Home / Seputar Asam Urat / Mengenal Lebih dalam Tentang Asam Urat dan Tips agar Tidak Kambuh

Mengenal Lebih dalam Tentang Asam Urat dan Tips agar Tidak Kambuh

Obat-online.com | Asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang sangat menyiksa karena saat persendian digerakkan akan terasa sangat nyeri. Saat ini, tidak hanya orang-orang lanjut usia yang dapat diserang penyakit asam urat tetapi orang-orang yang berusia 30-an sudah banyak yang menderita penyakit menyakitkan ini. Sekali penyakit asam urat meradang maka rasa sakitnya tidak dapat dibayangkan. Asam urat muncul akibuat seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin. Zat tersebut akan dicerna oleh tubuh tetapi apabila zat purin terlalu banyak maka ginjal tidak akan mampu mengeluarkan zat tersebut sehingga purin akan berubah menjadi Kristal asam urat di dalam persendian.

Gejala dan Penyebab Penyakit Asam Urat

Asam urat tidak datang secara tiba-tiba tetapi ada gejala-gejala yang muncul yaitu sebagai berikut:

  1. Persendian di dalam tubuh akan terasa nyeri, ngilu, kesemutan, linu, dan bengkak serta berwarna merah apabila sudah parah.
  2. Rasa nyeri dan ngilu tersebut terjadi pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari.
  3. Persendian yang biasanya diserang oleh penyakit asam urat adalah sendi pada jari-jari kaki, jari-jari tangan, pergelangan tangan dan kaki, serta siku-siku.
  4. Saat asam urat sudah parah maka persendian di dalam tubuh akan terasa sangat sakit saat digerakkan.

Jika Anda mengalami salah satu gejala asam urat tersebut memeriksakan diri ke laboratorium akan sangat membantu untuk mengetahui kadar asam urat Anda. Kadar asam urat normal pada pria adalah antara 3,5 sampai 7m mg/dl dan pada wanita adalah antara 2,6 sampai 6 mg/dl. Penderita asam urat biasanya menderita penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, ginjal atau diabetes. Selain itu, penyakit asam urat biasanya juga diderita oleh orang yang memiliki berat badan berlebih.

Ada beberapa penyebab munculnya penyakit asam urat yang harus Anda waspadai yaitu banyaknya konsumsi makanan yang mengandung zat purin secara berlebihan. Zat purin adalah suatu zat yang dicerna di dalam ginjal yang nantinya akan dikeluarkan melalui proses pencernaan. Jika jumlah zat purin terlalu banyak ginjal tidak akan mampu untuk mencernanya sehingga zat purin tersebut akan mengkristal dan merekat di dalam persendian yang menyebabkan nyeri pada sendi saat digerakkan.

Faktor Resiko Munculnya Penyakit Asam Urat

Ada beberapa faktor resiko munculnya penyakit asam urat yaitu sebagai berikut:

  1. Faktor gaya hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi dan mengonsumsi alkohol berlebihan memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah.
  2. Faktor kondisi medis juga memicu munculnya penyakit asam urat misalnya memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, dan hiperkolesterolemia.
  3. Faktor obat-obatan yang memicu meningkatnya kadar asam urat seperti mengonsumsi diuretic dan aspirin. Oleh karena itu jika Anda mengonsumsi salah satu dari obat-obatan tersebut konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.
  4. Faktor genetik dapat memicu timbulnya penyakit asam urat. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan sejarah asam urat maka Anda beresiko terkena penyakit yang sama.
  5. Faktor usia dan jenis kelamin juga mempengaruhi munculnya penyakit asam urat. Pria memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena asam urat karena mereka beresiko terkena gangguan radang dibandingkan dengan wanita. Wanita yang memasuki masa menopause juga memiliki resiko terkena asam urat sama seperti pria.

Tips Agar Asam Urat Tidak Kambuh

Bagi mereka yang menderita asam urat, ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar penyakit tersebut tidak kambuh.

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung potassium tinggi misalnya kentang, tomat, pisang dan yogurt.
  2. Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C misalnya pepaya, jeruk, dan stroberi.
  3. Mempebanyak konsumsi karbohidrat kompleks mialnya singkong, roti, ubi, dan nasi.
  4. Mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana misalnya permen, gula, gulali, arum manis, dan sirup.
  5. Tidak mengonsumsi aspirin dan tidak bekerja terlalu keras.
  6. Bagi mereka yang menderita obesitas maka mereka harus menurunkan berat badan dengan berolahraga dan makan makanan yang bergizi.
  7. Menyesuaikan asupan makanan dengan kebutuhan tubuh berdasarkan pada tinggi dan berat badan.

Beberapa hal dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit asam urat seperti menghindari makanan yang memicu munculnya asam urat yaitu jeroan, menghindari seafood, makanan kaleng, kaldu atau kuah daging kental dan telur. Selain itu ada beberapa makanan yang harus dihindari seperti melinjo, emping, bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, buncis dan kembang kol. Menghindari konsumsi kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai, oncom, tempe, dan tauco serta tidak minum susu kedelai. Kemudian, tidak mengonsumsi buah durian, nanas, air kelapa dan alpokat. Tidak minum alkohol dan bagi mereka yang menderita obesitas hendaknya untuk menurunkan berat badan. Berolah raga juga salah satu langkah awal untuk mengurangi resiko penyakit asam urat dan bagi mereka yang sudah menderita penyakit ini pun juga bisa melakukan beberapa olahraga seperti bersepeda, jalan kaki, senam ringan dan berenang. Olahraga tersebut termasuk olahraga yang aman untuk penderita asam urat karena tidak memerlukan aktivitas sendi yang aktif untuk melakukan olahraga tersebut. Menjaga kesehatan sangatlah penting agar tidak ada penyakit yang menyerang tubuh, termasuk asam urat. Selain menjaga kesehatan Anda juga harus pintar-pintar dalam memilih makanan yang akan masuk ke dalam tubuh.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

asam-urat

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak …