Home / Daun Yacon / Daun Yakon, Herbal Primadona Bagi Penderita Diabetes

Daun Yakon, Herbal Primadona Bagi Penderita Diabetes

Diaconabet.Com || Tanaman herbal nampaknya mulai populer saat ini. Selain dapat mengobati berbagai macam penyakit, tanaman herbal juga dipercaya tidak memiliki efek samping. Dari ratusan jenis tanaman herbal, daun Yakon kini menjadi incaran pasien penderita diabetes.

Setelah mengetahui Manfaat Daun Yakon mereka beralih dari obat-obatan yang mengandung bahan kimia ke tanaman herbal yang ternyata memiliki khasiat menakjubkan. Seperti apakah daun Yakon tersebut dan apa saja manfaatnya? Mari kita simak ulasan singkat mengenai asal muasal daun Yakon serta berbagai macam manfaatnya.

Mengenal Asal Muasal dan Struktur Daun Yakon

 

Daun Yakon memiliki nama ilmiah Smallanthus sonchifolius yang berasal dari Amerika, tepatnya dari pegunungan Andes, Peru. Tanaman herbal ini pertama kali ditemukan oleh suku Indian Peru dan digunakan sebagai bahan ramuan obat.

Tanaman Yakon yang juga dikenal dengan daun insulin tersebut dibukukan untuk pertama kalinya oleh kolumnis Guaman Poma dari Ayala pada tahun 1615. Kolumnis tersebut membukukan tanaman Yakon sebagai satu dari 55 tanaman herbal asli yang tumbuh di daerah Andes.

Yakon merupakan keluarga dari Asteraceae yang memiliki umbi akar dan bunga berwarna kuning cerah. Tanaman ini dapat mencapai tinggi sekitar 3 meter sehingga selain sebagai tanaman obat herbal, Yakon juga dapat ditanam sebagai tanaman hias karena ketinggian dan bunganya yang cantik.

Manfaat Daun Yakon bagi Tubuh

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Sri Widowati, seorang peneliti dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor, daun Yakon memiliki kandungan insulin yang tinggi. Daun Yakon memiliki unit-unit yang mengandung gula-gula fruktosa yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan manusia namun unit-unit tersebut dapat difermentasi oleh besar.

Hasil lain dari penelitian tentang khasiat daun Yakon adalah mampu meningkatkan konsentrasi insulin plasma yang dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah. Selain itu, daun insulin ini juga mengandung ekstrak Etanol yang juga dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah secara signifikan.

Kemudian, daun Yakon juga mengandung antioksidan yang berupa chlorogenic acid yang dapat menghambat kerusakan sel beta yang terdapat pada pankreas.

Berikut adalah manfaat dari daun Yakon bagi tubuh:

1. Meningkatkan kadar insulin dalam tubuh

2. Mencegah dan mengobati diabetes

3. Menurunkan kadar trigiserida dalam darah

4. Penguat hati sekaligus sebagai obat hati

5. Anti murobial untuk ginjal dan infeksi pada kandung kemih

6. Sebagai antioksidan dalam tubuh

Cara Membuat Teh Daun Yakon

Terlepaas dari khasiat daun Yakon yang sangat banyak bagi tubuh, tanaman tersebut ternyata tidak mudah dijumpai di Indonesia karena termasuk tanaman langka. Namun para konsumen tidak perlu khawatir karena sudah banyak produk kesehatan dari daun Yakon dalam bentuk kapsul herbal yang dapat dibeli di apotek-apotek di Indonesia.

Harga olahan daun Yakon tersebut juga dibandrol dengan harga yang tidak terlalu mahal. Bagi mereka yang ingin mendapatkan khasiat daun Yakon namun tidak mau ribet kapsul Yakon adalah alternatif praktis.

Sebaliknya, jika Anda tetap ingin menjaga kealamian daun Yakon, membuat teh dari daun tersebut mungkin dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk mengkonsumi daun herbal ini.

Membuat teh dari daun Yakon tidaklah sulit. Siapkan 5 helai daun Yakon yang sudah dikeringkan dengan cara dijemur. Setelah benar-benar kering, tumbuk daun-daun tersebut sampai halus dan menghasilkan 15 gram serbuk. Kemudian, seduh serbuk tersebut dalam 3 gelas berisi masing-masing 600 ml air mendidih. Aduk serbuk dengan air mendidih tersebut sampai Anda mendapatkan air berwarna hijau pekat. Minum air tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari layaknya aturan minum obat yaitu di pagi, siang dan malam hari.

Cara Membuat Obat Diabetes dengan Umbi Yakon

Selain daun Yakon yang dapat dibuat teh secara tradisional, umbi tanaman Yakon juga dapat dimanfaatkan sebagai obat diabetes. Cara membuat ramuan obat diabetes dari umbi Yakon sangatlah mudah. Siapkan umbi Yakon secukupnya.

Kupas kulit umbi dan cuci sampai bersih. Untuk campuran umbi, siapkan beberapa jeruk lemon dan jeruk nipis. Peras kedua jenis jeruk tersebut dan sisihkan.

Potong-poting umbi Yakon dan blender bersamaan dengan perasan jeruk lemon dan jeruk nipis. Jika terlalu kental Anda dapat menambahkan sedikit air dan blender kembali umbi tersebut sampai menjadi jus. Setelah selesai, minum jus umbi Yakon 2 kali sehari untuk membantu menurunkan kadar gula darah dan mencegah timbulnya penyakit diabetes.

 

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *