Home / > Lain-lain / Mengenal Beberapa Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

Mengenal Beberapa Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

Obat-online.com : Daun sirih telah populer digunakan dalam pengobatan tradisional sejak jaman kuno. Bila Anda biasanya hanya mengenal tumbuhan jenis sirih hijau saja, sebenarnya di Indonesia terdapat 3 jenis sirih, yaitu sirih hijau, sirih merah, dan sirih hitam. Nama-nama sirih tersebut mewakili warna dari daunnya.

Masing-masing memiliki manfaat untuk pengobatan herbal yang dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Sifat yang paling dominan dari semua jenis tumbuhan sirih tersebut tentu saja antiseptiknya.

Nah, berikut adalah manfaat dari daun sirih merah yang dapat Anda gunakan setiap hari:

Mengatasi bau mulut. Terdapat senyawa alkaloid pada daun sirih yang membuatnya bersifat antiseptik atau anti mikroba. Karena itu, bila Anda merebus 6 lembar daun sirih dengan 500 ml air, lalu menggunakan air rebusan tersebut untuk berkumur-kumur, maka ia bermanfaat mengurangi bau mulut yang tak sedap.

Menghilangkan keputihan. Bila Anda merasa terganggu dengan keputihan di organ intim, juga bau tak sedap yang ditimbulkannya, maka gunakan saja air rebusan daun sirih untuk membersihkan organ intim Anda. Lakukan setiap kali usai BAK secara teratur.

Bau badan. Nah, ini juga masalah yang kerap ditimbulkan oleh bakteri. Untuk menghilangkannya maka ambil 3 lembar daun sirih merah, cuci bersih dan rendam pada air panas. Minum airnya dengan teratur.

Mimisan. Saat hidung Anda tiba-tiba keluar darah atau mimisan, maka ambil selembar daun sirih dan gulung, lalu masukkan ke dalam hidung yang mimisan tersebut. Niscaya sebentar saja darah akan berhenti.

Masih banyak lagi manfaat daun sirih merah yang dapat Anda peroleh, jadi jangan ragu untuk menggunakan obat herbal sebagai cara mengatasi penyakit Anda.

Berikut Artikel Lain Tentang Kesehatan : Obat Herbal Berbagai Macam Penyakit , Obat Herbal Ambeien

Comment

comments

About yaser yasir

Check Also

daun sirsak

Daun Sirsak Dapat Mencegah 12 Macam Kanker, Benarkah.??

Obat-online.com : Sejak 25 tahun yang lalu, daun pohon Peruvian Graviola atau yang akrab disebut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *