Home / Seputar Asam Urat / Tanaman Obat Asam Urat yang Mudah Dicari

Tanaman Obat Asam Urat yang Mudah Dicari

Obat-online.com | Tanaman obat asam urat banyak yang mudah dicari di lingkungan sekitar akan memberikan khasiat luar biasa. Ada beberapa jenis tanaman obat yang bisa digunakan penderita asam urat untuk solusi asam urat. Beberapa jenis tanaman dapat menjadi obat untuk dikonsumsi. Sedangkan beberapa yang lain dapat menjadi ramuan untuk dioleskan di bagian yang terasa sakit akibat kadar asam urat yang tinggi.

Selain itu, pasien asam urat dapat juga memeriksa solusi herbal dan tanaman obat asam urat yang dapat diolah menjadi obat untuk penderita asam urat. Tanaman obat asam urat kini banyak dicari karena solusi herbal dan alami terbukti berkasiat. Di samping itu, tanaman obat tidak meninggalkan efek bagi kesehatan tubuh. Tanaman obat juga akan membantu penderita asam urat mendapatkan pengobatan tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Tanaman obat asam urat sebenarnya tidak sulit dicari di lingkungan sekitar.

Seiring dengan bertambah mudahnya masyarakat menikmati makanan cepat saji, makanan berlemak, dan makanan yang manis, penderita asam urat terus bertambah. Selain itu, kebiaasan hidup mudah yang tidak sehat juga menjadi pemicu penyakit asam urat. Dengan berbagai alasan tersebut, penderita asam urat meningkat drastis dan obat tradisional asam uratpun semakin banyak dicari. Berita baiknya adalah bahwa Indonesia adalah negara tropis yang kaya dengan rempah-rempah bahan obat. Yang harus dilakukan penderita asam urat adalah menemukan tanaman obat yang tepat dan mengolahnya dengan benar untuk mendapatkan obat yang mujarab bagi penyakit asam urat. Pilihan obat tradisonal dan tanaman obat sebagai solusi asam urat adalah keputusan yang tepat karena obat yang berasal dari bahan alami lebih aman bagi kesehatan.

Di bawah ini adalah tanaman obat asam urat yang mudah dicari di lingkungan sekitar

 

  1. Jahe

Jahe dikenal sebagai tanaman obat yang mujarab untuk bermacam-macam penyakit dan gangguan kesehatan. Jahe sangat berkhasiat mengatasi asam urat dan juga penyakit rematik.  Jahe juga dikenal sebagai tanaman herbal yang serba guna. Hal tersebut dikarenakan jahe dapat dimanfaatkan untuk pengobatan sekaligus untuk bahan kuliner. Jahe bisa diolah menjadi bahan kue, minuman, dan yang lainnya. Jahe juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan asam urat. Cara membuat obat asam urat dari jahe tidaklah sulit.

Berikut adalah cara untuk mengolah jahe untuk pengobatan asam urat:

  • Ambil dua ruas jahe sebesar ibu jari.
  • Potong-potong jahe tersebut sebelum ditumbuk.
  • Rebus jahe yang telah ditumbuk dengan 1 gelas air.
  • Tambahkan sedikit gula.
  • Bisa ditambahkan dengan sedikit madu murni

Ramuan obat tradisonal jahe untuk asam urat ini dapat segera diminum setelah diolah. Untuk hasil terbaik, ramuan ini hendaknya diminum setiap hari secara teratur.

  1. Cengkeh

Belum banyak yang tahu bahwa cengkeh dapat digunakan untuk pengobatan asam urat. Cengkeh dapat ditemukan dengan di seluruh wilayah Indonesia. Selain dapat dipetik langsung dari pohonnya, cengkeh dapat didapatkan dengan mudah di toko-toko pertanian. Cara mengolah tanaman obat asam urat ini juga cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Ambil 1 biji cengkeh.
  • Siapkan satu ruas jahe.
  • Tumbuk cengkeh dan jahe bersama-sama.

Ramuan obat ini diperuntukkan sebagai obat ular. Oleh karena itu, penderita asam urat cukup mengoleskan ramuan obat asam urat tersebut di bagian yang terasa sakit. Dengan penggunaan rutin, nyeri asam urat akan membaik dan nyerinya dapat berkurang.

  1. Kulit Manggis

Kulit manggis kini banyak ditemui dalam bentuk kapsul dan telah dijual di berbagai toko obat. Kulit manggis mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Untuk asam urat, kulit manggis juga merupakan obat herbal yang berkhasiat. Cara pengolahannya adalah sebagai berikut:

  • Iris tipis kulit manggis dan jemur hingga kering.
  • Masukkan kulit yang telah kering ke dalam gelas dan seduh dengan air panan.
  • Setelah air berubah warna, ramuan telah siap untuk dikonsumsi.

Ramuan obat asam urat ini hendaknya diminum setiap haris untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Sambiloto

Tanaman obat sambiloto berasal dari wilayah India. Di beberapa daerah, sambiloto memiliki nama yang berbeda, antara lain: nama papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto, atau ki oray. Sambiloto mengandung beberapa mineral penting yang berguna untuk kesehatan. Mineral yang terkandung antara lain: kalsium, kalium dan natrium. Cara meramu sambiloto sebagai obat asam urat adalah sebagai berikut.

  • Siapkan 10 gram sambiloto.
  • Siapkan 10 gram temulawak kering.
  • Siapkan 5-10 gram komfrey.
  • Siapkan 1 gram buah lada.
  • Rebus semua bahan dengan 5 gelas air hingga surut menjadi 3 gelas air saja.

Ramuan obat asam urat ini hendaknya diminum 3 kali sehari. Waktu minumnya adalah 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

Tanaman Obat Asam Urat yang Mudah Dicari di atas akan menjadi solusi praktis untuk penyakit asam urat. Ramuan obat asam urat tersebut dapat memberikan khasiat tanpa membuat penderita asam urat mengeluarkan biaya yang besar. Namun demikian, selain menerapkan resep tanaman obat asam urat di atas, penderita juga tetap harus menjaga pola makan dan pola hidup sehat untuk hasil maksimal.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

asam-urat

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak …