Home / Herbal Diabetes / Ternyata Ini Yang Sebenarnya Tentang Diabetes Insipidus

Ternyata Ini Yang Sebenarnya Tentang Diabetes Insipidus

 

diaconabet.com | Penting bagi masyarakat untuk mengenal diabetes insipidus serta obatnya untuk mengatasi penyakit diabetes insipidus.

diabetes insipidusNamun demikian, sering terjadi kesalahan pengertian di masyarakat mengenai diabetes insipidus.

Seringkali, masyarakat salah mengartikan penyakit diabetes insipidus ini. Diabetes mempunyai tiga tipe dengan penyebab dan penanganan berbeda salah satunya dengan obat herbal diabestes insipidus. Penyakit diabetes tipe 2 biasa disebut diabetes insipidus. Diabetes tipe 2 kemudian mengarah kepada diabetes kering dan basah. Lalu, apa itu diabetes insipidus?

Perbedaan Diabetes Melitus dan Diabetes Insipidus

Diabetes insipidus sering disamakan dengan diabetes mellitus. Keduanya memiliki kemiripan nama tetapi merupakan dua masalah kesehatan yang berbeda.

Diabetes insipidus adalah kondisi yang sama sekali terpisah dengan diabetes mellitus. Mekanisme kedua penyakit inipun tidak terkait. Jumlah kadar gula dari kedua penyakit diabetes tersebut berbeda satu sama lain.

Selain itu, penyebab dari kedua masalah kesehatan tersebut juga tidak sama. Di samping itu, jumlah urin atau poliuria yang diproduksi juga berbeda pada diabetes mellitus dan insipidus.

  1. Diabetes insipidus adalah masalah kesehatan yang disebabkan karena ketidak normalan produksi hormon antidiuretik. Diabetes insipidus ini disebut dengan central diabetes insipidus. Diabetes insipidus dengan penyebab terganggunya respon ginjal terhadap hormone antidiuretik disebut dengan nephrogenic diabetes insipidus. Dua penyebab itulah yang membedakan diabetes insipidus dan diabetes mellitus.
  2. Diabetes mellitus menyebabkan poliuria melalui proses dieresis osmotik. Dieresis osmotic terjadi karena kadar gula dalam darah terlalu tinggi sehingga bocor ke dalam urin. Kebocoran tersebut kemudian mempengaruhi pula penyerapan kelebihan air.

Gejala Diabetes Insipidus

Diabetes insipidus menunjukkan beberapa gejala dan tanda yang harus diwaspadai. Gejala diabetes insipidus antara lain :

  1. Buang air kecil yang berlebihan dan rasa haus yang ekstrim. Pasien diabetes insipidus biasanya akan sering buang air kecil dan sering haus terutama air dingin atau es. Gejala ini mirip dengan gejala diabetes mellitus. Hanya saja, pada diabetes insipidus pasien tidak menunjukkan kelebihan kadar glukosa dalam urin.
  2. Tidak terjadi hiperglikemia atau kelebihan glukosa darah.
  3. Jarang terjadi penglihatan.
  4. Dehidrasi dapat muncul pada beberapa kondisi. Hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat mengontrol banyaknya jumlah cairan yang keluar dan gagal mempertahankan keseimbangan cairan tubuh.

Pada anak-anak, diabetes insipidus menunjukkan gejala seperti berikut:

  1. Buang air kecil ekstrim sepanjang siang dan malam.
  2. Gangguan nafsu makan dan pertumbuhan.
  3. Terhambatnya pertambahan berat badan.
  4. Terjadi demam, muntah, atau diare.

Pengobatan Dengan Menggunakan Obat Herbal Diabetes Insipidus

Pasien yang telah didiagnosa mengalami diabetes insipidus harus segera menjalani pengobatan intens. Jika gejala-gejala di atas terjadi, pasien harus segera menghubungi fasilitas medis dan menjalani pengobatan yang dibutuhkan.

Berikut adalah ringkasa pengobatan diabetes insipidus yang harus dijalani pasien dengan diagnose diabetes insipidus.

Central Diabetes Insipidus pada kehamilan merespon pengobatan dengan desmopressin dengan baik. Carbamazepine yang bekerja untuk anticonvulsive juga dapat berhasil pada Diabetes Insipidus dengan jenis tertentu.

Namun demikian, pasien Diabetes Insipidus pada kehamilan tidak perlu terlalu dicemaskan. Kondisi pasien akan mereda empat sampai enam minggu setelah kehamilan. Namun demikian, kondisi diabetes insipidus dapat kambuh pada kehamilan berikutnya. Pada dipsogenic Diabetes Inspidus, desmopressin biasanya tidak dipilih sebagai pengobatan.

Selain itu, desmopressing juga tidak efektif untuk mengobati nephrogenic Diabetes Insipidus. Pada Diabetes Insipidus jenis tersebut, pengobatan hidroklorotiazid diuretic atau thiazide diuretic atau disebut juga dengan indomethacin dapat digunakan untuk mengatasi diabetes insipidus nephrogenic. Thiazide diuretic sering kadang dikombinasikan dengan amiloride untuk mencegah terjadinya hipokalemia.

Sedangkan Lithium induced nephrogenic diabetes insipidus dapat diobati secara efektif dengan pemberian amiloride diuretik rendah kalium. Obat tersebut sering digunakan bersama dengan diuretic thiazide. Baru-baru ini, terbukti pula bahwa amiloride dapat menjadi pengobatan yang berhasil untuk kondisi ini.

Dengan mengetahui pengertian, gejala, beserta pengobatan dari diabetes insipidus diharapkan bahwa pasien dapat mendapatkan perawatan dan tindakan medis yang benar.

Selain itu, penting juga bagi pasien untuk menerapkan pola hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari diabetes indisipidus. Masyarakat harus pula selalu mencari informasi yang benar tentang penyakid diabetes insipidus sehingga tidak semabarangan menerapkan pengobatan, khususnya yang bersifat alternatif.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

diabetes mellitus

Ternyata Banyak Begadang Menimbulkan Diabetes!

Diaconabet.Com || Apakah Anda memiliki kebiasaan begadang? Kata penyanyi dangdut Rhoma Irama dalam salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *