Custom Search
Home / Daun Yacon / Apa Kata Para Ilmuwan tentang Daun Yakon Setelah Dilakukan Penelitian?
Custom Search

Apa Kata Para Ilmuwan tentang Daun Yakon Setelah Dilakukan Penelitian?

Daun Yakon atau yang dikenal dengan nama daun insulin memiliki nama ilmiah smallanthus sonchifilius merupakan tumbuhan asli benua Amerika Selatan. Selama berabad – abad daun Yakon oleh penduduk Amerika Selatan digunakan untuk obat Hipoglikemik, Hiplogikemik adalah suatu penyakit dimana kadar gula dalam darah dibawah batas normal.

Batas normal gula dalam darah di bagi menjadi dua, yakni sebelum makan yang berkisar antara 70 – 130 mg/dL dan setelah makan yakni dibawah 180 mg/dL. Empat tahun belakangan, Yakon mulai di gemari oleh orang Indonesia untuk mengobati penyakit Diabetes mellitus atau lebih dikenal dengan nama kecing manis. Dengan meningkatnya permintaan Yakon, maka semakin banyak penelitian yang dilakukan oleh akademisi dan mahasiswa terkait daun Yakon.

Penelitian Daun Yakon / Insulin Oleh Ilmuwan

penelitian daun yakon

Pada tahun 2013 Wahyu Wiji Lestari dari Universitas Muhamadiyah Surakarta melakukan penelitian dengan memanfaatkan ekstra daun Yakon yang dikombinasikan dengan kayu manis & buah jamblang untuk menghasilkan sirup yang ramah bagi penderita diabetes mellitus. Buah jamblang dipilih untuk campuran dari sirup dikarenakan memiliki rasa manis dan sumber pigmen antisioanin, buah jamblang memiliki kandungan antisioanon paling tinggi ketika sudah matang sempurna, hal itu bisa dilihat dari warna kulit buah yang berwarna ungu secara sempurna, kandungan antisioanin kulit buah jamblang yang sudah matang sempurna dapat mencapai 3.79 mg CyE/g. Selain kandungan antisioanin yang tinggi, buah jambalang juga memiliki warna yang menarik dan rasa yang manis, sehingga cocok untuk campuran dari sirup daun yakon. Metode penelitian ini adalah mencampurkan daun yakon, buah jamblang dan kayu manis dengan komposisi tertentu, lalu di uji dengan menggunakan pengujian organoleptik, yakni pengujian yang menggunakam panca indra untuk menentukan hasil terbaik. Dari hasil penelitian tersebut, dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa 100 daun yakon yang ditambah dengan 40 ml ekstrak buah jamblang dan 40 ml ekstrak kayu manis merupakan campuran terbaik untuk menghasilkan sirup yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes jika diniai dari rasa dan warna.

Pada tahun 2014, Vitta Permata Sarie mahasiswi kedokteran gigi dari Universitas Jember, melakukan penilitian ekperimental laboratories terhadap daun yakon yang di seduh, dan digunakan untuk meneliti kandungan LDL (Low Density Lipoprotein) dan HDL ( High Density Lipoprotein ) dengan subjek penelitian tikus yang terkena diabetes penelitian ini menggunakan the test post only control group design. Secara umum, kandungan LDL pada penderita diabetes akan naik, sedangkan kandungan HDL akan turun, sehingga penelitian ini berfokus pada pengaruh seduhan daun Yacon terhadap kandungan LDL dan HDL pada tikus yang sebelumnya sudah dikondisikan dalam laboratorium selama 7 hari. Dari hasil penelitian menunjukan, bahwa seduhan daun yakon seberat 3.6 ml/ 200 gr berat tikus yang diberikan selama 14 hari, secara efektif dapat menurunkan kadar LDL, namun tidak mengubah kadar HDL secara signifikan, hal ini kemungkinan disebabkan oleh kandungan fruktosa dari daun yakon yang dapat mencapai 3 – 22 % atau juga dikarenakan waktu induksi yang terlalu pendek.

Laras R Ardanareswari dan Annisatul Muqqorobin dari Universitas Islam Negeri Hidayatullah pada tahun 2014, melakukan penelitian terhadap ekstra daun yakon terhadap gula darah. Extra daun yakon dibuat dengan cara mengeringkan daun yakon lalu diekstra, kemudian di jadikan bubuk dengan bantuan lab yang ad adi IPB, dari 1 kg bahan baku daun yakon, didapatkan ektra daun kering daun yakon sebanyak 250 gram. Dengan memberikan eksta daun yakon sebanyak 300 mg/berat badan tikus selama 14 hari, didapatkan bahwa kandungan gula darah pada tikus yang sudah diberi induksi aloksan dapat normal, selain itu, ektra daun yakon juga menghambat terjadinya kerusakan organ.

Hasil Penelitian Daun Yakon

Dari hasil penelitian daun yakon yang sudah dilakukan selama 4 tahun belakangan ini, dapat disimpulkan daun yakon dapat :

  • menurunkan LDL / Kolesterol
  • memperbaiki kandungan gula darah
  • menjaga organ tubuh seperti pakreas, jantung dan lambung. Hal ini dikarenakan daun yakon mengandung lipit,serat, protein, sakarida dan memiliki fungsi seperti insulin yang dapat menurunkan produksi glukosa di hepatosit.

Oleh karena itu, para ilmuwan tersebut merekomendasikan bahwa Daun Yakon bisa dijadikan alternatif pengobatan untuk penyakit tersebut dengan cara mengkonsumsi secara teratur merupakan persyaratan utama agar mendapatkan hasil yang maksimal dari daun yakon.

Ingin mencoba membeli Daun Yakon yang banyak manfaatnya ini terkhusus untuk menurunkan kadar gula darah ? SILAHKAN KLIK => DAUN YAKON

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

jual serbuk daun yakon

Jual Daun Yakon Powder / Daun Insulin Asli Najwa Herbal

Jual Daun Yacon Powder – Putus asa dengan penyakit diabetes yang tak kunjung sembuh? Mungkin Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *