Home / Pencegahan Diabetes / Hindari Makanan dan Minuman ini Agar Terhindar dari Diabetes

Hindari Makanan dan Minuman ini Agar Terhindar dari Diabetes

Pola hidup tak sehat dan pemicu tingginya kadar gula dalam darah

Diaconabet.Com – Tidaklah mudah menjaga pola hidup sehat saat ini. Faktor lingkungan dan kebiasaan menjadi dua hal penting yang seringkali tanpa disadari menjadi pemicu utama munculnya gangguan kadar gula darah dalam tubuh yang mengakibatkan diabetes. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui dan menjaga pola hidup sehat sehari-hari; termasuk menjaga asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita.

Makanan dan minuman yang bisa menyebabkan diabetes

Nah, untuk memastikan bahwa Anda telah memiliki pola makan sehat dan benar-benar jauh dari diabetes, berikut makanan dan minuman yang harus dihindari atau paling tidak dikurangi agar terhindar dari diabetes:

1. Teh manis

Dalam satu gelas teh manis, terkandung 250-300 kalori, sedangkan kebutuhan kalori manusia dewasa adalah sekitar 1000 kalori tergantung dari aktifitas yang dilakukan. Dari 2 gelas teh manis saja, kita sudah mendapatkan 600 kalori, belum ditambah dari makanan yang kita konsumsi seperti nasi, dan lauk-pauk selama 3 kali makan dalam satu hari. Apabila pola makan seperti itu tetap dilakukan, kemungkinan yang terjadi adalah obesitas atau diabetes.

2. Nasi

Sudah menjadi kebiasaan bagi penduduk Indonesia bahwa nasi adalah makanan pokok, sehingga ada anggapan bahwa jika kita belum memakan nasi, maka belum disebut makan. Padahal nasi adalah sumber karbohidrat yang tinggi serta mengandung glukosa yang dapat menaikkan kadar gula dalam tubuh manusia. Sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan diabetes.

3. Gorengan

Karena populernya makanan ini serta rasanya yang sangat menggoda, seringkali kita mengkonsumsi tidak hanya satu atau dua gorengan saja. Padahal sudah menjadi rahasia umum bahwa gorengan dapat menjadi faktor pemicu munculnya penyakit seperti kardiovaskular, stroke dan juga diabetes mellitus.

4. Cola atau Soda

Dalam kehidupan moderen seperti sekarang ini, mengonsumsi cola atau soda sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat. Cola atau soda mengandung sekitar 150 kalori dalam satu kalengnya. Dan apabila orang tersebut ketagihan minuman bersoda, maka akan meningkatkan resiko obesitas dan tentunya penyakit diabetes. Hal tersebut disebabkan karena kandungan pemanis buatan yang terdapat didalam minuman bersoda tersebut.

5. Camilan dengan kandungan gula yang tinggi

Kebiasaan ngemil ternyata juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes, terlebih apabila makanan yang dikonsumsi adalah keripik kentang, biskuit dan kue-kue manis. Karena makanan-makanan seperti keripik kentang, biskuit dan kue-kue manis tersebut mengandung tepung dan gula yang juga ikut mempunyai andil besar dalam peningkatan resiko terkena penyakit diabetes.

6. Permen

Selain kandungan gizinya yang kurang, permen juga mengandung gula yang tinggi dan karbohidrat yang berkualitas rendah. Hal ini akhirnya juga berkontribusi besar pada peningkatan berat badan/obesitas dan lonjakan gula darah dalam tubuh. Sehingga pada akhirnya dapat memicu munculnya penyakit diabetes mellitus.

7. Alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein adalah beberapa kandungan dalam minuman yang memperberat kinerja pankreas sebagai penghasil insulin dalam tubuh. Orang-orang yang mengonsumsi alkohol tidak sadar bahwa tidak hanya kandungan gula dalam minuman tersebut yang berbahaya tapi juga dapat mempengaruhi kinerja sistem otak yang bertugas mengontrol insulin.

8. French Fries

French Fries, makanan yang pengolahannya dengan digoreng ini, juga dapat memicu kenaikan berat badan dan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. French fries ini juga mengandung karbohidrat kompleks yang mengakibatkan kadar glukosa darah meningkat.

Selain delapan daftar makanan dan minuman di atas, Anda juga sangat disarankan untuk menghindari rokok karena ternyata rokok juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang berakibat pada resistensi insulin dalam tubuh. Dan berdasarkan penelitian yang ada, perokok aktif terbukti memiliki resiko lebih besar dibanding dengan mereka yang tidak merokok. Jadi mulai sekarang Anda, para perokok, harus lebih waspada dan peduli terhadap kesehatan tubuh Anda.

Mulailah pola makan yang sehat mulai sekarang

 

Pola makan yang sehat dan teratur akan memberikan dampak yang signifikan pada tubuh. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat dan sesuai porsinya tak hanya akan mencegah Anda dari satu jenis penyakit saja tetapi juga dari berbagai gangguan penyakit lain yang bisa membahayakan kesehatan Anda. Jadi, mulai saat ini perhatikanlah makanan dan minuman Anda!

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

Jual Bibit Daun Insulin

Ternyata Ditemukan Daun Insulin Alami, Apakah Itu?

Daun Insulin – Perkembangan ilmu kedokteran memudahkan masyarakat untuk memilih pengobatan sesuai dengan kebutuhan mereka. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *