Home / Seputar Asam Urat / Lebih Jauh Tentang Penyakit Asam Urat

Lebih Jauh Tentang Penyakit Asam Urat

Obat-online.com | Mengetahui lebih jauh tentang penyakit asam urat wajib anda lakukan, terutama apabila di keluarga anda memiliki sejarah dengan penyakit satu ini. Pun demikian, informasi tentang asam urat wajib dipelajari oleh anda yang peduli tentang kesehatan –bukan hanya anda sendiri, tapi juga orang tua dan keluarga anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui lebih jauh tentang penyakit asam urat.

Salah Satu Penyakit Tertua

Menurut sebuah sumber online, penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit tertua karena sudah dikenal masyarakat semenjak lebih dari dua ribu tahun yang lalu. Namun sayang tidak ada informasi tentang di negara/benua bagian mana penyakit ini pertama muncul dan tersebar. Selain sudah dikenal semenjak dua milenium, asam urat dahulu juga merupakan penyakit yang diderita hanya oleh orang-orang berada. Sumber yang sama bahkan juga menyebutkan bila penyakit ini juga dikenal sebagai the King of Disease.Secara logis, penyakit ini memang biasanya diderita oleh orang-orang yang mendapat asupan nutrisi yang cukup –bahkan berlebih. Oleh karena itu, wajar saja bila pada masa lalu penyakit ini banyak diderita oleh masyarakat kelas atas, yang (kebanyakan dan cenderung) mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

Gejala dan Makanan Pemicu/Penyebab Asam Urat

Salah satu hal yang membuat asam urat menjadi momok menakutkan bagi para penderitanya adalah bahwa penyakit ini bisa datang secara tiba-tiba, menyerang daerah tulang yang memiliki sendi atau tulang rawan sendi.Gejala yang ditimbulkan asam urat pun juga beragam, tergantung pada level asam urat yang diderita. Pada tahap awal kemunculannya, mungkin penderita hanya akan mengalami nyeri sendi, dimana kebanyakan dari mereka mengira rasa nyeri tersebut karena terlalu capek. Terkadang juga disertai dengan linu-linu dan kesemutan, dengan intensitas yang cukup sering. Selain itu, terkadang rasa nyeri yang ditimbulkan penyakit ini juga didiringi oleh panas –mungkin bila anda mengalami gejala ini ada baiknya memeriksakan diri ke dokter, atau mengecek kadar asam urat dalam darah. Pada tahap yang sudah parah (atau bahkan mendekati parah), asam urat bisa menimbulkan rasa sakit yang disertai dengan persendian yang berubah warna menjadi kemerah-merahan dan bengkak. Persendian yang membengkak juga bisa menyebabkan penderita tidak mampu berjalan atau bahkan menggerakan persendiannya. Bagi penderita yang sudah mengalami gejala seperti ini ada baiknya rutin berobat ke dokter dan menghindari makanan pemicu asam urat.

Seperti penyakit pada umumnya, asam urat pun juga merupakan penyakit yang dipicu atau disebabkan oleh beberapa hal, terutama makanan. Pada dasarnya, penyakit ini adalah sisa metabolisme yang mengandung purin, yang berasal dari beberapa jenis makanan. Sebenarnya kebanyakan makanan yang kita konsumsi tiap hari mengandung purin; hanya saja kita sendiri harus mengetahui kemampuan tubuh kita untuk memproses purin menjadi zat yang berguna bagi tubuh.Apabila kemampuan tubuh dalam mengolah dan memproses zat purin lemah, tapi tetap memaksakan untuk mengkonsumsi purin dalam jumlah yang besar, maka zat ini akan menumpuk dalam ginjal, dimana apabila melebihi batas normal, penderita akan mengalami asam urat. Ini terjadi karena ginjal tidak berfungsi secara maksimal untuk mengolah zat purin, sehingga zat ini akan menumpuk di persendian dan berubah menjadi kristal.

Pengobatan dan Pencegahan Asam Urat

Apabila mengalami beberapa gejala diatas, seperti nyeri pada persendian disertain dengan rasa panas dan bengkak-bengkak, pastikan anda segera memeriksakan kadar asam urat. Apabila kadar asam urat anda tidak begitu tinggi (tapi melebihi batas normal), anda cukup mengurangi asupan makanan yang mengandung purin tinggi. Karena zat ini terdapat di protein, maka cukup kurangi makanan seperti seafood dan daging. Selain itu, beberapa jenis kacang-kacangan juga mengandung tinggi protein, sehingga sebaiknya dihindari. Untuk kadar asam urat yang sudah tinggi, sudah ada banyak obat yang tersedia untuk mengurangi kadar asam urat –untuk mengetahui obat mana yang bagus, sebaiknya berkonssultasi pada dokter. Bila anda menginginkan obat yang lebih alami, ada baiknya mencoba meramu obat sendiri dengan daun sambiloto. Caranya adalah dengan merebus sambiloto kering, saring airnya, lalu minum air sari sambiloto dengan rutin tiga kali sehari.

Walaupun ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati asam urat, ada baiknya melakukan beberapa pencegahan agar tidak terserang penyakit ini. Cara pencegahan yang terbaik adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan porsi yang tidak berlebihan -ini juga berlaku untuk beberapa jenis sayuran dan buah. Bagi penggemar seafood, sebaiknya mengkonsumsi ikan air tawar seperti bandeng dan lele. Selain itu, mengkonsumsi air putih setidaknya dua liter perhari juga membantu mencegah asam urat. Selain memperhatikan masalah makanan, melakukan olahraga rutin setiap hari atau minimal dua kali seminggu juga bisa mencegah datangnya asam urat. Sebagai tambahan, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter apabila anda merasa nyeri dan ngilu di persendian -walaupun mungkin disebabkan oleh kecapekan, setidaknya anda bisa mengetahui bahwa anda berpotensi terkena asam urat atau tidak. Pada intinya, hidup sehat dan mengenali tubuh sendiri adalah cara terbaik untuk mencegah asam urat.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

asam-urat

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak …