Home / Seputar Asam Urat / Cerdas memilih makanan penurun asam urat

Cerdas memilih makanan penurun asam urat

Obat-online.com | Asam urat merupakan penyakit yang diakibatkan oleh menumpuknya kadar asam urat dalam darah yang sangat tinggi yang kemudian membentuk kristal di sekitar sendi.

Gejala Asam Urat

Ada beberapa gejala yang bisa mengindikasikan bahwa Anda terserang penyakit asam urat; diantaranya:

  1. Rasa ngilu pada persendian khusunya jari-jari tangan, kaki, tumit, lutut, dan siku-siku.
  2. Bengkak pada persendian dan berwarna merah karena terjadi peradangan.
  3. Rasa ngilu yang sangat pada malam atau pagi hari.
  4. Pada kondisi akut, rasa ngilu yang muncul di sekitar persendian akan berubah menjadi sakit, bahkan akan sangat sakit ketika bagian persendian tersebut digerakkan.

Makanan yang Harus Dihindari ketika Terkena Asam Urat

Karena tingkat purin yang sangat tinggi dalam darah, para penderita asam urat harus menghindari makanan-makanan yang mengandung purin tinggi yang akan beresiko meningkatkan asam urat dalam darah. Berikut daftar makanan yang harus dihindari oleh para penderita asam urat:

  1. Daging merah: sapi, kambing, dan kuda.
  2. Daging putih: Ayam, bebek, kalkun, dan burung.
  3. Segala jenis jeroan baik dari daging merah, daging putih, atau ikan laut.
  4. Semua jenis ikan laut.
  5. Kacang-kacangan: buncis, kacang panjang, kacang merah, kacang tanah, kacang hijau, juga melinjo.
  6. Sayuran: bayam, buncis, jamur kuping, kembang kol, daun singkong, dan daun pepaya.
  7. Buah-buahan: nanas, air kelapa, dan durian.
  8. Olahan susu: susu, keju, yogurt, dan es krim
  9. Makanan gorengan
  10. Makanan kaya protein dan lemak: telur, gajih, sumsum dll
  11. Segala jenis makanan kalengan

Makanan Penurun Asam Urat

Sementara itu ada beberapa makanan yang sangat efektif untuk menurunkan Asam Urat; diantaranya:

  • Apel

Satu butir apel setiap hari sesudah makan bisa menjadi awal yang baik untuk menetralkan asam urat dalam tubuh. Asam malat yang terkandung dalam buah apel dipercaya mampu menatralkan asam urat yang tinggi. Anda juga bisa mengambil alternatif lain yakni cuka apel.

  • Buah cerry

3 sendok cuka air dilarutkan dalam 8 ons air dan diminum 2-3 kali sehari juga bisa menjadi penetral asam urat dalam tubuh.

  • Ekstrak biji seledri

Anda bisa mencampurnya dalam makanan atau langsung mengonsumsinya untuk alternatif herbal mengatasi asam urat yang tinggi dalam tubuh.

  • Jeruk nipis

Anda juga bisa membuat minuman dengan perasan jeruk nipis. Minum 2 kali sehari dan Anda akan merasakan khasiatnya. Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis merupakan pelarut asam urat yang baik.

  • Berries

Stroberi dan bluberi memilki sifat anti-inflamasi yang bisa Anda jadikan makanan wajib sehari-hari. Bisa juga Anda mengonsumsinya sebagai pengganti gorengan atau camilan tidak sehat lainnya.

  • Buah dan sayuran kaya vitamin C

Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C mampu memaksa asam urat larut dan terbuang bersama urin. Jadi Anda bisa mengonsumsi tomat, jeruk, kiwi, atau lemon. Selain itu, buah-buahan dan sayuran ini bisa menjadi peluntur lemak tubuh yang sehat.

  • Pisang

Mengonsumsi 8-9 pisang sehat selama empat hari berturut-turut juga bisa mengurangi rasa sakit akibat peradangan pada sendi yang ditimbulkan akibat asam urat yang tinggi. Jadi jangan ragu-ragu untuk mengonsumsi buah yang juga bisa menimbulkan rasa bahagia ini.

  • Makanan tinggi serat

Brokoli, oat, apel, wortel adalah beberapa contoh makanan tinggi serat yang bagus untuk para penderita asam urat.

  • Coklat hitam

Kandungan asam teobromin dalam coklat hitam mampu menjaga keseimbangan kadar asam urat dalam tubuh.

  • Salmon

Sementara itu, ikan salmon yang tinggi omega 3 mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan di persendian akibat asam urat tinggi.

  • Teh hijau

Minuman yang telah dikenal sebagai minuman kesehatan ini juga bisa dikonsumsi oleh para penderita asam urat untuk menjaga kestabilan asam urat dalam tubuh.

  • Black plum

Karena menganudng serat alami, buah yang satu ini juga sangat bagus untuk menurunkan asam urat tinggi dalam darah.

12 makanan yang disebut di atas ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi secara aman bagi para penderita asam urat.

Air dan Olahraga Rutin

Selain itu, olahraga secara rutin juga akan sangat baik untuk para penderita asam urat. Karena beberapa penderita khususnya penderita asam urat akut akan sangat kesulitan untuk menggerakkan badan khususnya persedian, maka dianjurkan melakukan olahraga-olahraga ringan seperti jalan kaki secara teratur. Ini akan sangat bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh juga membakar lemak yang tidak berguna.

Mengonsumsi air 8 gelas sehari juga menjadi kurang bagi para penderita asam urat. Untuk mereka yang mengalami kadar asam urat tinggi, konsumsi air 9-10 gelas setiap hari menjadi sebuah kewajiban.

Pencegaha penyakit asam urat akan jauh lebih mudah jika Anda mau berdisiplin dalam menjaga kesehatan. Dengan menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang sehat, Anda akan bisa secara otomatis menjaga penyakit asam urat atau penyakit-penyakit lain yang diakibatkan oleh kebiasaan hidup yang buruk jauh-jauh hari. Karena, jika Anda sudah terkena penyakit ini maka pengobatannya akan semakin sulit dan terasa berat.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

asam-urat

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak …