Home / Seputar Asam Urat / Cara Menormalkan Asam Urat dengan Daun Salam

Cara Menormalkan Asam Urat dengan Daun Salam

Obat-online.com | Perkembangan teknologi di dunia medis menghasilkan berbagai macam obat-obatan yang sebelumnya belum ada. Obatan-obatan hasil kemajuan terknologi tersebut tidak hanya obat-obatan modern dalamm bentuk pil atau kapsul tetapi juga obat-obatan herbal atau tradisional yang berasal dari bahan-bahan alami. Obat-obatan herbal tersebut nampaknya mencuri perhatian dari masyarakat karena dirasa lebih aman tanpa menimbulkan efek samping. Selain itu, harga dari obat-obatan herbal juga lebih terjangkau dibandingkan dengan harga obat-obatan modern. Salah satu jenis obat herbal yang memiliki banyak khasiat adalah daun salam. Dalam artikel ini akan dijelaskan khasiat daun salam sebagai obat tradisional untuk asam urat. Sebenarnya ada banyak manfaat lain dari daun tersebut seperti untuk mengobati maag, hipertensi, dan diare namun fokus dari artikel ini adalah cara penggunaan daun salam untuk mengobati asam urat.

Bagaimana Seseorang Dapat Terserang Asam Urat

Salah satu khasiat dair daun salam adalah untuk mengobati asam urat. Asam urat sendiri adalah sebuah hasil dari metabolism yang berisi sisa protein yang tercerna yaitu daging, hati, ginjal dan beberapa jenis sayuran seperti kacang dan bunci. Selain itu, asam urat juga dihasilkan dari penguraian senyawa purin yaitu sel tubuh yang rusak yang seharusnya dibuang dalam proses pencernaan melalui ginjal, feses atau keringat. Tubuh yang sehat memiliki kadar asam urat antara 3 sampai 7 mg/ml. Pria memiliki kadar asam urat antara 2,1 sampai 8,5 mg/dl dan wanita memiliki kadar asam urat antara 2,6 sampai 6,6 mg/dl. Kadar asam urat akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia sehingga penderita asam urat kebanyakan adalah orang-orang yang sudah tua. Seseorang akan terkena penyakit asam urat apabila kadar asam urat mereka lebih dari 12 mg/dl.

 

Mereka yang memiliki kadar asam urat yang tinggi di dalam darah akan terjadi pengendapan asam urat tersebut di dalam persendian dalam bentuk kristal yang menjarum. Bentuk kristal tersebut ternyata merupakan benda asing bagi tubuh dan sistem imunitas dalam tubuh memerintahkan IgG untuk memanggil sel darah putih untuk menghilangkan kristal-kristal tersebut. Asam urat pada umumnya menyerang secara tiba-tiba tanpa adanya gejala-gejala awal. Biasanya, serangan asam urat terjadi pada malam hari yang menyerang sendi ibu jari kaki, tumit, lutut, pergelangan tangan dan kaki, jari tangan serta siku.

Daun Salam Untuk Mengobati Asam Urat

Asam urat dapat disembuhkan dengan mengkonsumi obat-obatan dari dokter. Masalah lain akan muncul apabila obat-obatan tersebut tidak dapat menyembuhkan asam urat dan obat herbal adalah alternatif yang jitu yang harus dicoba. Daun salam adalah salah satu obat herbal yang berkhasiat menyembuhkan asam urat. Daun ini sudah lama digunakan oleh penduduk Indonesia untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk asam urat. Pada zaman dahulu, hanya orang-orang desa yang menggunakan ramuan daun salam tetapi sekarang orang-orang dari berbagai kalangan masyarakat telah menggunakan ramuan herbal ini untuk menyembuhkan asam urat.

Daun salam memiliki kandungan tannin, flavonoid, alkaloid dan minyak atsiri yang terdiri dari eugenol dan sitrat. Jika obat herbal dari daun salam tersebut dikonsumsi oleh penderita asam urat maka mereka akan sering buang air kecil karena daun salam mampu memperbanyak urin sehigga kadar asam urat dalam darah akan menurun. Kemudian, rasa nyeri pada sendi akan hilang apabila penderita asam urat rajin meminum obat herbal tersebut.

Cara Penggunaan Daun Salam Untuk Mengobati Asam Urat

Daun salam memiliki kemampuan untuk menyembuhkan asam urat seperti menghilangkan rasa nyeri yang muncul pada tengah malam yang menyerang persendian ibu jari kaki. Selain itu, bengkak di bagian tubuh yang terasa nyeri akan hilang jika Anda rajin minum ramuan herbal dari daun salam tersebut. Rasa panas, demam, ruam, sakit tenggorokan, dan kulit yang berwarna kemerahan akan hilang dengan daun salam. Memang butuh ketlatenan dan kesabaran untuk mengobati asam urat dengan daun salam. Perlu waktu yang bertahap sampai akhirnya asam urat benar-benar hilang dari tubuh Anda. Untuk mengobati asam urat dengan daun salam caranya adalah dengan merebuh 10 lembar daun salam dengan 700 cc air dan ½ batang daun sere sampai tersisa 200 cc air. Setelah mendidih, dingingkan air rebusan tersebut dan minum dengan rutin 1 atau 2 gelas setiap hari.

Untuk dapat sembuh secara total dari derita asam urat, selain mengkonsumsi air rebusan daun salam Anda juga harus menghindari beberapa makanan yang dapat memicu kenaikan kadar asam urat dalam darah. Beberapa makanan yang harus dihindari penderita asam urat adalah:

  1. Seafood seperti udang, remis, kepiting, cumi-cumi serta tiram.
  2. Beberapa jenis minuman yang mengandung alkohol seperti tape, bir, dan tuak.
  3. Makanan kaleng seperti kornet, sarden, dan makanan lain yang dikemas di dalam kaleng.
  4. Jeroan seperti usus, hati, rempela, paru, otak, jantung serta ginjal.
  5. Beberapa jenis buah-buahan seperti durian, melinjo, alpukat, dan air kelapa muda.

Beberapa makanan juga disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat guna menurunkan kadar zat tersebut dalam darah seperti:

  1. Makanan yang mengandung zat purin rendah seperti tahu dan telur.
  2. Mengkonsumsi susu rendah lemak atau tanpa lemak.
  3. Mengurangi asupan makanan yang digoreng dan menggantinya dengan mengukus, merebus atau memanggang.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

refleksi_1

Asam Urat Dengan Kolesterol; Apa Bedanya?

Obat-online.com | Asam urat dan kolesterol adalah dua penyakit yang sangat umum di tengah perbincangan …