Home / Seputar Kolesterol / KOLESTEROL: BENARKAH SEBURUK YANG ANDA KIRA?

KOLESTEROL: BENARKAH SEBURUK YANG ANDA KIRA?

Siapapun yang mendengar kata “KOLESTROL” pasti yang terbesit dibenaknya adalah segala kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi pada dirinya. Padahal ia belum seutuhnya tahu mengenai apa itu kolestrol ? dari manakah asal kolestrol ? ada berapa macam kolestrol ? apa penyebab adanya kolestrol ?

Dari berbagai pertanyaan maka mucullah pertanyaan susulan apakah kolestrol benar-benar seburuk yang mereka pikirkan? Jawaban dari pertanyaan itu mungkin akan mengejutkan anda, ternyata kolestrol tidaklah jahat yang anda pikirkan, kolestrol hanyalah salah satu dari banyak zat-zat yang dibentuk dan digunakan oeh tubuh agar menjaganya tetap sehat.dan stabil.

APA ITU KOLESTEROL DAN DARI MANA ASALNYA?

Pengertian kolestrol sendiri adalah zat yang diperoleh dari 2 sumber :

  1. Tubuh : Liver adalah salah satu organ tubuh yang bertugas menciptakan kolestrol yang dibutuhkan oleh tubuh dan mengalirkanya melalui darah.
  2. Makan : Makanan juga dapat mengandung kolestrol (makanan hewani) seperti daging sapi, daging unggas dan produk susu berlemak tinggi.

Sumber kolestrol nomer satu ini memang lebih banyak memproduksi kolestrol , prakteknya saat anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak baik jenuh ataupun trans maka ia akan membentuk menjadi plak diantara lapisan pembulu arteri, sehingga membuat jantung lebih sulit untuk mengalirkan darah.

Belum lagi saat plak yang menumpuk bisa pecah dan menyebabkan penggumpalan darah yang menyumbat aliran darah dalam tubuh. Dalam kondisi seperti ini 2 kemungkinan yang sangat berbahaya yakni stroke (jika aliran darah menuju otak tersumbat) dan serangan jantung (jika aliran darah menuju jantung tersumbat).

 

KOLESTEROL “BAIK” VS KOLESTEROL “JAHAT”.

Adapun kolestrol dikatagorikan menjadi dua bagian :

  1. Kolestrol LDL (kolestrol jahat ) ialah kolestrol yang menumpuk menjadi plak yang dapat menyumbat arteri. Jika kondisi arteri tersumbat maka ia akan berkurang kelenturanya hal ini disebut juga dengan aterosklerosis. Oleh karena kemungkinan terkena serangan jantung maupun stroke sangatlah besar bukan itu saja bisa jadi terkena penyakit arteri perifarael.
  2. Kolestrol HDL (kolestrol baik ) ialah kolestrol yang bertugas mengusir kolestrol LDL dari dalam ateri, bisa dikatakan juga sebagai “pembersih” yakni mengembalikan kolestrol LDL dari arteri menuju liver untuk kemudian dipecah dan dikeluarkan dari dalam tubuh. Kurang lebih sepertiga kolestrol darah dibawah oleh kolestrol HDL.

Saya ulangi kesimpulan dari pembagian diatas. Kadar kolestrol HDL dapat melindungi anda dari serangan jantung dan stroke, sebaliknya kadar kolestrol LDL telah terbukti meningkatkan resiko penyakit jantng ataupun stroke.

 

APA ITU TRIGLISERIDA?

 

Trigliserida adalah sejenis lemak yang berfungsi sebagai penyimpan energi lebih yang diperoleh dari makanan. Sedangkan kadar Trigliserida yang tinggi dikaitkan dengan kondisi aterosklerosis. Keadaan demikian dapat disebabkan oleh kegemukan ataupun obesitas, kurangnya olahraga, merokok, berebihan mengkonsumsi alkohol serta pola makan tinggi karbohidrat (lebih dari total kalori yakni 60 persen).

Bukan hanya itu saja, adanya penyakit atau kelainan genetik juga dapat menyebabkan kadar trigliserida meningkat. Bila kadar trigliseridanya tinggi maka kemungkinan besar total kolestrolnya (LDL dan HDL)pun meningkat. Banyak sekali pasien yang mengalami penyakit jantung atau diabetes salah satunya dikarenakan memiliki kadar trigliserida diatas rata-rata.

Oleh karena itu adakah cara untuk menurunkan kadar kolestrol LDL yang sudah terlanjur tinggi ? jawabanya ada, segala penyakit pasti ada obatnya dan cara menyembuhkanya. Saat kadar kolestrol LDL tinggi dan semakin tinggi maka ubahlah pola makan anda dan tingkatkan aktivitas fisik. Banyak ahli kesehatan yang menganjurkan untuk mengonsumsi obat penurun kolestrol, salah satu obat pilihanya adalah obat herbal. Ada juga makanan-minuman yang dapat menurunkan kolesterol.

 

BAGAIMANA MENINGKATKAN HDL/ KOLESTEROL baik?

Sebagaimana yang telah kita jelaskan diatas bahwasanya kolestrol memiliki dua tipe yang sangat berlawanan. LDL adalah kolestrol jahat yang karena kadar lemaknya yang sangat tinggi menjadikanya mudah menempel di dinding pembuluh darah. Sedangkan kebalikan dari LDL adalah HDL yang terkenal dengan kolestrol baik karena kandungan proteinnya yang tinggi. Tugas HDL adalah membawa kelebihan kolestrol yang  dibawah oleh LDL ke organ hati untuk kembali diproses dan akhirnya menurunkan kadar kolestrol.

Oleh karena itu kolestrol HDL berperan sangat besar dalam mencegah penempelan lemak dari kolestrol jahat pada dinding pembuluh darah. Ukuran minimal HDL yang diperlukan tubuh adalah 60mg/dL (desiliter).

Sebab itu, rutinlah mengecek kadar kolestrol anda. Jika anda ingin menaikkan HDL dalam darah, Universitas Harvard telah membeberkan cara mudahnya dalam jurnal ilmiah Harvard Women’s Health Watch edisi Juni 2008

  • Olahraga

Olahraga apapun terutama olahraga aerobik ringan maupun berat dapat menambah HDL dari yang 5 % hingga 10 %. Sesuai dengan hasil penilitian Universitas Harvard yang menganjurkan untuk berolahraga jenis aerobik seperti ( jalan cepat, lari, bersepeda, renang dll) lakukan lima kali dalam seminggu, masing-masing 30 menit.

  • Menurunkan berat badan

Penurunan berat badan setiap 3 kg  dapat meningkatkan kadar HDL sebesar I mg/dL. Belum lagi jika anda hanya memilih mengkonsumsi makanan sehat. Jika berat badan anda turun maka kadar HDL anda akan meningkat

  • Berhenti merokok

    Jika Anda perokok, maka berhentilah. Sebab jika Anda berhenti merokok maka kadar HDL dalam darah akan meningkat sebesar 15% hingga 20%. Tentu saja berhenti merokok tidak mudah. Anda bisa mencoba lebih dari satu strategi untuk berhenti merokok. Komunikasikan hal ini dengan dokter, dokter bisa memberikan masukan agar misi Anda untuk berhenti merokok tercapai.

  • Konsumsi lemak baik dan diet sehat

    Lemak adalah satu hal yang Anda singkirkan cepat-cepat karena lemak dapat meningkatkan kolesterol jahat. Tetapi lemak tetap dibutuhkan tubuh dan Anda tetap harus mengonsumsi lemak. Lemak baik yang ada pada minyak Zaitun, Canola, dan minyak ikan, serta kacang-kacangan dapat memperbanyak kadar HDL kolesterol dalam darah. Untuk diet sehat, pilihlah karbohidat kompleks yang lebih lama terurai seperti beras merah dan gandum dibandingkan nasi putih atau bahan pangan dari tepung-tepungan.

  • Konsumsi anggur merah

    Jika Anda bukan peminum alkohol jangan mulai mengonsumsinya hanya untuk meningkatkan kadar HDL kolesterol. Namun, jika Anda peminum alkohol, turunkan konsumsi jumlah Anggur Merah hingga jumlah yang dianjurkan. Penelitian memang menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah yang tepat yakni hanya 1 sloki per hari dapat memperbanyak jumlah kolesterol baik dalam tubuh.

  • Konsumsi obat

    Niacin adalah kandungan obat yang dapat menurunkan kadar LDL kolesterol atau kolesterol jahat dalam darah. Namun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsi obat-obatan termasuk didalamnya obat-obatan herbal yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol seperti Sarang Semut.

 

Nah, meskipun dokter menganjurkan untuk menurunkan kolesterol, menaikkan HDL kolesterol juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke datang dan menyerang tubuh Anda. Selamat meningkatkan kolesterol baik!

Comment

comments

About dio

Check Also

Apakah Kamu Sudah Tahu Tentang Kolesterol Tinggi? Yuk Simak Di Sini

Kolesterol merupakan sebuah zat berlemak yang ada dalam tubuh kita yang mempunyai bentuk menyerupai lilin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *