Home / Seputar Diabetes / Ternyata Makanan Ini Bisa Mencegah Penyakit Diabetes

Ternyata Makanan Ini Bisa Mencegah Penyakit Diabetes

Banyak sekali makan di sekeliling kita yang memang sangat menggairahkan selera makan kita, namun perlu kita ketahui apakah makanan itu sehat, apakah makanan itu tidak mengarahkan kita pada penyakit diabetes..?? Berikut ada beberapa makan yang mencegah penyakit diabetes..!!

Mencegah Penyakit Diabetes : Diabetes adalah salah satu penyakit yang dialami banyak orang. Sebagian besar kasus dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup sehat. Mengambil langkah-langkah untuk mencegah dan mengendalikan diabetes tidak berarti hidup menjadi serba terbatas. Sambil melakukan olahraga secara rutin, mengkonsumsi makanan yang tepat adalah kunci untuk mencegah dan mengendalikan penyakit diabetes. Soda adalah salah satu minuman yang populer di berbagai kalangan masyarakat. Namun ada studi baru yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi minimal 1 kaleng minuman soda per hari bisa meningkatkan risiko 5 kali lebih tinggi untuk terkena diabetes.

Studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Diabetologia ini dilakukan di Inggris, Jerman, Denmark, Italia, Spanyol, Swedia, Perancis, dan Belanda dengan melibatkan 350.000 orang. Seluruh responden ditanya tentang kebiasaan pola makan mereka.

“Mengonsumsi minuman ringan dengan pemanis saja sudah meningkatkan risiko diabates. Sehingga semakin banyak jumlah kaleng yang diminum, semakin tinggi juga risikonya,” ujar Dora Romaguera, pemimpin studi dari Imperial College London, seperti dikutip dari BBC.

Hasil studi ini sebelumnya sempat diragukan jika memerhatikan indeks massa tubuh. Namun, Dr Matius Hobbs, pemimpin peneliti dari Diabetes UK, mengungkapkan bahwa jelas ada hubungan antara minuman soda bergula dengan risiko diabetes tipe 2, bahkan ketika indeks massa tubuh diperhitungkan.

Hal ini menunjukkan bahwa risiko tersebut meningkat tidak semata-mata karena banyaknya kalori yang didapat dari soda.

“Meskipun begitu, kami sangat menyarankan bagi semuanya untuk tetap membatasi konsumsi minuman dengan kandungan gula tinggi. Ini karena kandungan kalorinya tinggi dan bisa menyebabkan peningkatan berat badan secara berlebihan,” lanjut Dr Hobbs.

Dr Hobbs kembali mengingatkan pentingnya menjaga berat badan tetap dalam batas normal, karena itu adalah salah satu faktor penting jika ingin mencegah diabetes tipe 2.

Berikut Ada Beberapa Makanan Yang Bisa Mencegah Penyakit Diabetes

Ada beberapa makanan sehat yang bermanfaat dalam mencegah dan mengendalikan penyakit diabetes. Umumnya makanan-makanan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah dan menyediakan nutrisi-nutrisi penting bagi tubuh. Beberapa makanan tersebut adalah :

1. Kacang-kacangan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang secara rutin diketahui mengalami penurunan risiko diabetes sebesar 21 persen. Jenis kacang-kacangan lainnya seperti walnut(semacam kenari), almond, atau kacang mete juga sama bermanfaatnya. Orang yang makan kacang-kacangan secara rutin juga memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Satu ons kacang dapat menyediakan sumber lemak sehat yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan serta bermanfaat dalam memanajemen rasa lapar.

2. Polong-polongan
Legum atau yang juga dikenal dengan polong-polongan juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi secangkir polong-polongan dapat membantu orang dengan diabetes tipe 2 untuk mengontrol gula darahnya serta mengurangi risiko akan penyakit jantung. Alasan mengapa polong-polongan seperti kacang polong, lentil, kacang kedelai, kacang merah, dan kacang hijau, sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita diabetes adalah karena indeks glikemiknya yang rendah. Selain itu, makanan-makanan tersebut kaya akan karbohidrat berkualitas tinggi, protein tanpa lemak, dan serat larut yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

3. Oatmeal
Penderita diabetes bisa memiliki kesempatan yang lebih baik dalam mengontrol kadar gula darahnya dengan rutin sarapan oatmeal/havermut atau bubur gandum. Sejenis serat yang ditemukan dalam gandum yakni beta-glukan telah menunjukkan efek positif terhadap penderita diabetes. Oatmeal menawarkan serat larut yang dapat memperlambat penyerapan glukosa dari makanan di perut dan mengontrol gula darah

4. Sayuran hijau
Sayuran hijau terutama yang berdaun gelap diketahui dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Bayam, sawi, kale, brokoli, kubis, dan selada adalah makanan pembangkit tenaga namun rendah kalori dan karbohidrat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan setidaknya seporsi sayuran hijau setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes sebanyak 14 persen.

5. Buah jeruk
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki diabetes cenderung memiliki kadar vitamin C yang rendah dalam tubuh mereka, sehingga buah jeruk yang kaya akan vitamin C adalah salah satu pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Grapefruit, jeruk, lemon, dan limau memiliki sifat seperti insulin yang dapat mencegah diabetes tipe 2.

6. Putih telur
Telur adalah makanan yang baik untuk membentuk otot karena mengandung protein dengan kualitas yang tinggi. Mengkonsumsi telur, khususnya putih telur merupakan makanan yang sangat baik untuk mencegah diabetes tipe 2 karena kaya protein berkualitas tinggi dan rendah karbohidrat.

7. Yogurt rendah lemak
Yogurt yang rendah lemak dan gula juga merupakan salah satu makanan yang efektif dalam memperlambat atau mencegah kenaikan gula darah yang tidak sehat. Orang diabetes bisa menikmati yogurt rendah lemak sebagai camilan sehat yang dapat disantap ketika lapar.

8. Ikan
Penelitian mengatakan bahwa makan ikan dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin karena mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Ikan membantu menurunkan konsentrasi glukosa sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes. Selain itu, ikan adalah sumber protein rendah lemak. Penderita diabetes bisa memilih bermacam jenis ikan mulai dari lele, kod, nila, atau salmon. Kehadiran omega-3 dalam ikan-ikan tersebut juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

9. Teh hijau
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peradangan kronis yang disebabkan oleh makanan berlemak, kurang olahraga, dan kurang makan buah, sayur, dan lemak baik, diketahui dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Terkait dengan masalah ini, minum teh hijau adalah solusi sederhana untuk mencegahnya. Teh hijau dikemas dengan flavonoid yang merupakan pelawan inflamasi dan dapat meningkatkan aktivitas insulin.

10. Herbal Sarang Semut

Seorang bernama Hendro Saputro, yang pertamakali membuat riset tentang sarang semut bekerja sama dengan Dr. Ir. M. Ahkam Subroto, M.App.Sc, APU dari LIPI melanjutkan penelitiannya untuk mengetahui kandungan zat aktif di dalam sarang semut. Ternyata Sarang Semut mengandung alfa-tokoferol yang merupakan antioksidan kuat yang dapat menghambat radikal bebas. Selain itu didalam Sarang Semut juga mengandung tanin yang dapat mengikat dan mengendapkan protein berlebih di dalam tubuh. Ditambah lagi kandungan polifenol yang ada di dalam sarang semut sebagai anti mikroba dan menurunkan kadar gula darah dan senyawa aktif lainnya seperti kalsium, natrium, kalium, seng, besi, fosfor dan magnesium.

Hasil riset Sarang Semut jenis (myrmecodia pendans)  untuk dikonsumsi sangat aman, bahkan jika dosis ditingkatkan hingga 100 kali lipat belum ada tanda-tanda kematian, sehingga keamanan konsumen terlindungi, kami jual sarang semut dalam kemasan teh celup.

Untuk itu kami menyarankan kepada anda untuk segera mengonsumsi sarang semut senbagai obat Penyakit Diabetes ataupun yang belum terjangkit, karena sarang semut juga bisa di buat sebagai pencegahan penyakit. (Let’s Try)

Comment

comments

About yaser yasir

Check Also

cara diet sehat

Hindari Makanan dan Minuman ini Agar Terhindar dari Diabetes

Pola hidup tak sehat dan pemicu tingginya kadar gula dalam darah Diaconabet.Com – Tidaklah mudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *