Home / Seputar Asam Urat / Olahraga yang Dianjurkan Untuk Penderita Asam Urat

Olahraga yang Dianjurkan Untuk Penderita Asam Urat

Obat-online.com | Gaya hidup masyarakat saat ini dapat dikatakan kurang bahkan tidak sehat. Gaya hidup yang kurang sehat tersebut dipacu oleh berbagai macam makanan yang dikonsumsi masyarakat yang tidak diimbangi dengan olahraga teratur. Sebagai hasilnya, berbagai macam penyakit menjangkiti mereka dimana salah satu diantaranya adalah asam urat. Sebelumnya, penyakit asam urat hanya muncul pada orang-orang lanjut usia karena kekuatan sendi yang sudah berkurang namun sekarang orang-orang muda pada usia 30-an sudah mulai banyak menunjukkan gejala asam urat.

Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat kini telah menyerang orang-orang usia 30-an sehingga sedini mungkin kita harus dapat mencegah munculnya penyakit ini. Asam urat muncul bukan tanpa sebab. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit asam urat.

  1. Penyakit asam urat disebabkan oleh penumpukan kadar asam urat dalam darah yang tidak mampu dikeluarkan oleh ginjal sewaktu proses pencernaan berlangsung.
  2. Penyakit asam urat muncul karena banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin.
  3. Berhubungan dengan zat purin tersebut, jika kadar zat purin dalam jumlah yang banyak masuk ke dalam tubuh maka zat tersebut akan berubah menjadi asam urat melalui proses metabolisme.
  4. Terjadi peningkatan kadar asam urat dalam tubuh sehingga ginjal tidak mampu untuk membuang kelebihan asam urat tersebut.
  5. Terdapat banyak Kristal asam urat yang menyumbat persendian sehingga sendi-sendi pada tubuh akan terasa nyeri saat digerakkan.

Gejala penyakit asam urat yang sering dijumpai adalah:

  1. Nyeri pada persendian yang diikuti rasa ngilu, linu, kesemutan dan untuk gejala yang sangat parah adalah membengkaknya persendian yang berwarna kemerahan.
  2. Nyeri pada persendian di pagi hari saat bangun tidur atau di malam hari.
  3. Nyeri pada sendi yang terjadi berulang-ulang.
  4. Nyeri pada sendi lutut, jari tangan, jari kaki, tumit dan pergelangan tangan.

Tipe Olahraga Untuk Penderita Asam Urat

Tidak semua jenis olahraga dapat dilakukan oleh penderita asam urat karena olahraga yang tidak tepat akan mengakibatkan kondisi pengapuran asam di dalam persendian akan menjadi semakin parah. Selain memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi penderita asam urat juga harus pintar-pintar dalam memilih jenis olahraga yang tidak menyebabkan penyakit asam uratnya semakin parah. Olahraga memang harus tetap dilakukan meskipun Anda menderita asam urat. Berikut adalah tipe olahraga yang cocok untuk penderita asam urat:

  1. Jalan kaki adalah salah satu olahraga yang cocok untuk penderita asam urat. Dengan berjalan kaki secara rutin, terutama di pagi hari, maka kalori yang berlebih di dalam tubuh akan terbakar dan tulang serta otot di dalam tubuh juga akan semakin kuat tanpa harus menyiksa persendian.
  2. Naik sepeda dan berenang adalah jenis olahraga yang sesuai untuk penderita asam urat karena olahraga tersebut tidak melibatkan sendi-sendi tertentu untuk bekerja. Kedua olahraga tersebut melibatkan semua sendi untuk bergerak sehingga tubuh akan semakin sehat tanpa menyakiti sendi-sendi yang terkena asam urat.
  3. Senam ringan adalah alternatif yang menyenangkan untuk penderita asam urat. Senam ringan di pagi hari seperti melakukan peregangan pada kaki, tangan dan persendian akan mengembalikan fleksibilitas tubuh sehingga tubuh tidak akan kaku.

Penderita asam urat memang harus pintar dalam memilih jenis olahraga yang sesuai dengan penyakit mereka dan jenis-jenis olahraga seperti bulu tangkis, voli, tenis, dan bela diri sangat tidak dianjurkan untuk penderita asam urat. Olahraga tersebut adalah olahraga yang membutuhkan kondisi sendi yang sehat karena pergerakan dari jenis olahraga tersebut berfokus pada sendi-sendi tertentu. Selain itu, bulu tangkis, voli, tenis, dan bela diri harus dilakukan dengan gerakan lincah dan aktif dimana penderita asam urat akan mengalami nyeri pada sendir mereka jika mereka memaksakan untuk melakukan olahraga tersebut.

Makanan yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi oleh Penderita Asam Urat

Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat agar nyeri pada persendian tidak semakin parah. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat:

  1. Jeroan seperti usus, hati, ginjal, limpa, paru dan otak yang biasanya berasal dari ayam, sapi atau kambing.
  2. Seafood seperti kerang, cumi-cumi, udang, tiram, kepiting, sotong, ikan, ikan sarden dan ikan teri.
  3. Daging yang sudah diproses seperti abon dan dendeng.
  4. Daging sapi, daging kambing dan daging kuda.
  5. Bebek, kalkun dan angsa.
  6. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang kedelai (tempe, oncom, susu kedelai, tauco), kacang hijau, melinjo, tauge, dan emping.
  7. Beberapa jenis sayuran seperti kembang kol, asparagus, bayam, jamur kuping, buncis, daun singkong, kangkung dan daun pepaya.
  8. Telur, keju, es krim, kaldu atau kudah daging yang kental, dan krim.
  9. Beberapa jenis buah-buahan seperti durian, air kelapa dan nanas.
  10. Makanan bersantan, yang digoreng maupun yang menggunakan margarin.
  11. Makanan yang mengandung banyak protein dan lemak.
  12. Mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana seperti permen, gula, arum manis, sirup dan gulali.
  13. Tidak minum aspirin.

Jenis-jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat yaitu:

  1. Makanan yang mengandung potassium tinggi seperti kentang, pisang dan yogurt.
  2. Buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C seperti pepaya, jeruk, stroberi, buah naga, labu kuning dan tomat.
  3. Karbohidrat seperti singkong, nasi, roti dan ubi.
  4. Banyak minum air putih untuk membantu mengeluarkan Kristal asam urat dari tubuh melalui urin.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

asam-urat

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak …