Home / Seputar Asam Urat / Obat Herbal Daun Salam, Solusi Murah dan Ampuh Untuk Asam Urat

Obat Herbal Daun Salam, Solusi Murah dan Ampuh Untuk Asam Urat

Obat-herbal.com | Tanaman obat asam urat yang banyak terdapat di lingkungan sekitar kita dapat menjadi solusi untuk penyakit ini. Obat Herbal Daun Salam adalah salah satunya. Obat herbal akan memberikan khasiat yang baik tanpa meniggalkan efek samping.

Saat ini, penderita asam urat cenderung lebih sadar akan bahaya penyakit ini. Penderita asam urat tidak lagi mengabaikan gangguan kesehatan ini. Selain itu, mereka telah sadar bahwa asam urat bukanlah penyakit sederhana yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Pasien asam urat kini lebih banyak berusaha mencari informasi tentang penyakit ini dan solusi apa saja yang penting untuk menyembuhkan asam urat. Informasi yang akurat tentu dapat didapatkan dari petugas kesehatan atau dokter. Informasi tambahan mengenai asam urat beserta obatnya saat ini dapat dicari melalui blog kesehatan dan dari berbagai portal online lainnya. Namun demikian, pasien asam urat perlu untuk mencari situs kesehatan yang terpercaya dan memberikan informasi yang benar. Seringkali, pasien asam urat tersesat di portal kesehatan online yang tidak memberikan ulasan yang benar mengenai penyakit asam urat. Untuk pengobatannya, penderita asam urat juga harus jeli dan selektif. Namun demikian, masyarakat tidak perlu khawatir karena berbagai situs online kini memberikan informasi yang tepat dan benar mengenai asam urat dan pengobatannya.

Daun Salam sebagai Obat Asam Urat

Asam urat dapat diatasi dengan ramuan obat tradisional yang dibuat dari tanaman obat. Tanaman obat asam urat dapat dengan mudah ditemui di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu tanaman obat asam urat yang bisa digunakan adalah daun salam. Daun salam umumnya dikenal sebagai bumbu dapur. Daun ini memberikan rasa dan aroma yang sedap untuk memasak sayur. Oleh karena itu, daun salam mudah sekali ditemukan di penjual sayur. Selain itu, daun salam juga dapat ditanam dan tumbuh dengan mudah. Daun salam telah banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan kuliner.

Meskipun dikenal sebagai bumbu, daun salam juga merupakan tanaman herbal yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Daun salam mengandung senyawa minyak atsiri, flavonoid, dan tanning. Zat-zat tersebut dapat membantu mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti asam urat dan kolesterol.

Daun salam atau Eugenia polyanta memiliki sifat astringent karena senyawa-senyawa yang berada di dalam daunnya. Untuk pengobatan dan ramuan untuk mengatasi berbagai penyakit, salam banyak dimanfaatkan daunnya. Namun demikian, kulit, akar, dan buahnya pun juga berkhasiat sebagai bahan obat. Untuk itu, akan sangat bermanfaat apabila masyarakat mulai menanam salam untuk mengambil berbagai manfaat yang dapat diambil dari daun salam. Daun dapat menjadi tanaman obat berkhasiat yang bisa diambil dari pekarangan sendiri.

Cara Mengolah Daun Salam sebagai Obat Asam Urat

Cara meramu daun salam sebagai obat asam urat tidaklah sulit. Pertama, ambillah 10-15 lembar daun salam. Daun salam dapat dimanfaatkan dalam bentuk segar ataupn kering. Rebus daun salam dengan 3 gelas air. Lama merebusnya adalah sampai air rebusan tersisa 1 gelas saja. Ramuan obat herbal asam urat dari daun salam tersebut dapat segera dikonsumsi 2 kali sehari. Penderita asam urat dapat mengkonsumsi setengah gelas saja untuk sekali minum. Agar hasilnya maksimal, penderita asam urat harus mengkonsumsi obat herbal ini secara rutin dan teratur. Ramuan obat daun salam untuk asam urat tidak hanya mudah dibuat dan berkhasiat tapi juga murah.

Selain menggunakan berbagai pengobatan herbal seperti daun salam sebagai obat asam urat, penderita penyakit ini juga harus menerapkan gaya hidup sehat dan beberapa aktifitas lain untuk mencegah asam urat datang kembali.

Berikut adalah 8 cara untuk mencegah asam urat datang kembali

  1. Penderita harus mengurangi atau menghindari sama sekali makanan yang mengandung zat purin. Segala jenis jeroan sapi, seafood, dan kacang-kacangan adalah pantangan bagi penderita asam urat.
  2. Pasien penyakit asam urat harus mengkonsumsi air putih lebih banyak. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan pembuangan zat purin yang berlebihan di dalam tubuh melalui urin.
  3. Akan lebih baik jika pasien dapat mengkonsumsi jus buah cherry setiap hari. Cherry mengandung zat yang penting untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.
  4. Dokter juga menyarankan agar pasien asam urat juga mengkonsumsi banyak makanan atau minuman yang bersifat basa. Jus lemon dan air perasan jeruk nipis adalah contoh minuman yang bersifat basa.
  5. Asam urat juga dapat dikendalikan dengan cuka madu.
  6. Untuk menurunkan asam urat dan mengatasi efek nyerinya, penderita asam urat harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.
  7. Konsumsi bahan herbal dan bahan alami seperti apel, bunga rosella hitam, daun sirsak, mengkudu, kulit manggis, kumis kucing, jahe, sambiloto, dan tanaman obat yang lain juga akan berkhasiat untuk mengatasi asam urat.
  8. Penting juga bagi penderita untuk mengatasi asam urat dengan tanaman obat tradisional seperti daun salam.

Pola hidup yang sehat, pola makan yang sehat, dan ramuan daun salam untuk mengatasi asam urat dapat menjadi solusi yang baik untuk masalah asam urat.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

asam-urat

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak …