Custom Search
Home / Daun Yacon / Fakta Daun Yakon yang Perlu Anda Ketahui
Custom Search

Fakta Daun Yakon yang Perlu Anda Ketahui

Daun yakon atau yang lebih populer disebut dengan daun insulin adalah daun yang berkhasiat untuk menurunkan kandungan gula darah, sehingga cocok dikonsumsi untuk para penderita diabetes. Berikut ada beberapa fakta menarik seputar daun yakon, diantaranya adalah :

• Habitat asli Tanaman Yakon.

Daun yakon merupakan tanaman asli dari benua Amerika, tepatnya di daerah lereng gunung Andes, Peru, Amerika Selatan. Sejak zaman dahulu tanaman yang juga dikenal dengan nama sunflower ini digunakan oleh penduduk sekitar pegunungan Andes untuk obat herbal yang meningkatkan imunitas tubuh. Tumbuhan ini dikenal dengan sebutan sunflower karena tumbuhan ini memiliki bunga yang menyerupai matahari dalam istilah Indonesia disebut ; bunga matahari, daun yakon memiliki bentuk segitiga dan tidak berjari, memiliki bulu-bulu halus disetiap batangnya.

• Tanaman Yakon Di Indonesia.

Pada awalnya tanaman yakon masuk ke kawasan Indonesia sebagai tanaman hias, hal ini dikarenakan tanaman yakon memiliki bunga yang cantik. Di Jawa, tumbuhan semacam ini ada seperti halnya Rondo Semayu dan Kembang Bulan namun tumbuhan ini berbeda jenisnya, jika Rondo semoyo ini tumbuh liar di daratan daun yakon berbeda ia hanya bisa tumbuh didaratan tinggi biasa banyak dibudidayakan di pegunungan. Dengan banyaknya penelitian yang dilakukan ilmuwan mulai tahun 2009 sampai sekarang, perlahan – lahan tanaman yakon mulai banyank di budidayakan untuk komoditas obat – obatan herbal, terutama di daerah – daerah dataran tinggi.

• Taksonomi Tanaman Yakon

Secara ilmu biologi, klasifikasi tanaman yakon dibagi sebagai berikut :
• Kingdom : Plantae
• Divisi : Magnoliophyta
• Kelas : Magnoliopsida
• Ordo : Asterales
• Suku : Asteracea
• Genus : Smallanthus
• Spesies : smallanthus sonchifilius

Daun Yakon memiliki bentu tidak berjari dan melebar, daun Yakon bisa mencapai lebar 25-30 cm dengan ketinggian batang hingga dua meter, tanaman yakon memiliki akar yang dapat dapat tumbuh dan menyerap air . Akarnya bisa bebrentuk oval seperti kentang, dengan jumlah akar 4 sampai 20 buah tiap batangnya, akar ini dapat dimakan karena memiliki rasa yang manis.

• Budidaya Tanaman Yakon

Habitat tanaman yakon adalah daerah yang memiliki ketinggian berkisar 1350 MDPL, tanaman yakon membutuhkan kelembapan yang relative tinggi agar dapat tumbuh subur. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada area tanah yang memiliki kandungan air cukup dan pH netral. Temperatur yang cocok untuk budidaya tanaman yakon berkisar antara 18 sampai 25°C, perhatikan untuk memilih bibit daun yakon yang bagus agar menghasilkan tanaman yang berkualitas.

jual daun yakon

• Kandungan Daun Yakon

Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui kandungan dari daun yakon. Daun yakon memiliki kandungan seperti :

  1. Cholrogenic dan Caffeic, dimana dua zat tersebut berfungsi sebagai antioksidan.
  2.  Phenolic, yang berfungsi mengatur gula darah.
  3. ? fruktooligosakarida, yang berfungsi sebagai dislipidemia dan sindrom metabolik.

• Khasiat daun Yakon

Daun yakon dipercaya memiliki banyak khasiat, dari beberapa pengujian dan penelitian yang telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir, ada beberapa khasiat yang sudah teruji diantaranya adalah :

  1. Dengan mengkonsumsi seduhan daun yakon seberat 3.6 ml/ 200 gr dalam waktu 7 hari , dapat menurunkan kandungan LDL (Low Density Lipoprotein) dalam darah. LDL dikenal sebagai lemak jahat yang dapat menyebabkan penyakit kolestrol.
  2. Dengan mengkonsumsi eksta daun yakon sebanyak 300 mg/berat badan selama 14 hari, dapat menurunkan kandungan gula dalam darah dan menghambat kerusakan organ dalam. Daun yakon memiliki efek yang lebih baik daripada zat metformin yang berfungsi menghambat proses glukoneogenesis.
  3. Menjaga sistem pencernaan tubuh, kandungan ? fruktooligosakarida pada daun yakon dapat mengurangi penyerapak kolestrol pada usus dan memiliki efek prebiotik.
  4. Menurunkan tekanan darah tinggi.
  5. Konsumsi daun yakon dapat mengobati penyakit liver, hal ini di karenakan kandungan antioksidan yang dapat membantu kinerja organ hati.

Itulah informasi mengenai daun yakon ini, jika Anda ingin mencobanya, kami menyediakan serbuk yakon alami asli pegunungan di Wonosobo.

Untuk mengetahui produk ini silahkan klik => Daun Yakon

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

jual serbuk daun yakon

Jual Daun Yakon Powder / Daun Insulin Asli Najwa Herbal

Jual Daun Yacon Powder – Putus asa dengan penyakit diabetes yang tak kunjung sembuh? Mungkin Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *