Home / Seputar Rematik / Jenis Penyakit rematik Dan Pantangan Makananannya

Jenis Penyakit rematik Dan Pantangan Makananannya

Obat-online.com :  Penyakit Rematik umumnya menyerang orang tua, namun tetap tidak menutup kemungkinan anda orang muda juga bisa terkena salah satu Jenis Penyakit Rematik, karena disebabkan gaya hidup tidak sehat. Mandi yang dilakukan pada malam hari juga termasuk salah satu penyebab rematik, terutama di kota sibuk. Penyakit rematik atau yang dalam bahasa medisnya disebut rheumatoid arthritis (RA) adalah peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun dan diketahui terbagi dari beberapa Jenis, yang diantaranya adalah:

 Osteoartritis

Merupakan penyakit rematik yang biasa dialami manusia dengan usia diatas 40 tahun. Jenis Penyakit Rematik ini disebabkan karena menurunnya sistem kerja atau fungsi dari tulang sendi atau adanya kerusakan pada tulang rawan sendi. Osteoartritis ditandai dengan rasa nyeri, deformitas atau pembesaran sendi, lambatnya gerak pada sendi terutama pada bagian tangan dan tulang sendi besar yang biasa menanggung beban.

Penyakit Rematik Jenis Osteoartritis lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria, hal ini dikarena wanita mudah sekali mengalami penurunan hormon. Penyebab lain dari Osteoartritis karena kelainan tulang, kepadatan tulang yang tidak seimbang dan obesitas. Tulang yang lebih padat (keras) tidak membantu mengurangi benturan beban yang diterima oleh tulang rawan sendi. Akibatnya tulang rawan sendi menjadi lebih mudah rusak.

Artritis Rematoid

Artritis Rematoid merupakan Jenis Penyakit Rematik yang biasanya menyerang persendian tangan dan kaki. Gejalanya adalah terjadi peradangan, sehingga terjadi pembengkakan, nyeri dan seringkali akhirnya menyebabkan kerusakan bagian dalam sendi Secara simetris. Rematik jenis juga banyak dialami oleh pada wanita daripada pria, dan mulai dirasakan pada usia 25.

Polimialgia Reumatik

Polimialgia Rematik adalah jenis rematik dengan gejala rasa kekakuan dan nyeri hebat pada bagian otot leher, bahu, panggul terutama pada pagi hari dan banyak dirasakan pada usia lanjut sekitar 50 tahun keatas. Polimialgia Reumatik disebabkan karena kelelahan fisik akibat pekerjaan dengan beban berat. Jenis Penyakit Rematik ini biasanya akan disertai rasa demam, penurunan nafsu makan yang drastic, depresi dan penurunan berat badan.

Beberapa Faktor yang mempengaruhi Gejala Penyakit Rematik

Meskipun penyebab pasti terjadinya Penyakit Rematik belum bisa diketahui, namun ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya penyakit rematik dan mengakibatkan penyakit Rematik lebih Parah, yang diantaranya sebagai berikut:

Infeksi yang menyebabkan peradangan pada sendi,
Sikap badan yang salah saat melakukan pekerjaan, terutama pada pekerjaan yang mengangkat benda berat,
Stres yang disertai dengan kelelahan,
obesitas / kegemukan
Sirkulasi darah yang tidak lancar.

Pantangan Makanan untuk Penderita Rematik

Meskipun dari dokter tidak memberikan makanan apa saja yang harus dihindari bagi penderita rematik, namun dari pengalaman beberapa penderita akan merasa sakit yang lebih parah pada persendiannya, apabila makan makanan tertentu. Pantangan Makanan tersebut juga bertujuan untuk memaksimalkan pengobatan yang anda jalani, serta mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari penyakit Rematik anda. Adapun, makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita Rematik antara lain, adalah:

Produk Kacang-kacangan seperti susu kacang, kacang buncis.
Oragan Dalam Hewan seperti; usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, dsb.
Makanan kaleng seperti, sarden, kornet sapi, dsb.
Makanan yang dimasak menggunakan santan kelapa.
Beberapa jenis buah-buahan seperti durian, air kelapa muda, alpokat, dan produk olahan melinjo.
Alkohol.
Kangkung dan bayam.

Dengan menghindari beberapa makanan tersebut, diharapkan dapat membantu mengurangi rasa sakit yang anda rasakan. Dan apabila anda merasa sakit yang dirasakan terus bertambah, konsultasi dengan dokter merupakan langkah yang paling tepat untuk mengetahui Jenis Penyakit Rematik lebih lanjut dan pengobatan seperti apa yang bisa dilakukan.

Obat Herbal Alami Penyakit Rematik

Hasil analisis penghambatan aktivitas enzim xanthine oxidase oleh ekstraktumbuhan Sarang Semut menunjukkan bahwa ekstrak tumbuhan ini dapat menghambat aktivitas enzim xanthine oxidase dengan aktivitas yang setara dengan allopurinol, obat komersial yang digunakan untuk pengobatan asam urat.

Diduga senyawa inhibitor xanthine oxidase yang bertanggung jawab dalam mekanisme ini adalah senyawa dari golongan flavonoid. Fenomena ini yang kemungkinan dapat memperkuat khasiat tumbuhan Sarang Semut untuk pengobatan rematik yang telah terbukti secara empiris.

Fungsi kebanyakan flavonoid dalam tubuh manusia adalah sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk pencegahan kanker. Manfaat flavonoid antara lain adalah untuk melindungi struktur sel, memiliki hubungan sinergis dengan vitamin C (meningkatkan efektivitas vitamin C), anti-inflamasi, mencegah keropos tulang, dan sebagai antibiotik.

Dalam banyak kasus, flavonoid dapat berperan secara langsung sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi dari mikroorganisme seperti bakteri atau virus. Fungsi flavonoid sebagai anti-virus telah banyak dipublikasikan, termasuk untuk virus HIV (AIDS) dan virus herpes.

Comment

comments

About yaser yasir

Check Also

olahraga-utk-asam-urat-300x300

Obat Herbal Rematik Tulang

Obat Herbal Rematik Tulang solusi pengobatan untuk penyakit Rematik, Obat Herbal Rematik Tulang sangat ampuh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *