Home / Herbal Diabetes / Tanaman Alternatif Pengobatan Diabetes

Tanaman Alternatif Pengobatan Diabetes

Diaconabet.Com | Tanaman Alternatif Obat Herbal Diabetes | Pengobatan penyakit diabetes dapat berasal dari dua jenis obat; medis dan herbal. Pasien dapat menggunakan tanaman obat herbal diabetes sebagai alternative untuk obat herbal.

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang serius karena dapat menyebabkan komplikasi yang parah. Komplikasi kronis dari diabetes umumnya terjadi pada pembuluh darah. Fungsi mata, saraf, dan timbulnya luka diabetik yang berakhir dengan amputasi dapat terjadi pada kondisi tertentu. Selain itu, penderita diabetes dapat juga menderika komplikasi akut seperti hiperglikemia maupun hipoglikemia.

Hiperglikemia adalah  kondisi pasien yang berbahaya karena naiknya gula darah secara tiba-tiba. Kondisi hipoglikemia; turunnya kadar gula secara drastic dan tiba-tiba juga dapat membahayakan nyawa pasien.

Obat-obatan anti diabetes sering menyebabkan kedua kondisi tersebut. Oleh karena itu, pentin bahwa pasien diabetes menggunakan juga pengobatan alami dan herbal untuk mengatasi penyakit diabetes yang diderita.

Selain menjaga pola makan dan membatasi gula serta karbohidrat, pasien dapat mengkonsumsi tanaman obat yang menjadi pengobatan alternative untuk diabetes.

Pasien dapat mulai mengolah tanaman yang telah terpercaya dapat mengurangi kadar gula dalam tubuh. Baik untuk obat herbal diabetes basah dan obat herbal diabetes kering dengan tumbuhan seperti aloevera, ekstrak bilberry, bitter melon, cinnamon, fenugreek, dan jahe adalah beberapa tanaman obat yang dapat diolah menjadi obat herbal dari penyakit diabetes.

Namun demikian, penting sekali bagi pasien untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan ahli kesehatan sebelum menerapkan berbagai pengobatan diabetes herbal.

Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya hipoglikemia yang juga dapat membahayakan kondisi pasien. Akan tetapi, dalam proses pengobatan, tanaman obat diabetes dinyatakan perlu untuk mengendalikan kadar gula dalam darah yang bisa membantu pasien menghindari komplikasi.

Tanaman Obat Herbal Diabetes

Selain tanaman obat pada uraian di atas, terdapat pula tumbuhan herbal yang telah digunakan sebagai pengobatan diabetes sejak lama.

  • Bawang Putih
Tanaman Obat Herbal Diabetes
Bawang putih Tanaman Obat Herbal Diabetes

Bawang putih memiliki sifat antioksidan dan efek sirkulasi mikro yang dipercaya dapat mengendalikan glukosa darah. Studi menunjukkan bahwa produksi insulin dapat meningkat dan berpengaruh positif terhadap gula darah. Di samping itu, bawang putih juga dapat meningkatkan sekresi dan memperlambat degradasi insulin.

  • Bauhinia Forficata dan Myrcia Uniflora

Bauhinia Forficata 

Tanaman Obat Herbal Diabetes
Bauhinia Forficata Tanaman Obat Herbal Diabetes

Myrcia Uniflora

Tanaman Obat Herbal Diabetes
Myrcia Uniflora Tanaman Obat Herbal Diabetes

Tumbuhan tumbuh di wilayah Amerika Selatan. Pengobatan diabetes dengan Bauhinia forficata dan Myrcia uniflora telah digunakan sejak lama oleh penduduk di wilayah Brasil.

  • Coccinia Indica
Tanaman Obat Herbal Diabetes
Coccinia Indica Tanaman Obat Herbal Diabetes

Tanaman obat ini tumbuh di wilayah India. Obat ini termasuk dalam tanaman obat pada pengobatan ayurvervid. Tanaman obat ini termasuk rempah yang mengandung sifat insulin memesis. Sifat insulin memesis (meniru fungsi insulin) baik untuk pengobatan diabetes karena diabetes terkait erat dengan gangguin produksi atau kerja insulin. Uji klinis Coccinia Indica untuk menyatakan bahwa terjadi perubahan yang berarti dalam control glikemik. Akan tetapi, uji laboratorium lebih lanjut perlu dikembangkan untuk mengkaji fungsi dari tanaman obat ini lebih jauh.

  • Daun Ara
Tanaman Obat Herbal Diabetes
Daun Ara Tanaman Obat Herbal Diabetes

Di Spanyol dan Eropa Selatan, Daun Ara dikenal sebagai tanaman obat untuk pengobatan diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun ara dapat membantu penyerapan glukosa. Namun demikian, sebagai bahan herbal pengobatan diabetes, Daun Ara harus diuji lebih jauh.

  • Ginseng
Tanaman Obat Herbal Diabetes
GinsengTanaman Obat Herbal Diabetes

Ginseng telah dipercaya sebagai bahan obat mujarab untuk berbagai macam penyakit. Untuk Diabetes, ginseng spesies Panax dipercaya dapat menjadi solusi.

  • Gymnema Sylvestre
Tanaman Obat Herbal Diabetes
Gymnema Sylvestre Tanaman Obat Herbal Diabetes

Tanaman obat Coccinia Indica digunakan sebagai bagian dari pengobatan tradisional ayurverdic di India. Tanaman obat ini banyak tumbuh di wilayah hutan tropis India. Pada penelitian yang dilakukan untuk tanaman ini, hasil positif penurunan kada gula tampak dan bahkan terjadi pula regenerasi sel islet dan peningkatan fungsi sel beta.

  • Pare (Momordica Charantia)
Tanaman Obat Herbal Diabetes
Pare (Momordica Charantia) Tanaman Obat Herbal Diabetes

Tanaman pare dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Tanaman ini tersebar di seluruh wilayah Asia, India, Afrika, dan Amerika Selatan. Pare dapat membantu pasien diabetes dengan peningkatan sekresi insulin, oksidari glukosa, dan beberapa proses lain yang dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah.

  • Kemangi (Ocimum Sanctum)
Tanaman Obat Herbal Diabetes
Kemangi (Ocimum Sanctum)Tanaman Obat Herbal Diabetes

Uji klinis terkontrol menunjukkan efek positif penurunan kadar gula peningkatan sel bea dengan kemangi. Di India, kemangi bahkan dikenal dengan sebutan kemangi suci yang berguna untuk berbagai pengobatan penyakit.

  • Daun Yacon (smallanthus sonchifolius)
Jual Bibit Daun Insulin
tanaman yakon (sumber : google.co.id)

Tanaman asli Peru ini meruapakan tanaman yang memiliki kaya manfaat, salah satunya adalah sebagai insulin alami. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Dr. Sri Widowati, seorang peneliti dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor, daun Yakon memiliki kandungan insulin yang tinggi.

Daun Yakon memiliki unit-unit yang mengandung gula-gula fruktosa yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan manusia namun unit-unit tersebut dapat difermentasi oleh besar. Hasil lain dari penelitian tentang khasiat daun Yakon adalah mampu meningkatkan konsentrasi insulin plasma yang dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

Sarang Semut Dari Papua Untuk Diabetes

Diaconabet.Com – Istilah herbal adalah tumbuhan alami yang banyak sekali mempunyai manfaat kesehatan dalam menjaga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *