Home / Jual Sarang Semut / Sarang Semut Sang Penyembuh Asam Urat

Sarang Semut Sang Penyembuh Asam Urat

Bagi penderita seringkali merasakan nyeri pada persendian, baik kaki maupun tangan. Nyeri yang dirasakan oleh orang yang menderita asam urat tentu akan mengganggu aktivitasnya. Gangguan aktivitas akan memengaruhi dari kualitas hidup orang tersebut sehingga perlu untuk disembuhkan. Selain itu apabila tidak segera diobati dan dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang, penimbunan asam urat akan menyebabkan berbagai macam komplikasi yang dapat membahayakan tubuh, contoh adalah sebagai berikut :

 

Tophi/tofus


Menumpuknya asam urat dalam jangka waktu yang lama menyebabkan pengendapan asam urat yang kemudian menimbulkan benjolan kecil yang disebut dengan Tophi atau Tofus. Benjolan tersebut yang memiliki warna kekuningan atau keputihan biasanya muncul di bagian siku, lengan, ibu jari kaki dan tangan, telinga, tumit, lutut dan sepanjang punggung pergelangan kaki.
Meskipun tidak begitu terasa nyeri, namun tophi dapat menjadi peradangan dan menjadi bengkak saat datang serangan asam urat. Selain itu tophi biasanya juga mengeluarkan cairan yang kental seperti pasta gigi. Tentu hal ini akan sangat mengganggu dari aktivitas sehari-hari.

 

Kerusakan Sendi


Sendi juga dapat mengalami kerusakan apabila terjadi pengendapan asam urat dalam jangka waktu lama. Masalah ini terjadi saat kadar asam urat melewati nilai normal sehingga sudah tidak dapat dikontrol dan menyebabkan sendi kaku serta sulit digerakkan. Biasanya kerusakan sendi terjadi setelah munculnya tophi. Karena sudah masuk stadium lanjutan maka perlu dilakukan operasi untuk pengobatannya.

 

Batu Ginjal


Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang berfungsi sebagai saluran eksresi atau pembuangan zat-zat yang sudah tidak berguna bagi tubuh salah satunya adalah asam urat. Karena asam urat tidak mudah larut dengan cairan tubuh maka penumpukan asam urat di ginjal dalam jangku waktu yang lama dapat menjadi batu asam urat. Bila dibiarkan hal ini dapat mengganggu kinerja dari ginjal itu sendiri dan dapat menyebabkan komplikasi lainnya yang lebih serius.

Penyakit Jantung


Kadar asam urat yang melebihi nilai normal akan menyerang lapisan terdalam dari pembuluh darah yang bernama endotel. Apabila endotel telah mengalami kegagalan fungsi maka akan menyebabkan penyakit jantung coroner.

 

Stroke


Tingginya kadar asam urat juga dapat menyebabkan aliran darah dalam tubuh menjadi tidak lancar. Gangguan ini dapat menjadi pemicu stroke pada penderita asam urat.

 

Merusak saraf


Tingginya penumpukan asam urat apabila terjadi di dekat syaraf maka dapat membahayakan dari syaraf itu sendiri sehingga menyebabkan gangguan fungsi syaraf.

 

Diabetes


Menurut penelitian dari seorang professor dari Standford University, California, yang bernama Khrisnan menunjukkan bahwa kandungan asam urat yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan resiko diabetes sebesar 20% dan memicu gagal ginjal sebesar 40%..

 

Pengertian Asam Urat

Hal utama yang menyebabkan terjadinya rematik pada tubuh adalah asam urat, sehingga tubuh merasakan nyeri pada persendian. Asam urat adalah sebuah asam yang berbentuk kristal yang merupakan produk dari hasil akhir metabolisme atau pemecahan purin yaitu suatu protein yang ada di dalam tubuh. Purin diproduksi secara alami oleh tubuh dan terdapat pada beberapa jenis sayuran seperti bayam, kacang-kacangan serta juga terdapat pada hewan seperti daging merah, jeroan, sarden. Asam urat memiliki sifat yang sukar larut bersama dengan cairan tubuh dan asam urat mudah sekali untuk mengendap jika kadarnya meningkat sedikit saja dari batas normal. Dalam tubuh asam urat akan diekskresikan atau dikeluarkan sebagain besar melalui ginjal dan sisanya melalui hati.

Nilai normal kadar asam urat dalam tubuh secara medis dibedakan berdasarkan usia dan jenis kelamin. Kadar asam urat pada laki-laki dan perempuan remaja rata-rata 3,5mg/dL, setelah pubertas, sementara itu kadar asam urat laki-laki dapat meningkat secara bertahap dan mencapai kadar 5,2 mg/dL, sedangkan pada perempuan cenderung tetap rendah karena memiliki hormon esterogen yang dapat berfungsi untuk membantu mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh. Peningkatan kadar asam urat perempuan seringkali tercatat pada waktu memasuki masa menopause. Pada saat tersebut kadar asam urat wanita dapat mencapai 4,7 mg/dL. .Untuk kadar asam urat normal, bagi laki-laki 7,0 mg/dL dan bagi perempuan 6,0 mg/dL.

Selama kadar asam urat tetap berada pada kondisi normal, tubuh tidak akan merasakan gejala yang ditimbulkan oleh kelebihan asam urat seperti nyeri pada pergelangan dan persendian. Tubuh akan mulai merasakan gejalanya apabila telah mencapai lebih dari nilai normal tersebut. Oleh karenanya yang perlu dilakukan dalam mengobati asam urat adalah dengan menurunkan kadarnya hingga batas normal. Hiperurisemia adalah istilah yang jamak digunakan dalam dunia medis untuk menyatakan peningkatan asam urat dalam tubuh.

Penyebab Asam Urat

Penyebab asam urat adalah karena telah terjadi penjenuhan akibat dari konsentrasi asam urat dalam tubuh telah melewati nilai normal. Faktor yang dapat menyebabkan hiperurisemia diantaranya adalah karena produksi asam urat berlebih karena makanan atau hal lainnya, pembuangan asam urat dari tubuh melalui ginjal berkurang, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut.

Asam urat merupakan produk dari hasil akhir metabolisme atau pemecahan purin yaitu suatu protein. Secara alami, purin diproduksi oleh tubuh dan terdapat pada beberapa jenis sayuran seperti bayam, kacang-kacangan serta juga terdapat pada hewan seperti daging merah, jeroan, sarden. Asam urat memiliki sifat yang sukar larut bersama dengan cairan tubuh dan asam urat mudah sekali untuk mengendap jika kadarnya meningkat sedikit saja dari batas normal. Dalam tubuh asam urat akan diekskresikan atau dikeluarkan sebagain besar melalui ginjal dan sisanya melalui hati.

Cara Mengobati Asam Urat

Untuk mengobatai penyakit yang diderita, orang-orang banyak yang memilih obat tradisional daripada obat kimia, tak terkecuali penderita asam urat. Kebanyakan, lebih memilih obat asam urat alami dari tumbuhan daripada obat asam urat di apotek. Selain karena harganya yang dirasa terjangkau, juga karena dirasa lebih aman daripada bahan-bahan kimia pada obat asam urat di apotek.

Sebagai negara yang terletak pada iklim tropis, Indonesia memiliki beragam keanekaragaman hayati yang juga dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Begitupun dengan penyakit kelebihan asam urat ini dapat diturunkan kadar asam urat dalam darah dengan bantuan beberapa obat asam urat alami dari tumbuhan. Beberapa tumbuhan contohnya adalah binahong, meniran, daun salam, buah mengkudu, daun sirsak, sarang semut dan lain-lain.

Sarang semut papua adalah sebuah tanaman yang menempel pada tanaman lainnya ini telah lama digunakan oleh masyarakat untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya adalah asam urat. Oleh masyarakat Papua sendiri, sarang semut ini telah dimanfaatkan sebagai pengobatan dengan cara digunakan sebagai campuran bubur atau minuman.

Tim fakultas kedokteran Universitas Gajah Mada yang lakukan penelitian pada sarang semut menyatakan bahwa sarang semut bersifat panasea. Yang artinya adalah sarang semut dapat digunakan untuk mengobati banyak penyakit., mulai dari penyakit yang ringan seperti wasir dan rematik juga dapat digunakan untuk penyakit yang berat seperti diabetes hingga kanker. Dalam sarang semut ditemukan banyak sekali kandungan yang bermanfaat seperti flavonoid, tokoferol magnesium, kalsium, besi, fosfor, natrium dan seng.

Untuk mendapatkan sarang semut saat ini, anda tidak perlu ke Papua, cukup dengan membelinya dibeberapa tempat, terutama di obat-online.com Untuk mengonsumsi sarang semut pun anda tidak perlu repot repot mengolahnya menjadi bubur atau minuman karena saat ini telah tersedia sarang semut dalam bentuk kapsul yang aman dan nyaman dikonsumsi. Segera sembuhkan penyakit asam urat anda dengan sarang semut hanya di obat-online.com.

Comment

comments

About faizal

Check Also

Kenali Daun Salam Sebagai Obat Asam Urat Alami yang Ampuh

Penyebab Asam Urat Penyebab utama terjadinya rematik pada tubuh adalah asam urat, sehingga tubuh merasakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *