Home / Seputar Asam Urat / Tahukah Anda Perbedaan Asam Urat dan Rematik?

Tahukah Anda Perbedaan Asam Urat dan Rematik?

Obat-online.com | Ada banyak macam penyakit yang menyerang persendian dan mengganggu kinerja tulang. Masyarakat awam biasanya menganggap penyakit-penyakit tersebut sama dan mengidentifikasinya hanya berdasarkan pada perasaan. Masih banyak pula orang yang menganggap hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan penyebab penyakit sebagai penyebab utamanya, ini membuat seringkali penanganan penyakit-penyakit ini menjadi tidak tepat yang mengakibatkan penderita mengalami keterlambatan penanganan penyakit yang bisa mengancam jiwanya.

Seperti sebuah mitos yang mengatakan bahwa mandi di malam hari bisa menyebabkan sakit reumatik. Benarkah mitos itu benar? Atau ada penyebab lain yang menimbulkan penyakit yang bisa melumpuhkan si penderita ini?

Perbedaan Asam Urat dan rematik

Seperti halnya kebanyakan orang yang mengira bahwa penyakit asam urat dan kolesterol adalah dua penyakit yang sama, seperti itulah penyakit Asam Urat dan Rematik dianggap merupakan satu jenis penyakit yang sama, padahal ada sedikit perbedaan diantara keduanya:

Penyakit Asam Urat: Penyakit asam urat disebabkan oleh tingginya kadar purin yang tinggi pada tubuh yang dibawa oleh makanan-makanan dengan kadar purin yag tinggi; seperti, daging merah, makanan laut, jeroan, kacang-kacangan, gorengan, dll. Penyakit ini membuat si penderita mengalami beberapa gejala sebagai berikut:

  • Sering mengalami kesemutan
  • Mengalami ngilu di persendian akibat penumpukan purin khususnya di malam dan sore hari
  • Pada tahap lebih lanjut terjadi pembengkakan dan memar di persendian yang menyebabkan rasa nyeri yang amat sangat jika digerakkan

Penyakit rematik: Penyakit rematik disebabkan oleh beberapa sebab yang meliputi sebab lingkungan, genetik, dan kebiasaan buruk. Penyakit ini disebabkan oleh autoimun yang bisa menyebabkan peradangan sendi kronik. Autoimun adalah kondisi dimana imun salah mengenali musuh dan menyerang jaringan tubuh yang lain. Penyakit ini ditandai dengan:

  • Rasa hangat dan bengkak pada persendian
  • Persendian kaku di pagi dan malam hari
  • Adanya gejala sistemik seperti demam, dan nafsu makan berkurang
  • Mudah lelah dan lemah

Perbedaan: Dari sedikit uraian di atas bisa diketahui perbedaan pada gejala kedua penyakit yang hampir sama ini. Jika pada penyakit asam urat nyeri dan ngilu hanya terjadi pada persendian, maka pada rematik ngilu dan nyeri terjadi di area yang lebih luas. Biasanya area yang mengalami nyeri atau ngilu berbentuk simetris.

Kemudian, jika penyakit asam urat bisa diobati dengan mengatur diet makanan dan olah raga, maka penyakit rematik tidak bisa secara total disembuhkan. Selain itu, ngilu dan nyeri pada persendian akibat asam urat tinggi tidak menimbulkan kelumpuhan dan cacat. Sedangkan pada rematik, jika pengobatan dilakukan secara terlambat dan salah maka bisa berujung pada kelumpuhan, cacat, bahkan kematian.

Pengobatan Penyakit Asam Urat dan Rematik

Penyakit Asam Urat bisa disembuhkan dengan menurunkan kadar Asam Urat dalam darah dengan:

  • Menerapkan pola makan sehat dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi
  • Menerapkan pola hidup sehat dengan menghindari rokok, minuman beralkohol, begadang, dan meningkatkan aktivitas tubuh termasuk olah raga.

Sementara itu, pengobatan rematik bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, proteksi sendi, hingga operasi. Pengobatan pada penyakit yang bisa menyebabkan kelumpuhan ini juga bisa dilakukan secara medis dengan menggunakan sistem ‘Sitokin Alternating’ yang akan menghilangkan peradangan dan menghambat penyebaran rasa ngilu pada persendian.

Pencegahan Penyakit Asam Urat dan Rematik

Ada banyak penyakit yang sebenarnya bisa dihindari dengan mudah jika saja kita bisa selalu menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat. Tapi terkadang lingkungan juga menjadi penyebab timbulnya sebuah penyakit. Oleh karena itu agar terhindar dari penyakit asam urat dan juga rematik, kita juga dianjurkan untuk menerapkan pola makan dan pola hidup sehat dimulai dari sekarang.

Dengan mengetahui penyebab dan gejalanya, kita pastinya sudah mengetahui hal-hal yang harus dihindari agar tidak terkena kedua penyakit ini seperti:

  • Menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung purin secara berlebihan.
  • Menerapkan pola makan sehat dengan mengatur asupan makanan yang masuk kedalam tubuh secara seimbang.
  • Meghindari kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, begadang, dan lain-lain
  • Meningkatkan aktivitas fisik dengan berolah raga atau berjalan kaki ke tempat kerja jika memungkinkan.
  • Meluangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga atau sahabat untuk menyegarkan pikiran.
  • Mengurangi faktor pemicu stress seperti bekerja berlebihan atau tenggelam dalam sebuah masalah secara berlarut-larut.
  • Meluangkan waktu untuk berekreasi untuk penyegaran pikiran dari beban kerja dan beban hidup.
  • Berpikiran positif dan optimis dalam menghadapi segala masalah.

Yang harus dilakukan ketika terserang penyakit Asam Urat dan Rematik

Jika Anda telah merasakan beberapa gejala atau tanda kedua penyakit di atas, maka sebaiknya Anda segera pergi ke dokter atau laboratorium untuk memastikan penyakit yang Anda derita. Penanganan yang cepat dan tepat akan memberikan kemudahan bagi pengobatan. Apalagi pada penyakit rematik, pengobatan dan penanganan yang terlambat bisa berakibat pada kelumpuhan dan cacat fisik di masa yang akan datang. Jadi, selalu mawas diri dan sadar terhadap segala yang terjadi pada tubuh dan kesehatan kita.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

refleksi_1

Asam Urat Dengan Kolesterol; Apa Bedanya?

Obat-online.com | Asam urat dan kolesterol adalah dua penyakit yang sangat umum di tengah perbincangan …