Home / Seputar Asam Urat / Ciri-Ciri Asam Urat Tinggi yang Wajib Diketahui

Ciri-Ciri Asam Urat Tinggi yang Wajib Diketahui

Ciri Umum Asam Urat

Obat-online.com | Apa yang muncul dalam benak anda ketika mendengar kata “asam urat”?

Kebanyakan dari anda mungkin berpikir bahwa penyakit asam urat ini merupakan penyakit khas orang-orang lanjut usia atau yang berumur diatas 40 tahun. Nyatanya, bukan mereka saja yang menjadi sasaran penyakit ini.

Para remaja dan dewasa muda pun beresiko terkena serangan penyakit asam urat. Dan biasanya, para penderita tidak mengerti bagaimana ciri-ciri umum penyakit yang disebabkan oleh pengendapan kristal asam dalam darah ini.

Nah, salah satu indikator bahwa jumlah kadar asam urat anda patut diwaspadai adalah seringnya merasakan nyeri pada persendian dan mengalami kesemutan (umumnya pada kaki atau tangan).

Rasa sakit itu timbul karena terjadi endapan kristal asam berlebih dari hasil metabolisme purin. Ciri berikutnya adalah pembengkakan pada bagian yang terserang nyeri tersebut.

Bagian tubuh yang umumnya terkena radang sendi akibat kadar asam urat berlebih adalah lutut, punggung, siku, pergelangan kaki atau tangan, serta kaki dan tangan.

Sebenarnya asam urat lazim dihasilkan oleh tubuh untuk menyeimbangkan kadar asam di dalam tubuh. Tetapi bila proses pembuangan asam urat terhambat, maka akan terjadi penumpukan dan peningkatan kristal asam urat di dalam darah.

Ketika kadar asam urat sudah melampaui batas normal (atau hiperurisemia), selain mengakibatkan radang sendi, ginjal penderita juga tidak lagi bisa berfungsi seperti seharusnya. Penderita kemudian mengalami batu ginjal dan gangguan ginjal lainnya.

Indikator lainnya adalah ketika anda merasakan jantung berdetak jauh lebih cepat dari kondisi normal, kesulitan bernafas atau nafas menjadi pendek-pendek, nyeri dan bengkak pada hampir seluruh jari-jari kaki, atau pendarahan yang tidak kunjung berhenti.

Jika anda dalam masa mengkonsumsi obat atau vitamin (bukan obat asam urat) dan merasakan efek samping seperti gatal pada kulit, ini bisa juga menjadi peringatan bahwa kadar asam urat anda mulai tinggi.

Waspadai Tahapan Peningkatan Kadar Asam Urat

Normalnya, kadar asam urat pada pria adalah sekitar 3,5 sampai 7 mg/dL, dan antara 2,6 sampai 6 mg/dL pada wanita. Karena kita tidak mengetahui jumlah kadar asam urat di dalam tubuh, maka gejala-gejala dini asam urat seringkali diabaikan atau tidak pernah dirasakan.

Sehingga sebagian besar penderita, bahkan mungkin anda sendiri, baru menyadari tingginya kadar asam urat setelah melakukan tes darah yang menunjukkan kadar asam urat di dalam tubuh anda. Tahapan awal ini dalam istilah medis disebut hiperurikemia asimtomatik.

Selanjutnya, penderita asam urat akan merasakan nyeri, linu, atau panas yang hebat pada persendian, atau dikenal dengan serangan gout akut.

Pada bagian tersebut akan muncul warna kemerahan dan rasa gatal yang diikuti dengan terkelupasnya kulit saat sakitnya berangsur-angsur mereda. Saking parahnya nyeri yang terasa, bagian yang terkena radang ini cukup sensitif bila disentuh. Namun dalam waktu tak lebih dari 10 hari, rasa sakit ini akan lenyap bahkan tanpa bantuan obat.

Hampir sama dengan tahapan pada penyakit demam berdarah, ketika rasa nyeri dan panas hilang, kondisi ini merupakan ciri keadaan kritis (tahapan interval kritis).

Hanya saja tahapan ini terjadi dalam jangka waktu yang bervariasi (antara 6 bulan sampai 2 tahun, atau bahkan 5 sampai 10 tahun) setelah serangan gout akut sebelumnya. Tapi tunggu dulu, pada tahapan ini sebenarnya penderita memiliki peluang besar untuk mencegah serangan berikutnya.

Pada serangan gout tingkat lanjut, mulai timbul benjolan-benjolan (tofus) di sekitar bagian tubuh yang meradang. Tofus terbentuk akibat terlalu banyaknya massa kristal asam yang mengendap di dalam jaringan lunak.

Lalu tofus akan menghancurkan jaringan lunak, menyebabkan terbatasnya gerakan sendi, serta memperburuk fungsi ginjal yang sudah terganggu.

Kadar asam urat yang tinggi bisa pula berdampak pada kerusakan organ tubuh lainnya. Beragam penyakit penyerta asam urat tak bisa disepelekan karena termasuk penyakit-penyakit yang sangat membutuhkan penanganan medis secara serius.

Karena itu, penderita asam urat, atau anda yang sudah menyadari gejala dininya, dianjurkan untuk berkonsultasi sedetil-detilnya dengan dokter atau tenaga medis terpercaya. Terutama bagi anda yang pernah memiliki riwayat penyakit hati atau kanker, sebab obat-obatan yang akan diberikan dokter akan disesuaikan dengan kondisi tubuh anda.

Yang Penting Dilakukan Jika Kadar Asam Urat Meningkat

Apakah anda penyuka jeroan? Kacang? Blinjo? Makanan laut? Atau penyuka minuman beralkohol? Jika anda menjawab satu saja “ya” untuk pertanyaan tersebut, maka anda beresiko tinggi terkena serangan asam urat.

Beberapa makanan, terutama yang mengandung kadar purin cukup tinggi, merupakan pantangan bagi calon penderita serta penderita asam urat. Jangan tunda lagi untuk segera mengurangi resiko meningkatnya kadar asam urat.

Beranikan diri anda untuk mengucap “selamat tinggal” pada jenis makanan dengan kadar purin tinggi, antara lain jeroan, ekstrak daging, makanan kaleng, alkohol, dan juga tape (karena raginya).

Aturlah pola makan anda dengan mulai mengkonsumsi makanan yang kadar purinnya rendah atau sedang, seperti ikan, kacang, kol, bayam, asparagus, buncis, daun papaya, daun singkong, susu, telur, keju, dan buah-buahan. Selain itu, anda juga perlu menjaga asupan cairan dalam tubuh dan sebisa mungkin menghindari konsumsi kafein.

UratGout

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

asam-urat

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak …