuh menjadi tidak lancar. Gangguan ini dapat menjadi pemicu stroke pada penderita asam urat.

 

Merusak saraf


Tingginya penumpukan asam urat apabila terjadi di dekat syaraf maka dapat membahayakan dari syaraf itu sendiri sehingga menyebabkan gangguan fungsi syaraf.

 

Diabetes


Menurut penelitian dari seorang professor dari Standford University, California, yang bernama Khrisnan menunjukkan bahwa kandungan asam urat yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan resiko diabetes sebesar 20% dan memicu gagal ginjal sebesar 40%.

 

Penumpukan asam urat juga dapat menimbulkan serangan gout. Menurut Michael A Charter gout memiliki empat tahapan klinis, yaitu :

Stadium I
Kadar asam urat darah meningkat tapi tidak menunjukkan gejala keluhan.

Stadium II
Terjadi pembengkakan dan nyeri pada sendi kaki, sendi jari tangan, pergelangan tangan dan siku.

Stadium III
Kebanyakan orang mengalami serangan gout berulang kali dalam waktu kurang dari 1 tahun jika tidak diobati.

Stadium IV
Timbunan asam urat terus meluas selama beberapa tahun jika tidak dilakukan pengobatan, hal ini dapat menyebabkan nyeri, sakit, kaku serta pembengkakan pada sendi yang besar.

 

Cara Mengobati Asam Urat

Pengobatan untuk asam urat dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu :

Pengobatan Medis


Yaitu pengobatan menggunakan obat kimia seperti obat asam urat di apotek atau obat asam urat generik. Cara ini dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Pengobatan jangka pendek adalah pemberian anti nyeri yang bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri dan menghilangkan bengkak. Sedangkan pengobatan jangka panjang adalah dengan pemberian obat yang berfungsi menghambat pembentukan asam urat.

 

Pengobatan Non Medis


Yaitu pengobatan dengan menjalankan pola hidup sehat yang bertujuan untuk mencegah dan mengobati pasien yang menderita asam urat. Cara ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi purin dan disertai dengan pola hidup sehat dengan melakukan olahraga secara teratur.

 

 

Pengobatan Herbal

obat herbal asam urat
Yaitu penggunaan obat asam urat alami dari tumbuhan yang mempunya khasiat untuk menghilangkan nyeri dan mengecilkan bengkak seperti kunyit, sambiloto, daun salam, sarang semut, biji adas, dan lain-lain.

Bagi penderita asam urat tidak perlu khawatir karena saat ini asam urat dapat disembuhkan dengan berbagai pengobatan baik secara kimi maupun obat tradisional. Pengobatan tradisional dapat anda jumpai pada banyak jenis tanaman yang ada di sekitar rumah anda seperti binahong, kumis kucing, lemon, buah mengkudu, daun sirsak, daun salam, dan sebagainya. Apabila anda berniat untuk menggunakan pegobatan tradisional, tidak ada salahnya anda untuk mencoba obat herbal asam urat yang ada di obat-online.com. prosesnya mudah, pasti sampai ke tangan anda, dan kesembuhan juga akan berangsur pulih seiring rutin mengonsumsi obat tradisonal.

Untuk memudahkan anda dalam pengobatan asam urat, obat-online.com telah menyediakan beberapa pilihan seperti sarang semut, daun salam dan urat gout, teh herbal asam urat dan kolestrol alami terpercaya. Anda hanya tinggal klik website obat-online.com lalu pesan dan obat untuk anda segera sampai ke tangan anda. Tidak perlu kuatir untuk membeli obat asam urat alami dari tumbuhan di obat-online.com karena khasiatnya akan membantu sakit anda berangsur pulih.

Comment

comments

About faizal

Check Also

Kenali Daun Salam Sebagai Obat Asam Urat Alami yang Ampuh

Penyebab Asam Urat Penyebab utama terjadinya rematik pada tubuh adalah asam urat, sehingga tubuh merasakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *