Home / > Lain-lain / Inilah Manfaat Ikan Lele Bagi Ibu Hamil

Inilah Manfaat Ikan Lele Bagi Ibu Hamil

Jika mendengar ikan lele pasti kebayang gimana rasanya ikan yang satu ini. Ikan yang biasa dijual dengan sebutan pecel lele ini memang lezat sekali bila dinikmati dengan diiringi sambel plus tempe dan tahu, belum lagi jika sambelnya pedas, hmmm pasti tambah nikmat untuk mencicipinya.

Selain juga nikmat jika dimakan, ternyata ikan lele ini memiliki segudang manfaat loh. Salah satunya adalah manfaat yang baik sekali bagi ibu yang sedang hamil.

Bayi yang sehat tertular dari seorang ibu yang kuat. Nah, untuk menunjang kekuatan seorang ibu ini tentunya harus dipersiapkan segala kebutuhannya yang menyangkut kesehatan ibu maupun si calon bayi, seperti makanannya, pikirannya dan juga lingkungannya.

manfaat lele untuk ibu hamil

Pada kali ini, kami akan membahas tentang makanannya, terutama ikan lele, di mana ikan ini ternyata sangat memiliki manfaat yang baik untuk menunjang masa kehamilan, baik ibu dan janin.

MANFAAT IKAN LELE BAGI IBU HAMIL BERDASARKAN KANDUNGANNYA

  • Kandungan Omega 3
    1. Untuk Pertumbuhan Otak Janin

Kandungan omega-3 pada ikan lele yaitu sekitar 0.22 – 0.3 gram pada daging ikan lele seberat 3 ons. Kebutuhan akan kandungan ini sebagai alat untuk pertumbuhan otak janin, terutama pada saraf otaknya, agar berkembang dengan baik.

Dan rekomendasi ibu hamil untuk memakan ikan lele adalah 8-12 ons untuk setiap minggunya. Perlu diketahui bahwa omega-3 adalah jenis kandungan yang tidak diproduksi oleh tubuh, maka dari itu untuk mendapatkan omega-3 ini bisa melalui ikan lele ini.

2. Mencegah Alergi Pada Bayi

Alergi pada dasarnya banyak sekali yang disebabkan oleh makanan seafood, namun hal itu tidak berlaku pada ikan lele, menurut dr Indra dikutip dari health.detik.com :

Ikan dan jenis binatang laut lainnya diketahui merupakan penyebab alergi paling tinggi. “Makanan laut adalah makanan yang paling tinggi dan menonjol yang menjadi penyebab alergi,” ucap dr Indra.

Tetapi, untuk anak yang gemar memakan ikan lele boleh bernafas lega. Sebab menurut dr Indra, ikan lele jarang menimbulkan alergi dan merupakan salah satu ikan yang bagus untuk dikonsumsi.

  • Kandungan Fosfor
  1. Untuk Pertumbuhan Tulang Janin

Pertumbuhan tulang pada janin selalu dikaitkan dengan ibunya, hal ini disebabkan karena proses pembentukan tulang janin adalah mengambil dari kandungan fosfor yang dimiliki sang ibu pada tulangnya, jika tulang sang ibu keropos maka asupan fosfor pada janin pun berkurang, nah di sini peran penting ikan lele bisa berguna sebagai penambah kandungan fosfor.

2.Untuk Pertumbuhan Gigi dan Gusi Janin

Selain untuk pembentukan tulang, fosfor juga berperan penting dalam pembentukan tulang dan gusi pada janin. Dalam 100 gr  ikan lele mengandung sekitar 168 mg zat fosfor.

  • Kandungan Protein
  1. Meningkatkan Imunitas

Ikan lele memiliki kandungan asam amino, dimana asam amino ini merupakan kandungan protein yang dibutuhkan bagi ibu yang berada dalam masa kehamilan untuk membantu pembentukan masa otot dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Pemulihan Luka Setelah Melahirkan

Kandungan protein di dalam ikan lele juga memiliki manfaat mempercepat proses penyembuhan luka setelah melahirkan. Di dalam 3 ons ikan lele mengandung sekitar 15,7 gr protein, artinya dengan jumlah tersebut sudah akan mencukupi kebutuhan protein 34% wanita dan 28% pria.

  • Kandungan Vitamin B12
    1. Sumber Tenaga

Vitamin ini sangat diperlukan untuk sumber tenaga, mengkonsumsi 1 ekor lele sudah mencukupi sekitar 40% kebutuhan tubuh akan vitamin B12.

Bagusnya lagi, lele ini memiliki kadar lemah yang rendah, artinya anda tidak perlu khawatir akan kolesterol maupun kenaikan berat badan anda, sangat cocok dikonsumsi untuk yang menginginkan badan yang ideal.

2. Mencegah Resiko Cacat Pada Janin

Tercukupinya jumlah asupan vitamin B12 ini juga bisa mendorong untuk kecilnya tingkat kecacatan pada janin (Neural Tube Defect).

  • Kandungan Kalium dan Natrium
    1. Menjaga Tekanan dan Aliran Darah

Kalium dan natrium ini sangat bagus untuk menunjang kesehatan fungsi jantung, jika dikonsumsi secara cukup maka akan bisa memperlancar peredaran darah, karena fungsi jantung yang sehat dan sempurna bisa mempompa peredaran darah lebih merata ke seluruh tubuh.

menu lele untuk ibu hamil

Nah itulah manfaat dari ikan lele yang terbilang makanan yang murah-meriah, dibalik harganya yang terjangkau ternyata menyimpan sebuah rahasia manfaat yang luar biasa yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Namun perlu diperhatikan, mengkonsumsi ikan lele tetap harus pada batas wajar, artinya jika berlebihan juga akan berdampak buruk bagi tubuh. Maka sepantasnya anda mengaturkan jadwal pola makan anda, dan masukkan menu ikan lele ini seperlunya pada menu makan anda.

Sudah banyak penyedia budidaya ikan lele ini beredar di pasar, baik tradisional maupu modern market. Untuk pasar modern market tentunya sudah memenuhi tingkat mutu yang tinggi karena melalui sortir yang ketat. Biasanya para pembudidaya ini menggunakan teknologi yang tinggi, contohnya adalah membudidayakan lele pada kolam terpal bulat.

Dengan sistem yang sudah memakai teknologi akan sangat mungkin untuk memenuhi kebutuhan yang mementingkan kualitas akan suatu produk, terutama ikan lele ini. Maka pilihlah ikan konsumsi ini secukupnya, sesuai kebutuhan anda dan pilihlah yang terbaik untuk anda.

Beberapa statement dari tulisan ini diambil dari situs : hamil.co.id

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

manfaat buah pisang

7 Manfaat Buah pisang Yang Tidak Di Ketahui Banyak Orang

Obat-online.com : Pisang merupakan salah satu buah yang di gemari oleh semua lapisan masyarakat dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *