Home / Seputar Asam Urat / Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami dan Sehat

Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami dan Sehat

Pengertian Asam Urat

Asam urat adalah penyebab utama terjadinya rematik pada tubuh sehingga tubuh merasakan nyeri pada persendian. Asam urat adalah sebuah asam yang berbentuk kristal yang merupakan produk dari hasil akhir metabolisme atau pemecahan purin yaitu suatu protein. Purin diproduksi secara alami oleh tubuh dan terdapat pada beberapa jenis sayuran seperti bayam, kacang-kacangan serta juga terdapat pada hewan seperti daging merah, jeroan, sarden. Asam urat memiliki sifat yang sukar larut bersama dengan cairan tubuh dan asam urat mudah sekali untuk mengendap jika kadarnya meningkat sedikit saja dari batas normal. Dalam tubuh asam urat akan diekskresikan atau dikeluarkan sebagain besar melalui ginjal dan sisanya melalui hati.

Jumlah penderita gangguan sendi yang salah satu faktor penyebabnya adalah asam urat, menurut WHO mencapai 81% dari total populasi di Indonesia. Dan yang lebih mencengangkan, tidak sampai seperempat dari jumlah penderita gangguan sendi tersebut yang konsultasi dengan dokter terkait dengan sakit yang dideritanya. Sementara bagi orang yang menderita gangguan sendi, hamper 30% tidak berusaha mengobati sakitnya dengan pereda nyeri yang dijual bebas. Jumlah penderita gangguan sendi tersebut menempatkan Indonesia sebagai peringkat pertama negara dengan penduduk yang memiliki gangguan sendi. Khusus untuk penyakit asam urat, jumlah dari penderitanya adalah 11,9% dari total populasi di Indonesia. Yang artinya 1 dari 10 orang di Indonesia menderita penyakit asam urat.

Asam urat adalah satu dari sekian penyebab sakit yang sering dikeluhkan oleh wanita maupun pria dewasa. Seperti halnya pada kandungan-kandungan lainnya pada tubuh manusia, asam urat juga memiliki nilai normal dalam tubuh yang dibedakan berdasarkan usia dan jenis kelamin. Sebelum pubertas, kadar asam urat pada laki-laki dan perempuan rata-rata 3,5mg/dL, setelah pubertas, kadar asam urat laki-laki dapat meningkat secara bertahap dan mencapai kadar 5,2 mg/dL, sedangkan pada perempuan cenderung tetap rendah karena memiliki hormone esterogen yang dapat berfungsi untuk mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh. Peningkatan kadar asam urat perempuan seringkali tercatat pada waktu memasuki masa menopause. Pada saat tersebut kadar asam urat wanita dapat mencapai 4,7 mg/dL.

Selama kadar asam urat masih dalam rentang nilai normal, maka tubuh tidak akan mengalami sakit. Tubuh akan mulai merasakan gejalanya apabila telah mencapai lebih dari nilai normal tersebut. Hiperurisemia adalah istilah yang jamak digunakan dalam dunia medis untuk menyatakan peningkatan asam urat dalam tubuh. Penyebab asam urat adalah karena telah terjadi penjenuhan akibat dari konsentrasi asam urat dalam tubuh telah melewati nilai normal. Faktor yang dapat menyebabkan hiperurisemia diantaranya adalah karena produksi asam urat berlebih karena makanan atau hal lainnya, pembuangan asam urat dari tubuh melalui ginjal berkurang, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut.

Penyebab Asam Urat

Penyebab asam urat yang tinggi akibat dari faktor menurunnya pembuangan di ginjal, hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya adalah penderita sedang mengonsumsi suatu obat yang efeksampingnya dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Contohnya adalah obat Tuberculosis dan beberapa obat hipertensi. Beratnya olahraga yang dilakukan sehingga menyebabkan menumpuknya asam laktat di dalam otot yang kemudian dimetabolisme atau dipecah menjadi asam urat. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan juga karena bebrapa penyakit seperti hipertensi, gagal ginjal dan hipertiroid.

Asam urat memiliki bentuk berupa kristal yang memiliki ujung runcing dan tajam seperti jarum. Penumpukan asam urat pada persendian inilah yang kemudian menjadi penyebab terjadinya inflamasi atau peradangan dan kemudian menjadi serangan gout atau nyeri yang hebat. Penumpukan asam urat ini berbahaya bagi tubuh dan tidak dapat dianggap remeh, apabila penanganannya tidak sesuai atau terlambat maka dapat membuat kerusakan pada sendi dan jaringan lunak serta dapat menyebabkan batu ginjal atau dalam istilah medisnya adalah nephrolithiasis urat.

Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Nyeri yang dirasakan oleh orang yang menderita asam urat mengganggu aktivitasnya. Gangguan aktivitas tentu akan mempengaruhi dari kualitas hidup orang tersebut sehingga perlu untuk disembuhkan. Selain itu apabila tidak segera diobati dan dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang, penimbunan asam urat akan menyebabkan berbagai macam komplikasi, contoh adalah sebagai berikut :

Tophi/tofus


Menumpuknya asam urat dalam jangka waktu yang lama menyebabkan pengendapan asam urat yang kemudian menimbulkan benjolan kecil yang disebut dengan Tophi atau Tofus. Benjolan tersebut yang memiliki warna kekuningan atau keputihan biasanya muncul di bagian siku, lengan, ibu jari kaki dan tangan, telinga, tumit, lutut dan sepanjang punggung pergelangan kaki.
Meskipun tidak begitu terasa nyeri, namun tophi dapat menjadi peradangan dan menjadi bengkak saat datang serangan asam urat. Selain itu tophi biasanya juga mengeluarkan cairan yang kental seperti pasta gigi. Tentu hal ini akan sangat mengganggu dari aktivitas sehari-hari.

Kerusakan Sendi


Sendi juga dapat mengalami kerusakan apabila terjadi pengendapan asam urat dalam jangka waktu lama. Masalah ini terjadi saat kadar asam urat melewati nilai normal sehingga sudah tidak dapat dikontrol dan menyebabkan sendi kaku serta sulit digerakkan. Biasanya kerusakan sendi terjadi setelah munculnya tophi. Karena sudah masuk stadium lanjutan maka perlu dilakukan operasi untuk pengobatannya.

Batu Ginjal


Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang berfungsi sebagai saluran eksresi atau pembuangan zat-zat yang sudah tidak berguna bagi tubuh salah satunya adalah asam urat. Karena asam urat tidak mudah larut dengan cairan tubuh maka penumpukan asam urat di ginjal dalam jangku waktu yang lama dapat menjadi batu asam urat. Bila dibiarkan hal ini dapat mengganggu kinerja dari ginjal itu sendiri dan dapat menyebabkan komplikasi lainnya yang lebih serius.

Diabetes


Menurut penelitian dari seorang professor dari Standford University, California, yang bernama Khrisnan menunjukkan bahwa kandungan asam urat yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan resiko diabetes sebesar 20% dan memicu gagal ginjal sebesar 40%.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Segera periksakan diri anda ke dokter apabila tubuh anda merasakan salah satu dari beberapa hal yang sudah disebutkan di atas. Lakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam tubuh untuk mengetahui apakah asam urat dalam tubuh anda normal atau tidak. Apabila hasil yang didapat kurang menggembirakan, anda tidak perlu bersedih hati karena asam urat dapat disembuhkan dan obatnya ada banyak sekali. Mulai dari obat asam urat apotek hingga obat asam urat alami dari tumbuhan.

Berikut adalah obat asam urat alami yang dapat dicari di sekitar rumah anda :

Lemon atau Jeruk Nipis


Kandungan kimia yang terdapat pada lemon dan jeruk nipis dapat membantu untuk merangsang tubuh menghasilkan kalsium karbonat yang berfungsi untuk menetralkan asam urat dalam tubuh.

Daun Salam


Tidak hanya sebagai senjata untuk memasak, manfaat daun salam juga untuk meningkatkan kerja ginjal, meningkatkan volume urine, hingga meredakan nyeri akibat dari peradangan.

Daun Sambiloto


Dibalik rasanya yang sangat pahit, sambiloto adalah satu dari sekian tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam penyakit, diantaranya adalah untuk meredakan nyeri, melancarkan air seni bagi penderita batu ginjal, termasuk salah satunya adalah untuk mengobati asam urat.

Jahe Merah


Jahe merah dapat dimanfaatkan untuk membantu melancarkan sirkulasi dari darah, sehingga asam urat yang menumpuk dalam darah dapat dengan mudah dikeluarkan dari tubuh.

Meniran


Tanaman ini banyak dijumpai tumbuh liar di sekitar rumah, bahkan kadang dianggap sebagai hama, padahal tanaman ini kaya akan manfaat. Meniran telah terbukti dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meniran juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami dari tumbuhan untuk asam urat.

Daun Sirsak


Sudah sejak lama dan telah menjadi rahasia umum bahwa daun sirsak memiliki berbagai manfaat yang salah satunya adalah untuk mengobati asam urat.

Untuk mendapatkan obat herbal asam urat dari tumbuhan tersebut, anda sudah tidak perlu lagi berkeliling ke pekarangan rumah atau ke sawah untuk mendapatkannya. Anda juga tidak perlu lagi repot-repot untuk mengolahnya karena semuanya sudah terdapat di obat-online.com, anda tinggal klik saja lalu bayar, segera obat yang anda pesan akan sampai di rumah dengan selamat

Comment

comments

About faizal

Check Also

Sarang Semut Sang Penyembuh Asam Urat

Bagi penderita seringkali merasakan nyeri pada persendian, baik kaki maupun tangan. Nyeri yang dirasakan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *