Home / Info Diabetes / Sudah Tahukah Anda Tentang Diabetes Kering?

Sudah Tahukah Anda Tentang Diabetes Kering?

Diaconabet.com || Diabetes atau kencing manis merupakan salah satu penyakit dengan penderita terbanyak di Asia. Pola makan dan pola hidup yang buruk saat ini terbukti menjadi faktor utama yang menjadi pencetus naiknya tingkat penderita diabetes akhir-akhir ini.Ada dua jenis diabetes yang umum dikenal dalam masyarakat; yakni diabetes kering dan diabetes basah. Apa perbedaannya? Dan bagaimana cara pencegahan dan adakah obat herbal diabetes kering yang ampuh untuk menyembuhkannya? Simak penjelasan berikut ini :

Apa sebenarnya diabetes kering itu?

Memang diabetes kering dan basah kita perlu ketahui. Diabetes kering sebenarnya hanyalah istilah yang dikenal di masyarakat awam. Dikatakan diabetes kering karena sebagian besar penderitanya akan mengalami penurunan badan yang drastis akibat reaksi gangguan metabolisme yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam tubuh.

Apa yang menyebabkan tubuh penderita diabetes kering kurus?

Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung gula, ada hormon dalam tubuh yang disebut insulin yang bertugas merubahnya menjadi glukosa dan mengatur masuknya glukosa ke dalam darah. Insulin ini menjadi juru kunci arus masuknya glukosa ke dalam peredaran darah. Namun demikian, jika tingkat gula terlalu tinggi, maka kinerja insulin menjadi terganggu. Inilah yang akan menyebabkan glukosa tidak bisa masuk ke dalam pembuluh darah dan menumpuk di luar pembuluh darah. Lalu apa yang akan terjadi?

Glukosa berfungsi memberikan energi pada tubuh untuk melakukan aktivitas setiap saat. Ketika insulin tak lagi berfungsi sebagaimana mestinya dan tak ada glukosa yang bisa masuk ke dalam peredaran darah, maka tubuh akan mengambil energi dari lemak tubuh. Bayangkan jika ini terus menerus terjadi. Lemak akan terus digunakan dan tubuh akan kehilangan beratnya. Inilah yang menyebabkan tubuh para penderita diabetes kering menjadi kurus kering. Sebagai dampaknya, sebagian besar penderita diabetes kering akan memiliki nafsu makan yang amat besar, namun berat badannya tetap rendah. Mereka juga akan selalu merasa haus. Mengetahui ciri diabetes kering dan basah memang sangat perlu.

Bagaimana cara pencegahan dengan obat herbal diabetes kering secara alami?

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencegah terjangkitnya penyakit diabetes kering atau diabetes lainnya dalam tubuh kita?

–          Pola Makan Sehat

Makanan tak sehat adalah salah satu pemicu munculnya penyakit diabetes. Anda harus mengatur asupan makanan dan minuman dengan rasa manis agar tidak berlebihan. Selain itu, camilan-camilan tidak sehat seperti gorengan dalam jumlah berlebih juga bisa memicu tinggingnya gula darah dalam tubuh. Jadi mulai sekarang milikilah pola makan sehat dengan nutrisi yang seimbang seheri-hari.

–          Pola Hidup Sehat

Istirahat yang cukup, mengurangi begedang, berhenti merokok dan minum alkohol, serta melakukan olah raga secara teratur merupakan cara yang juga efektif untuk mencegah munculnya penyakit diabetes dalam tubuh Anda.

–          Berpikiran Positif

Tingkat stress yang tinggi juga memicu naiknya kadar gula dalam darah. Ini karena ketika mengalami stress tubuh akan secara otomatis meningkatkan glukosa dalam darah untuk dijadikan sumber energi tambahan yang diperlukan ketika tubuh mengalami stress. Jadi lakukan hal-hal yang membuat pikiran Anda tenang ditengah-tengah kesibukan Anda bekerja dan beraktivitas seperti rekreasi atau sekedar menikmati waktu bersama keluarga di akhir pekan.

Pengobatan alami untuk penderita diabetes kering

Akan tetapi, jika Anda sudah terkena penyakit diabetes kering ini, maka yang perlu Anda lakukan pertama kali Adalah melakukan diet. Bagaimana bentuk diet bagi penderita diabetes kering:

  1. Jauhi nasi putih, ganti dengan beras merah, sorgum, atau gandum.
  2. Konsumsi sayuran segar.
  3. Jauhi makanan dengan sodium tinggi (asin).
  4. Jauhi makanan instan dan kalengan.
  5. Pilih susu skim fat yang rendah lemak.
  6. Daging dan protein rendah lemak juga direkomendasikan untuk para penderita diabetes.

Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah melakukan olah raga secara teratur. Anda bisa memulainya dengan berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari minimal 5 hari selama satu minggu.

Yang terakhir, konsumsi suplemen-suplemen yang mengandung magnesium, seng, dan proxeronin yang diyakini bisa membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh.

Jadi, kini Anda sudah mengetahui cara alami mencegah timbulnya diabetes kering bukan. Pola hidup sehat dan pola makan yang sehat merupakan kunci dari hidup yang sehat sebagai usaha untuk mencegah munculnya penyakit-penyakit yang berbahaya dalam tubuh.

 

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

diabetes mellitus

Ternyata Banyak Begadang Menimbulkan Diabetes!

Diaconabet.Com || Apakah Anda memiliki kebiasaan begadang? Kata penyanyi dangdut Rhoma Irama dalam salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *