Home / Seputar Asam Urat / Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Apa itu penyakit asam urat?

Obat-online.com | Asam urat adalah jenis masalah kesehatan yang terjadi karena kesalahan gaya hidup dan pemilihan makanan. Mengapa demikian? Asam urat adalah penyakit yang diderita pasien yang cenderung kelebihan berat badan. Hal ini dikarenakan banyak kesalahan pola makan.

Penderita umumnya tidak menjaga pola makan dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak. Selain itu, pasien juga kemungkinan besar terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis. Di samping itu, kurangnya olah raga juga dapat menyebabkan penyakit asam urat di masa tua.

Faktor kegemukan atau obesitas dan buruknya pola makan disebut sebagai penyebab utama asam urat. Oleh karena itu, asupan makanan dan pilihan diet yang tepat akan membantu pasien asam urat untuk menghingdari kondisi yang lebih buruk. Penyakit komplikasi yang menyertai asam urat seperti darah tinggi, kolesterol, dan gagal ginjal akan dapat dihindari dengan menjauhi beberapa makanan dan minuman.

Berikut adalah makanan dan minuman yang harus dihindari penderita asam urat:

  • Penderita asam urat harus menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Daging jeroan sapi seperti ginjal, limpa, babat, usus, hati, dan paru harus dihindari. Selain meningkatkan kolesterol, makanan tersebut juga sangat berbahaya bagi asam urat.
  • Pasien asam urat juga harus menjauhi seafood seperti udah, cumi-cumi, kerang, kepiting, tiram, remis, sotong, dan sejumlah ikan. Makanan ikan kalengan seperti ikan sarden dan kornet juga harus dihindari.
  • Untuk menghindari peningkatan kadar asam urat, pasien juga harus meninggalkan makanan ekstrak daging seperi abon dan dendeng.
  • Segala macam daging harus dihindari oleh pasien asam urat jika mereka tidak ingin mengalami bengkak yang lebih parah. Daging kambing, daging sapi, dan daging kuda juga harus sebisa mungkin dihindari.
  • Selain daging yang berasal dari sapi dan yang lain, penderita asam urat harus menghindari daging bebek, angsa, dan kalkun karena kandungan kolesterol dan lemak yang tinggi pada daging-daging tersebut.
  • Perlu diketahui pula oleh penderita asam urat bahwa beberapa jenis kacang-kacangan juga merupakan pantangan untuk penyakit asam urat. Jenis kacang-kacangan yang tidak diperbolehkan bagi penderita asam urat antara lain kacang kedela, kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, dan kerupuk emping. Selain kacang-kacangan, makanan turunan kacang juga harus dihindari. Misalnya, tempe, oncom, susu kedelai, dan tempe kacang adalah beberapa makanan turunan atau makanan olahan kacang dan kedelai. Makanan tersebut juga termasuk pantangan karena di dalamnya mengandung kacang yang tidak diperbolehkan bagi penderita diabetes.
  • Selain daging dan kacang-kacangan, penderita asam urat juga tidak diperbolehkan mengonsumsi beberapa jenis sayuran. Sayuran yang harus menjadi pantangan pasien asam urat adalah kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, dan daun singkong. Selain itu, daun pepaya dan kangkung juga harus dihindari.
  • Selanjutnya, makanan berlemak tinggi seperti telur, krim, es krim, kaldu, dan kuah sayur yang kental juga sama sekali tidak diperbolehkan untuk penderita asam urat.
  • Buah-buahan juga perlu untuk diwaspadai. Buah durian, nanas, dan air kelapa adalah beberapa yang harus dihindari agar kadar asam urat dalam tubuh tidak meningkat.
  • Pasien asam urat harus menghindari makanan yang digoreng atau bersantan. Makanan yang digoreng atau dimasak menggunakan margaring atau mentega juga harus dihindari.
  • Semua makanan kaya protein dan lemak adalah makanan pantangan untuk pasien asam urat.

Penderita asam urat juga harus melakukan hal berikut:

Dengan menghindari makanan yang mengandung kolesterol dan zat purin tingkat tinggi, penderita kolesterol akan dapat mengurangi resiko kambuhnya penyakit tersebut.

Namun demikian, akan lebih baik jika penderita asam urat dapat menambahkan gaya hidup sehat pada diet yang mereka terapkan.

Penderita asam urat harus banyak minum air putih jika mereka ingin mengurangi peradangan asam urat di persendian.

Selain itu, mereka juga harus meningkatkan konsumsi air putih untuk menghindari sakit ginjal yang mungkin menyertai asam urat. Air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantu pasien asam urat untuk mengeluarkan Kristal asam urat dari tubuh mereka melalui urin.

Hal ini akan berdampak positif karena semakin banyak kristal asam urat dikeluarkan, semakin baik keadaan penderita asam urat.

Asam urat dapat begitu mengganggu karena pasien tidak bisa lagi menikmati kesehatan yang prima. Lebih dari itu, pasien tidak bisa lagi menikmati makanan yang lezat. Asam urat bagaikan penyakit yang membuat penderitanya berhenti merasakan kenikmatan hidup. Akan tetapi, hal tersebut trjadi karena kesalahan pola hidup dimulai dari ketika pasien masih berusia muda. Gaya hidup dan pola makan yang salah membuat asam urat menyerang pasien di usia lanjut.

Hal ini memberikan pelajaran untuk kaum muda. Pola hidup sehat dan pola makan yang baik akan berdampak baik untuk pasien ketika muda maupun ketika usia lanjut. Mereka harus menjaga pola makan yang baik untuk menghindari segala penyakit di masa depan.

Seringkali, efek buruk makanan yang tidak bergizi dan mengandung terlalu banyak kolesterol akan memberika efek buruk bagi kesehatan tidak secara langsung tetapi menunggu hingga mereka mencapai usia tua. Untuk itu, pola hidup yang sehat dan pola makan bergizi seimbang harus diterapkan sedini mungkin untuk mencegah serangan berbagai macam penyakit termasuk asam urat.

UratGout

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

asam-urat

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak …