Custom Search
Home / Daun Yacon / Mengenal Sejarah Daun Yakon Lebih Dalam Lagi
Custom Search

Mengenal Sejarah Daun Yakon Lebih Dalam Lagi

Sejarah Daun Yakon – Tanaman yakon merupakan tanaman yang sedang ngetrend di kalangan penderita diabetes (kencing manis) karena dipercaya dapat membantu menurunkan dan menjaga keseimbangan kadar gula darah, maka dari itu daun yakon juga dikenal sebagai daun insulin. Yakon memiliki nama ilmiah Tithonia diversiviola merupakan tumbuhan perdu dari pegunungan Andes, tanaman ini masih termasuk dalam suku Asteraceae.

Tanaman Yakon dapat tumbuh dengan baik di ketinggian 1350 MDPL dan dengan kelembaban tinggi. Bentuk daun Yakon melebar dan tidak berjari, lebar daun Yakon bisa mencapai 25-30 cm dan ketinggian pohonnya bisa mencapai dua meter. Salah satu indikator bahwa tanaman ini tumbuh dengan bagus, bisa dilihat dari kuncup daun yang berwarna merah keunguan. Bagian batang dan bawah daun Yakon berbulu tipis dan batangnyaberumbi, serta setiap kali tumbuh daun baru selalu tumbuh berhadapan.

ASAL USUL DAUN YAKON

Berdasarkan sejarah, tanaman yang juga dikenal dengan nama Mexican Sunflower ini berasal dari benua Amerika tepatnya di Negara Meksiko kemudian menyebar ke Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Lalu menyebar lagi ke kawasan Asia dan Afrika. Saat itu tanaman Yakon disebarkan sebagai tanaman hias karena memili bunga yang indah mirip dengan bunga aster dan bunga marigold.

Di Indonesia sendiri, tanaman Yakon pun masih lebih dikenal sebagai tanaman hias daripada tanaman obat. Di Jawa, tanaman ini mempunyai nama lain yaitu Rondo Semayu dan Kembang Bulan. Di belahan dunia lainnya yaitu di Jepang, tanaman Yakon dikenal dengan nama Nitobegiku. Pada era Meiji, daun Yakon sudah digunakan untuk pengobatan penyakit demam dan keracunan, meskipun saat itu belum ada penelitian langsung tentangnya. Selain itu, di Afrika daun tanaman ini sering dijadikan pakan ternak karena dianggap tidak bernilai jual. Sementara di China yang dikenal dengan ramuan herbalnya sudah lama memperjualbelikan daun Yakon debagai obat herbal. Sedangkan di Brazil, masyarakatnya biasa mengkonsumsi daun Yakon sebagai teh dan digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.
daun yakon

TANAMAN YAKON DI INDONESIA

Tanaman yakon masih tergolong baru di Indonesia, seperti di negara lain, pada mulanya tanaman yakon bukanlah tanaman yang dianggap memiliki nilai jual atau nilai guna tinggi, awalnya daun yakon hanya digunakan sebagai hiasan rumah dan teras di daerah perkotan, sedangkan di daerah pedesaan daun yakon digunakan sebagai pakan ternak kambing dan sapi.

Pemanfaatan daun yakon sebagai obat diabetes baru diketahui pada tahun 2009 – 2010, banyaknya penelitian yang gencar dilakukan oleh akademisi dan ahli obat herbal yang menyebabkan daun yakon cepat diakui sebagai obat diabetes yang efektif. Oleh sebab itu, tanaman yakon banyak di budidayakan oleh para petani, khususnya di daerah yang memiliki geografis tinggi seperti Bogor, Wonosobo, Bondowoso dan Malang.

Pada awal –awal dikenal sebagai obat diabetes, daun yakon dimanfaatkan dengan cara di seduh dengan air mendidih selama 15 sampai 22 menit, biasanya 5 lembar daun direbus dalam 1 liter air, setelah itu di dinginkan dan siap untuk dikonsumsi, cara lain adalah dengan cara menyeduhnya menjadi teh, process ini memakai daun yakon yang sudah terlebih dahulu dikeringkan.

Seiring berjakanya waktu, inovasi dan kreatifitas dalam pemanfaatan daun yakon semakin banyak, dengan menimbang kebutuhan pasar yang tinggi dan memerlukan produk yang enak dan cepat, maka Wahyu wiji Lestari menciptakan sirup dari umbi daun yakon yang tetap berkhasiat menurunkan diabetes namun lebih praktis dan enak dalam aplikasinya.

yakon

Selain pemanfaatan umbi daun Yakon, tanaman dari jenis pohon berbunga matahari ini juga memanfaatkan daun sebagai obat herbal, terkhusus pada pengobatan diabetes. Hal ini diungkapkan karena di dalam daun yakon mengandung kandungan Insulin yang tinggi yang bisa menyehatkan organ pancreas sehingga bisa bekerja normal untuk menurunkan kadar gula darah dalam darah.

Sepertihalnya produk Najwa Herbal, produk asli hasil budidaya Gunung di Wonosobo ini terbukti telah mampu untuk menolong berbagai macam orang yang terkena penyakit kadar gula darah tinggi. Dalam pengobatannya anda hanya cukup untuk mengkonsumsi herbal ini 3x sehari, insyaAllah kesehatan Anda akan Anda dapatkan kembali dan Anda bisa beraktivitas seperti biasa.

Daun yakon

 

Aturan Pakai :

> Diminum 3x sehari,
> Setelah gula darah menurun, bisa dikurangi 2x sehari
> Setelah 1-2 minggu konsumsi, disarankan mengecek kadar gula darah

Cara Konsumsi serbuk daun yakon:

> Ambil 1 sendok serbuk yakon dari dalam kemasan
> Rebus bersama dengan air panas
> Saring air hasil rebusan dengan saringan
> Minum saat hangat

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

jual serbuk daun yakon

Jual Daun Yakon Powder / Daun Insulin Asli Najwa Herbal

Jual Daun Yacon Powder – Putus asa dengan penyakit diabetes yang tak kunjung sembuh? Mungkin Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *