Home / Daun Yacon / Ternyata Ditemukan Daun Insulin Alami, Apakah Itu?

Ternyata Ditemukan Daun Insulin Alami, Apakah Itu?

Daun Insulin – Perkembangan ilmu kedokteran memudahkan masyarakat untuk memilih pengobatan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pucuk Daun Yakon , sumber (naturapersada.co.id)
Pucuk Daun Yakon , sumber (naturapersada.co.id)

Ilmu kedokteran yang dipadukan dengan teknologi menghasilkan obat-obatan yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Terlepas dari obat-obatan modern yang direkomendasikan oleh dokter, masyarakat nampaknya mulai bergeser dari obat-obatan tersebut ke ramuan atau obat tradisional. Alasan pertama mereka dalam memilih obat tradisional atau herbal karena mereka meyakini bahwa obat herbal tidak memiliki efek samping.

Alasan lain mereka lebih memilih obat herbal daripada obat-obatan dari dokter adalah harganya yang relatif terjangkau sehingga semua kalangan masyarakat dapat membeli obat herbal tersebut.

Daun Yakon Sebagai Salah Satu Bahan Obat Herbal yang Mengandung Insulin Alami

Salah satu bahan obat herbal yang dapat digunakan untuk mengobati diabetes adalah daun Yakon.

Yakon adalah sebuah tanaman herbal yang ditemukan di Amerika tepatnya dari pegunungan Andes di Peru.

Tanaman Yakon dapat tumbuh hingga mencapai 3 meter dengan bunga yang berwarna kuning terang dan umbi di dalam akarnya. Tanaman Yakon yang memiliki nama latin Smallanthus sonchifolius juga dikenal dengan Daun Insulin Alami karena daun Yakon memiliki zat yang bernama insulin yaitu suatu zat yang mengandung gula fruktosa yang tidak dapat dicerna oleh tubuh namun dapat difermentasikan oleh usus besar.

Tanaman Yakon mulai diperkenalkan di Indonesia belum lama ini. Tumbuhan yang memiliki umbi berwarna coklat ini sekilas mirip dengan singkong namun yang membedakannya adalah daging umbi yang berwarna putih kekuningan dan rasanya manis.

Daun Yakon Bagi Penderita Diabetes Memiliki Manfaat Untuk Itu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa daun Yakon merupakan daun insulin alami yang tiap unitnya mengandung gula fruktosa. Kandungan fruktosa yang terdapat dalam tanaman Yakon adalah 25% terikat dan 35% tidak terikata (free).

Kandungan tersebut memungkinkan daun Yakon untuk mencegah diabetes dari hiperflikemia. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa penderita diabetes yang mengkonsumsi daun Yakon tidak mengalami kenaikan kadar gula dalam darah mereka.

Hal ini berarti tanaman Yakon sendiri memiliki kalori yang rendah sehingga sangat cocok untuk dikonsumi penderita diabetes.

Selain itu tanaman Yakon juga memiliki efek hipoglikemik yaitu efek yang menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Secara tradisional, daun Yakon digunakan sebagai teh dan diseduh untuk diminum airnya.

Jika seseorang makan makanan yang mengandung gula atau karbohidrat dan setelahnya meminum teh Yakon maka kadar gula dalam makanan tersebut akan secara alami berkurang. Ada beberapa cara untuk mengolah tanaman Yakon agar bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Pertama, Anda dapat mengambil umbi tanaman Yakon dan memakannya secara langsung atau dimasak terlebih dahulu. Karena umbi Yakon memilik rasa manis maka Anda dapat juga mengolahnya menjadi kudapan yang gurih.

Selain itu, daun Yakon dapat diolah menjadi sirup pengganti gula dapur Anda. Sirup ini sangat cocok bagi mereka yang tetap ingin merasakan manis meskipun menderita diabetes.

Cara lain untuk mengolah tanaman Yakon agar dapat dikonsumsi bagi penderita diabetes adalah dengan mengambil daunnya. Ambil 5-10 lembar daun Yakon dan rebus dengan 6 gelas air. Rebus air dan daun tersebut sampai airnya menyusut menjadi 3 gelas.

Dinginkan dan minum 3 kali sehari yaitu di pagi, siang dan malam hari dengan dosis yang disesuaikan dengan kadar gula darah si penderita diabetes. Cara terakhir yang sangat cocok bagi mereka yang tidak ingin repot dalam mengolah daun Yakon adalah membeli produk olahan daun Yakon dalam bentuk kapsul yang siap diminum.

Manfaat Daun Yakon yang Merupakan Daun Insulin Alami Bagi Tubuh

Selain memiliki fungsi yang sangat vital bagi penyeimbang gula darah, juga memiliki fungsi untuk tubuh (bukan penderita diabetes) yaitu sebagai berikut:

  1. Menurunkan kadar trigiserida dalam darah sehingga kadar gula dalam darah juga menurun
  2. Meningkatkan kadar insulin dalam darah
  3. Anti murobial untuk penderita penyakit ginjal dan infeksi kandung kemih
  4. Mencegah dan mengobati diabetes
  5. Sebagai penguat hati dan obat hati
  6. Sebagai antioksidan untuk hati

Setelah Anda mengkonsumsi daun atau umbi Yakon, Anda dapat memantau kadar gula darah Anda untuk mengetahui perkembangannya. Pada umumnya, jika kadar gula dalam darah sudah normal setelah mengkonsumsi daun Yakon teh atau produk olahan daun Yakon dapat dikonsumsi 2 kali sehari atau sesuai dengan kebutuhan.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

Pucuk Daun Yakon , sumber (naturapersada.co.id)

Daun Yakon, Herbal Primadona Bagi Penderita Diabetes

Diaconabet.Com || Tanaman herbal nampaknya mulai populer saat ini. Selain dapat mengobati¬†berbagai macam penyakit, tanaman …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *