Home / > Lain-lain / Sarang Semut / Gejala Penyakit Kanker dan Penjegahannya

Gejala Penyakit Kanker dan Penjegahannya

Pendahuluan

Sudah sering kita mendengar berbagai macam penyakit Kanker yang ada, mulai yang staidum rendah sampai stadium 4, dari yang mudah penyembuhannya sampai penyakit yang sulit di temukan pengobatanya.

Ketika kita mendengar penyakit kanker apa yang terfikir dalam benak anda? Orang yang terindikasi penyakit ini pasti akan mati, atau penyakit yang tidak mungkin bisa disembuhkan karena sulitnya informasi pencegahan penyakit berbahaya ini.penyakit Kanker

 

 

 

 

Oleh karena itulah banyak orang rela mengorbankan segalanya demi mencari pengobatan untuk kesembuhan penyakit ini. Akan tetapi sangat sedikit sekali masyarakat mencegah dari munculnya penyakit kanker.

ada pepatah mengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati, karena ketika kita sudah terindikasi penyakit ini biaya pengobatanyya sangatlah mahal.

kanker

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi tentang bagaimana cara mengobati dan mencegah dari timbunya penyakit kanker, baiknya kita memahami asal usul dari penyakit ini agar kita bisa meminimalisir terjangkitnya penyakit ini agar masyarakat terhidar dari penyakit yang berbahaya.

Definisi Penyakit Kanker

Awal kemunculan kanker adalah dengan indikasi ketidaknormalan pertumbuhan sel kanker yang tidak bisa terkendali dengan baik, dan sel tersebut mempunyai kemampuan menyamar ke sel-sel sehat yang ada di dalam organ bertujuan untuk merusak sistem sel yang sehat.

Penyakit kanker

Setiap sel yang ada dalam tubuh pasti memiliki pusat pengontrol untuk mengendalikan sel-sel organ yang ada alam tubuh manusia itu di sebut Nukleus.

Nukleus sendiri merupakan serangkaian rantai DNA yang beguna untuk pengontrol karakter dan bagaimana kinerja setiap masing-masing sel, termasuk berguna untuk memisahkan dirimenjadi banyak.

Biasanya, stiap sel yang ada dalam tubuh ketika mengalami proses pembelahan diri membutuhkan waktu yang telah ditentukan secara genetik pada sel yang sehat.

Tapi ketika memisahkan diri pada sel tersebut, data secara genetik pada sel di dalam susunan rantai DNA mengalami kerusakan yang tak tertendali bahkan hilang, ketika saat proses pemisahan sel pada kanker mengalami pembelahan yang tanpa terkendali dengan jumlah yang sangat banyak tak terhitung jumlahnya sehingga membentuk jaringan sel tumor.

Pembagian Macam-Macam Jenis Kanker

Sesuai jenis sel kanker yang terindikasi kanker dapat dibagi menjadi 5 bagian yaitu:

  1. Karsinoma, jenis kanker ini di awali dengan kemunculan dari jejaring yang ada pada kulit atau sel jejaring yang ada diluar organ dalam. Jenis kanker karsinoma sndiri di bagi menjadi beberapa subjenis anatara lain kkaker sel skuamosa, kanker sel transisi, kanker sel adenokarsinoma, dan kanker sel basal.
  2. Sarkoma, merupakan jenis kanker yang munsul dari jarinan ikat seperti jaringan pembuluh darah, jaringan lemak, jaringan rawan, jaringan tulang jaringan otot, jaringan.
  3. Leukimia, merupakan jenis kanker yang muncul dari jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang. Jinis sel ini menimbulkan pembuatan sel sel darah secara berlebihan sehingga menggangu kinerja aliran darah ke organ tubuh.
  4. Limfoma dan mieloma, merupakan jenis kanker yang muncul dari sel-sel yang ada pada sistem kekebalan tubuh.
  5. Kanker di otak dan sumsum tulang belakang, yaitu erupakan jenis kankr yang muncul dari jaringan sistem syaraf pusat.
    penyakit kanker

Selain dari kelima jenis kelompok kanker diatas kanke juga terbagi dari jenis yang disesuaikan dengan organ yang menjadi awal kemunculan kaknker berkembang tersebut seperti kanker payudara, dan kanker paru-paru.

Faktor Penyebab Kanker Dari Luar

Penyebab paling utama dari munculnya penyakit kanker adalah perpindahan dari DNA sel kanker, sehingga sel tersebut membelah diri dengan sangat cepat melampaui kecepatan sel yang biasanya.

sehingga megakibatkan penumpukan sel-sel baru yang tumbuh dan sel ini melebihi kebutuhan sel yang di butuhkan oleh organ, tidak berhenti sampai di situu sel ini akan terus berkembang dan tumbuh menjadi dewasa kemudia dia mengalami fragmentasi secara terus menerus tanpa batas.

Karena gen ini mengalamiperpindahan sehingga mengakibatkan gen ini tidak mampu bertugas untuk mengontror kerusakan apa saja yang ada pada sel DNA tersebut sehingga sel yang mengalami perkembang biakan yang berlebihan menjadi ganas.

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya perpindahan sel trsebut baik dari dalam atau dari luar sel.

Perpundahan sel yang berasal dari dalam biasanya diperoleh dari sifat genetis keturunan dari orang tau. Sedangkan faktor mutasi dari luar sel di picu dari zat-zat berbahaya yang dapat memicu mutasi dari sel tersebut, adapun berikut daftar zat yang dapat memicu mutasi sel antara lain:

  • Virus
  • Radiasi
  • Rokok
  • Hormon
  • Bahan kimia karsinogenik
    penyakit kanker

Faktor Penyebab kanker dari dalam

Ada juga faktor lain yang mengakibatkan mutasi sel dari luar yaitu obesitas(kegemukan berat badan).

kurngnya aktifitas pada tubuh dan berlebihnya lemak yang ada pada tubuh juga beresiko sel mengalami mutasi, dan diantara kedua faktor tersebut faktor dari alam yang lebih beresiko memicu mutasinya sel dari pada faktor yang ada di luar.

Adapun sebab-sebab lain yang mampu meningkatkan resiko orang terindikasi penyakit kanker adalah sebagai berikut:

  • Usia. Sel kanker yang ada di tubuh mengalamiperkembang biakan yang sangat lama oleh karena itu rata-rata para pasien yang terindikasi penyakit kanker berlanjut usia di atas rata-rata berumur 64 tahun.
  • Riwayat keluarga. Apa bila kita memiliki salah satu anggota keluarga kita ada yang pernah mengalami riwayat penyakit kanker kemungkinan besar kita akan mempunyai resiko terkena dampak penyakit kanker, karena mutasi genetik bisa di turunkan dari orang tua.
    Dianjurkan apabila ada anggota keluarga kita memiliki riwayat penyakit tersebut sebaiknya kita harus memeriksakan kondisi kita untuk menjalani tes genetik guna mendeteksi adanya perkembangan sel kanker di dalam tubuh kita.
  •  Kondisi kesehatan yang kronis. Adabeberapa daftar jenis penyakit kronis yang dapat memicu munculnya resiko penyakit kanker seperti contohnya kolitis ulseratif mampumemicu terjadinya penyakit kanker usus besar pada pasien.
  • Lingkungan. Ada juga faktor lingkungan di mana kita tinggal mampu menimbulkan resiko terjadinya penyakit kanker pada seseorang. Hal ini disebabkan oleh seyawa-senyawa kimia berbahaya seperti benzena dan asbestos. Umumnya senyawa kimia ini kita temui didalam rokok.
  • Infeksi. Ada beberapa menjadi sebeb munculnya atau pemicu peningkat resiko kanker yaitu virus. Misalnya adalah virus hepatitis B atau C yang menjadi faktor penyebab timbulnya kanker hati. Selai itu ada juga infeksi virus HPV(human papilloma virus), virus ini biasanya menyerang dinding rahim wanita ini disebut kanker serviks.
    penyakit kanker
  • Gangguan sistem imun. Orang yang sistem imunnya lemah juga rentan terkena penyakit kanker daripada orang yang memiliki sistem imun yang kebal. Gangguan sistem imun ini bisa muncul dari infeksi HIV/AIDS atau mengkonsumsi obat-obatan yang dapat melemahkan sistem imun tubuh.

Gejala Kanker

Penyakit kanker dapat menimbulkan beberapa gejala yang bermacam-macam tergantung kepada jenis kanker yang menyerang organ tubuh yang di derita oleh seseorang.

Berikut beberapa gejala yang paling sering di alami oleh para penderita penyakit kanker adalah:

  • Kelelahan dalam menjalani aktifitas dan merasa lemas.
  • Obesitas(Perbedaan berat badan tidak wajar seperti biasanya, bisa mengalami penurunan berat badan atau bertambahnya berat badan yang abnormal .
  • Munculnya benjolan yang tidak wajar atau penebalan yang terasa sakit di bawah kulit kaki.
  • Perubahan pada tekstur kulit, seperti kulit berwarna kuning, atau berwarna gelap, atau berwarna merah. Dapat juga berupa kelainan atau luka yang nyeri dan tidak kunjung sembuh.
  • Demam dan keringat malam dalam jangka waktu lama.
  • Perdarahan dan memar yang tidak jelas sebabnya.
    penyakit kanker

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, terutama gejala-gejala yang menetap dalam jangka waktu lama. dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke doker.

Faktor risiko dan riwayat kanker dalam keluarga juga perlu dikonsultasikan agar dapat dilakukan pemeriksaan skrining rutin, sehingga kanker dapat terdiagnosa sejak dini.

Pencegahan Kanker

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker adalah sebagai berikut:

  • Berhenti merokok. Merokok dapat meningkatkan risiko seseorang terkena berbagai jenis kanker, terutama kanker paru-paru.
  • Menghindari sengatan sinar matahai berlebihan. Sinar ultraviolet yang berbahaya dari matahari dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Hindari sengatan matahari dengan cara berdiam ditempat teduh, menggunakan pakaian tertutup, atau menggunakan tabir surya (sunscreen).
  • Mengatur pola makan yang sehat. Perbanyak makan buah-buahan, sayuran, biji-bijian (misalnya gandum), dan makanan yang kaya akan protein.
  • Berolahraga secara rutin setiap minggu. Olahraga rutin berpengaruh terhadap penurunan risiko kanker pada seseorang.
  • Menjaga berat badan. Mengalami kondisi obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker pada diri seseorang. Untuk menjaga berat badan agar tetap ideal dapat melalui menjaga pola makan sehat serta olahraga rutin.
  • Mengurangi dan menghentikan minum alkohol. Jika Anda aktif mengonsumsi alkohol, batasilah jumlah konsumsi menjadi 1-2 kali setiap hari.
  • Menjadwalkan pemeriksaan skrining rutin kanker.
  • Konsultasi vaksinasi dengan dokter. Beberapa jenis kanker disebabkan oleh virus sehingga bisa dihindari dengan vaksinasi.
    Contoh kanker yang dapat dihindari dengan vaksinasi adalah kanker serviks yang disebabkan infeksi HPV dan kanker hati yang disebabkan infeksi virus hepatitis.

Apabila anda ingin mengetahui artikel kami tentang kesehatan bisa anda kunjungi artikel dibawah ini ini:

 

 

 

Comment

comments

About muayyad

Check Also

Teh Herbal Dawa’ Sarang Semut Papua

Herbal Dawa’ sarang semut : Obat herbal adalah salah satu jenis obat yang saat ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *