Home / Seputar Asam Urat / Di Balik Daun Salam Tersimpan Banyak Khasiat

Di Balik Daun Salam Tersimpan Banyak Khasiat

Obat-online.com | Daun salam adalah salah satu daun yang memiliki banyak khasiat. Daun yang memiliki nama latin Syzygium polyanthum ini biasanya digunakan oleh ibu-ibu sebagai bumbu dapur. Daun ini memiliki kemampuan untuk mengharumkan masakan seperti gulai dan pepes. Kemampuan daun salam untuk mengharumkan masakan membuat selera makan meningkat. Selain memiliki fungsi untuk mengharumkan masakan, daun salam juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Daun hijau tua ini digunakan sebagai obat tradisional. Beberapa penyakit seperti maag, diare, asam urat, kencing manis, hipertensi sampai mabuk akibat minum alkohol dapat disembuhkan dengan daun salam. Berikut penjelasan mengenai khasiat dan kandungan daun salam.

Khasiat Obat Herbal Daun Salam Untuk Kesehatan

Daun salam memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Pertama, daun salam dapat mengobati asam urat. Caranya rebus 10 lembar daun salam dengan 700cc air atau 3,5 gelas belimbing sampai tersisa satu gelas. Saring air tersebut dan minum selagi hangat. Anda dapat minum 2 sampai 3 gelas rebusan daun salam sampai khasiatnya terasa. Kedua, daun salam dapat digunakan untuk mengobati diare. Caranya, ambil 15 gram daun salam, cuci sampai bersih dan rebus dengan 1 gelas air bersih sampai mendidih. Saat mendidih tambahkan sedikit garam, dinginkan, saring lalu Anda dapat meminumnya sesering mungkin sampai diare berhenti. Ketiga, daun salam dapat menurunkan kolesterol yang tinggi. Caranya, rebus 7 lembar daun salam beserta 30 gram daun ceremai dengan 600 cc air. Rebus sampai tersisa 300 cc. Dinginkan lalu minum secara teratur.

Keempat, daun salam dapat mengobati kencing manis dengan merebus 7 lembar daun salam dengan 3 gelas air bersih. Rebus sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring dan minum 2 kali dalam sehari. Kelima, daun salam dapat mengobat sakit maag. Rebus 15 sampai 20 lembar daun salam dengan ½ liter air sampai mendidih. Tambahkan sedikit gula, dinginkan dan minum sebagai teh setiap hari. Minum sampai rasa perih di lambung menghilang. Keenam, daun salam dapat menghilangkan penyakit kulit seperti kudis dan gatal-gatal. Cara membuatnya, ambil segenggam daun salam, cuci sampai bersih dan haluskan sampai menjadi adonan seperti bubur. Oleskan adonan tersebut ke area yang gatal. Gunakan daun salam yang dihaluskan tersebut sampai gatal-gatal hilang.

Kandungan Daun Salam

Daun salam memiliki beberapa kandungan yang membuatnya menjadi daun herbal yang berkhasiat. Daun ini memiliki kandungan kalori, karbohidrat dan serat, mineral, dan vitamin A, B6, B9 dan C. Selain itu, daun salam juga merupakan sumber kalsium, zat besi dan mangan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Daun salam juga berisi zat folat dan hasil penelitian juga menemukan beberapa kandungan lain dari daun tersebut. Terdapat zat tannin, minyak asiri dan flavonoid yang dapat mengedalikan kadar glukosa dalam darah atau disebut sebagai efek hipoglikemik. Dengan kandungan tersebut maka daun salam memiliki kemampuan menekan kadar gula darah yang tinggi.

Manfaat Lain dari Daun Salam

Selain memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam, daun salam juga berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut. Ada beberapa jenis daun salam dan daun salam koja adalah daun salam yang membantu mencegah uban tumbuh di usia dini. Cara membuat ramuan dari daun salam koja adalah dengan mencampur daun salam koja dengan minyak rambut untuk direbus secara bersamaan. Setelah direbus selama beberapa menit, dinginkan campuran daun koja dan minyak rambut tersebut dan gunakan sebagai hair tonic pada rambut setiap hari.

Manfaat daun salam yang lain adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengunyak beberapa lembar daun salam koja atau menambahkan daun tersebut di menu sehari-hari Anda. Dengan menjaga pola makan dan mengkonsumsi daun salam koja makan secara bertahap berat badan Anda akan turun. Daun salam koja juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Cara menyajikannya yaitu dengan merebut beberapa lembar daun salam dengan air dengan api kecil selama 1 jam. Tunggu sampai mendidih dan saring rebusan daun salam koja tersebut lalu kemudian diminum.

Menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi daun salam. Dengan mengkonsumsi daun salam dalam keadaan mentah atau dicampurkan ke dalam masakan maka Anda telah menjaga kesehatan mata Anda. Jika Anda tidak suka makan daun salam dalam keadaan mentah maka mencampurnya dengan masakan lain adalah alternatif yang efisien. Jika Anda tidak suka mengkonsumsi daun salam secara mentah ataupun dicampur ke dalam masakan membeli produk kapsul daun salam menjadi pilihan yang tepat. Sekarang ini ada banyak produk olahan daun salam dalam bentuk kapsul yang dapat Anda beli di apotek terdekat.

Meskipun dalam bentuk kapsul khasiat daun salam tidak akan berkurang. Selain membeli produk olahan daun salam dalam bentuk kapsul di apotek, Anda juga bisa membelinya di toko-toko online. Mereka yang tidak mau repot cenderung memilih untuk membeli produk olahan kapsul daun salam secara online karena hanya dengan mentransfer sejumlah uang produk yang dibeli akan diantar ke rumah mereka. Khasiat daun salam memang banyak bagi tubuh kita dan tidak ada salahnya jika kita mengkonsumsi ramuan herbal tersebut terlepas dari banyaknya obat-obatan yang banyak mengandung bahan kimia.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

asam-urat

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak …