Home / Seputar Asam Urat / Tips Memilih Obat Herbal Untuk Asam Urat

Tips Memilih Obat Herbal Untuk Asam Urat

Obat-online.com | Berikut ini adalah tips memilih obat herbal untuk asam urat. Asam urat adalah penyakit yang dapat sangat mengganggu pasien karena pasien akan menderita gangguan fungsi tubuh. Sebab penyakit asam urat adalah kesalahan pola makan. Ketika tubuh menerima zat purin secara berlebihan, makan tubuh akan segera berearksi dan menyebabkan pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Penyakit asam urat biasanya menyerang para lansia. Hal tersebut dikarenakan lansia telah mengurangi aktifitas tubuh secara drastic sehingga penyakit asam urat mudah menyerang.

Sebelum mengenal beberapa obat herbal untuk asam urat, pasien harus terlebih dahulu mengenal penyakit asam urat. Asam urat adala penyakit yang disebabkan oleh bertumpuknya zat purin di dalam tubuh. Zat purin yang terlalu banyak  tidak dapat dikeluarkan secara keseluruhan oleh ginjal dan akan mengkristal di persendian. Kristal-kristal zam purin itu lalu akan menyebabkan bengkak dan rasa nyeri. Zat purin berasal dari makanan yang tinggi kolesterol. Namun demikian, ada pula beberapa macam sayuran yang juga menyimpan zat purin. Beberapa makanan yang mengandung zat purin antara lain adalah aneka daging dan jeroan.

Selain itu, seafood, daging bebek, dan kacang-kacangan juga mengandung zat purin yang tinggi. Untuk buah-buahan, pasien harus menghindari durian dan nanas. Selain itu, keju dan telur juga merupakan jenis makanan yang pantang untuk dimakan bagi penderita asam urat.

Berikut adalah gejala asam urat yang dapat menyerang akibat makanan yang mengandung zat purin tinggi:

  • Sendi terasa nyeri dan ngilu. Pada kasus asam urat yang tinggi, pasien akan mengalamai pembengkakan di wilayah sendiri; biasanya jempol tangan dan kaki.
  • Rasa nyeri di daerah sendi akan terasa paling sakit pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam sebelum pasien tidur.
  • Karena asam urat menyerang persendian, area tangan, jari, lutut, pergelangan kaki dan tangan serta tumit biasanya akan terasa kaku.
  • Pada kondisi pasien yang parah, makan sendi tidak akan bisa digerakkan sama sekali.

Pengobatan untuk Penyakit Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang umum menyerang masyarakat akibat kesalahan pola makan. Untuk itu, ada beragam pengobatan yang sering dianjurkan untuk mengobati asam urat. Namun demikian, masyarakat harus berhati-hati dalam memilih obat yang tepat. Jika obat tidak dipilih secara selektif, makan asam urat akan membawa dampak yang lebih buruk untuk kesehatan. Untuk asam urat, pasien dapat menemukan obat dari jalur kedokteran dan non medis atau herbal. Meskipun obat herbal sering tidak direkomendasikan oleh dokter, pengobatan tradisional tidak sepenuhnya buruk.

Banyak pengobatan herbal yang terbukti efektif untuk mengatasi asam urat. Bahkan, obat herbal tidak jarang juga membantu masyarakat untuk mendapatkan kesembuhan lebih cepat dan tanpa efek samping. Selain itu, pengobatan herbal juga dapat menjadi pilihan alternatif karena harganya lebih terjangkau. Bahkan, masyarakat dapat membuat sendiri ramuan herbal untuk mengobati sakit asam urat yang mereka derita. Akan tetapi, penting bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar mengenai obat herbal yang tepat untuk menghindari kesalahan pengobatan. Selain itu, pasien juga harus megetahui Tips Memilih Obat Herbal Untuk Asam Urat untuk menghindari resiko salah pilih obat.

Tips Memilih Obat Herbal Untuk Asam Urat

  • Ketika memilih obat herbal untuk penyakit asam urat, pasien harus meneliti terlebih dahulu kualitas obat herbal yang ingin gunakan. Mereka harus memeriksa apakah obat herbal tersebut telah terdaftar di BPOM RI. Saat ini, banyak obat herbal asam urat ditawarkan dengan harga murah dengan promosi yang luar biasa menjanjikan. Obat herbal seperti itu harus diwaspadai karena obat herbal yang baik tidak akan menjanjikan hasil instant tapi pengobatan efektif dengan proses yang normal. Selain itu, masyarakat harus pandai mengamati produk dan tidak semata percaya dengan promosi penjual MLM yang sering tidak dapat dipercaya.
  • Pada waktu memutuskan untuk memilih obat herbal asam urat, pasien harus selalu memastikan bahwa obat tersebut asli. Hal ini sedikit sulit karena tidak jarang kemasa palsu obat herbal terlihat sangat mirip dengan obat yang asli. Namun demikian, keaslian produk dapat dilihat bedanya apabila pasien mengerti dan mau melihat lebih teliti. Untuk itu, pasien harus menghindari membeli obat dengan harga yang tidak wajar. Obat dengan harga terlalu murah patutu untuk dicurigai sebagai obat palsu atau obat herbal asam urat dengan kualitas buruk.
  • Untuk mendapatkan obat herbal asam urat yang tepat, pasien harus selalu memeriksa bahan-bahan yang terkandung di dalam obat herbal yang ingin mereka gunakan. Obat herbal asam urat yang baik hanya menggunakan bahan herbal yang penting untuk mengatasi penyakit asam urat.
  • Pasien harus aktif mencari tahu mengenai ada tidaknya efek samping dari obat herbal asam urat. Hal ini penting untuk dilakukan demi mencegah terjadinya efek samping yang merugikan kesehatan.
  • Menggunakan obat herbal bukanlah sesuatu yang salah asalkan dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, penting juga untuk berkonsultasi pada ahli kesehatan atau dokter tentang obat herbal asam urat yang baik untuk dikonsumsi.

Comment

comments

About obatonline

Admin di Obat-online.com sejak 2010. Obat online adalah pusat informasi obat obatan herbal alami asli Indonesia. Indonesia yang kaya akan alam dan sumber daya nya. Kami hadir dengan memberikan pelayanan terbaik.

Check Also

asam-urat

Apakah Zat Purin Itu? Seberapa Bahayakah Untuk Asam Urat?

Obat-online.com | Zat purin adalah senyawa kimia yang banyak dikaitkan dengan asam urat, sehingga banyak …